Soal Ujian Tengