Soal Ujian Tengah Semester Dokumen

SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER

METEOROLOGI KLIMATOLOGI

OPEN BOOKS

OFFERING H

WAKTU 4 X 50 MENIT

Petunjuk:-Jawablah masing-masing soal secara tepat dan jelas di lembar jawaban yang sudah disiapkan.

-Tuliskan nama dan NIM.

-Tulisan usahakan dapat dibaca dan pakai bolpoint tinta hitam

  1. Simpulkan tentang peranan letak lintang dalam dinamika atmosfer

  1. Pulau bahang tidak selalu terjadi, tetapi jika terjadi, maka pulau bahang berbahaya bagi daerah perkotaan? Bagaimana solusinya

  1. Awan Cumulonimbus (Cb) menjadi penyebab terjadinya kecelakaan penerbangan, seperti Air Asia QZ8501. Mengapa dapat terjadi? Tuliskan sumber pustakanya.

  1. Suhu udara di atas permukaan laut lebih tinggi dibandingkan dengan suhu udara di atas wilayah daratan. Mengapa demikian?

  1. Kemukakan syarat terjadinya kabut di dini hari?

  1. Apa yang dapat saudara pikirkan ketika saudara menggunakan hair spray dan cat motor yang mengandung gas CFCs?

  1. Suhu udara berbanding terbalik dengan tekanan udara. Bagaimana dengan daerah pegunungan yang suhunya rendah tetapi tekanannyapun rendah?

  1. Posisi matahari-bumi menentukan intensitas radiasi matahari pada setiap garis lintang. Jika matahari di titik capricorn, maka intensitas radiasi maksimum wilayah Indonesia terjadi di Pulau Roti. Apakah argumentasi tersebut sudah benar? Dengan demikian apakah Pulau Roti menjadi pusat tekanan rendah?

  1. Apakah mungkin awan cumolonimbus dapat dilemahkan pengaruh pusarannya, sehingga tidak membahayakan penerbangan.

  1. Ketika saudara bangun di dini hari melihat ada kabut dan embun, ada sinar lampu yang terpendar. Kemudian kabut dan embun berangsur menghilang ketika matahari terbit. Apa yang dapat disimpulkan dari fenomena itu?

  1. Nelayan menebar jalanya ke laut tetapi tidak mendapatkan ikan yang diharapkan. Nelayan itu berpindah ke laut yang lebih dalam tetapi juga tidak mendapatkan ikan yang diharapkan. Berikan identifikasi permasalahan nelayan tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *