Soal Ujian Titik K Mempunyai Kedudukan (5,). Tentukanlah

  1. Titik K mempunyai kedudukan (5,). Tentukanlah vektor posisi di titik K

  2. Seekor semut berada di ats kertas berpetak . Semut itu berada pada koordinat A(4,5)cm kemudian bergerak menuju posisi B (8,9) besar perpindahan yang dilakukan semut adalah…

  3. Ary bergerak dengan persamaan kecepatan V = ( + 2t) m/s. Pada saat t = 0 detik posisi benda 10m, maka posisi benda setelah 3 detik adalah…….

  4. Peu menggendarai motor Rx-King dari rumah menuju SMANTI-Q Kupang dengan kelajuan tetap 50 m/s selama 5 sekon pertama.50 sekon kemudian Peu melaju dengan kecepatan 60 m/s hingga tiba di sekolah.

Tentukanlah jarak yang ditempuh Peu dari rumah ke sekolah.

  1. Pakai soal nomor 3.

Tentukanlah Kelajuan rata-rata Peu selama perjalanan….

  1. Valentino Rossi seorang pembalap memacu sepeda motornya dengan persamaan percepatannya a = (6t-8)m/s. Dietahui kecepatan awal sepeda motor 18 m/s, setelah selang waktu t sekon kecepannya berubah menjadi 66 m/s. Berapakah nilai t (waktu)…

  2. Jimmy mengendarai sepeda motor mengelilingi bundaran PU dengan kecepatan sudut 3 rad/s. Jika diketahui posisi sudut awal jimmy adalah 2 rad, maka setelah bergerak selama 4 sekon posisi sudut Jimmy adalah…….. rad

  3. Sebuah baling baling pesawat berputar dengan posisi sudut yang memenuhi persamaan 6t + 4t +2. Hitunglah percepatan sudut yang dialami baling-baling pesawat.

  4. Sebuah Roller caster berputar dengan percepatan sudut 20 rad/s. Jika diketahui jari roler caster adalah 20 m, hitunglah percepatan tangensial dari roller caster……

  5. Rambo menembakan sebuah peluru meriam dengan kecepatan 10 m/s pada arah yang membentuk sudut = 530 terhadap tanah.Jika sin 530 = 0.8 dan cos 530 = 0.6 dan percepatan gravitasi bumi g = 10 m/s2.

Tentukanlah :

  1. Komponen kecepatan peluru pada sumbu x

  2. Komponen kecepatan peluru pada sumbu y

  1. ( untuk soal yang sama no 9)

Tentukanlah Kecepatan peluru saat t = 0.5 sekon

  1. ( untuk soal yang sama no 9)

tentukan posisi peluru setelah 0.5 sekon.

  1. ( untuk soal yang sama no 9)

Tentukanlah tinggi maksimum peluru….

  1. Saat latihan menembak, seorang tentara menembakan peluru dari tanah datar dengan kecepatan awal peluru 100m/s membentuk sudut elevasi 45. Bila diasumsikan besar gaya gravitasi bumi g= 10m/s, maka jarak jangkauan terjauh yang dapat di capai peluruh adalah….m

  2. Perhatikan gambar berikut!

    Benda bermassa m = 10 kg berada di atas lantai kasar ditarik oleh gaya F = 12 N ke arah kanan. Jika koefisien gesekan statis antara benda dan lantai adalah 0,2 dengan koefisien gesekan kinetis 0,1 tentukan besarnya :

    a) Gaya normal

    b) Gaya gesek antara benda dan lantai

  3. (pakai soal nomor 14)

Tentukanlah Percepatan gerak benda.

  1. Perhatikan gambar berikut, balok 100 kg diluncurkan dari sebuah bukit!

    Anggap lereng bukit rata dan memiliki koefisien gesek 0,125. Percepatan gravitasi bumi 10 m/s2 dan sin 53o = 0,8, cos 53o = 0,6. Tentukan nilai dari :

    a) Gaya normal pada balok

    b) Gaya gesek antara lereng dan balok

  2. (pakai soal nomor 16)

Tentukanlah Percepatan gerak balok.

  1. Perhatikan gambar berikut, benda 5 kg mula-mula dalam kondisi tidak bergerak!

    Jika sudut yang terbentuk antara gaya F = 25 N dengan garis mendatar adalah 37o, koefisien gesek kinetis permukaan lantai adalah 0,1 dan percepatan gravitasi bumi 10 m/s2 tentukan nilai:

(sin 37o = 0,6 dan cos 37o = 0,8)

a) Gaya normal

b) Gaya gesek

  1. (Pakai soal nomor 18)

Tentukanlah Percepatan gerak benda

  1. Dua buah benda bermassa 800 gram dan 1500 gram terpisah dengan jarak 0.6m. Gaya gravitasi anatara kedua benda tersebut adalah….N

  2. Jika dietahui percepatan gravitasi bumi adalah 10 m/s, maka besarnya percepatan gravitasi yang di alami oleh sebuah pesawat ruanga angkasayang berada pada ketinngin 2,39 x 10km diatas permuakaan bumi adalah…..( jari- jari bumi = 6,38xm)

  3. Diketahui planet A mempunyai masa 10x massa bumi, dan jari jarinya 2x jari-jari bumi. Jika sebuah batu ketika ditimbang di bumi masanya 10 kg, maka berat batu ketika ditimbang di planet x adalah……..

  4. Besarnya gaya gravitasi antara dua benda m1 dan m2 yang terpisah sejauh r adalah F. Jika jarak anatara dua benda tersebut dijauhkan 4kali semula , maka perbandingan gaya gravitasi awal dan akhir adalah…..

  5. Jelaskalah bnyi hukum I,II,III Kepler,

  6. Sebuah komedi putar berbentuk balon udara digelar di pameran Fatululi.Massa sebuah balon udara (tempat duduk pengunjung) adalah 100 kg dan jari-jari komedi putar tersebut 6 m.Jika komedi putar bergerak melingar beraturan dimana dalam 20 sekon terjadi 50 putaran.

Tentukanlah :

  1. Periode komedi putar

  2. Frekuensi komedi putar

  3. Kelajuan linear komedi putar

  4. Kecepatan sudut komedi putar

  5. Gaya sentripetal

  1. Sebuah piringan kaset Remix yang memiliki jari-jari 10 cm diputar oleh DJ Yakomina dalam sebuah Party berotasi 1200 rpm terhadap porosnya.

Tentukanlah :

    1. Kecepatan sudut piringan kaset

    2. Kecepatan sudut sebuah titik yang berjarak 3 cm dari porosnya

    3. Percepatan radial sebuah titik di teri piringan

    4. Jarak tempuh sebuah titik ditepipiringan dalam waktu 2 sekon

  1. Perhatikan gambar dibawah ini, benda mula-mula dalam kondisi diam.Benda bermassa m = 10 kg berada di atas lantai kasar ditarik oleh gaya F = 25 N ke arah kanan. Jika koefisien gesekan statis antara benda dan lantai adalah 0,2 dengan koefisien gesekan kinetis 0,1.

Tentukan :

    1. Gaya normal

    2. Gaya gesek antara benda dan lantai

    3. Percepatan gerak benda

    4. Jarak yang ditempuh benda setelah 2 sekon

  1. Perhatikan gambar berikut, benda 5 kg mula-mula dalam kondisi tidak bergerak.Jika sudut yang terbentuk antara gaya F = 25 N dengan garis mendatar adalah 37o, koefisien gesek kinetis permukaan lantai adalah 0,1 dan percepatan gravitasi bumi 10 m/s2.(sin 37o = 0,6 dan cos 37o = 0,8).

Tentukanlah :

    1. Gaya normal

    2. Gaya gesek

    3. Percepatan gerak benda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>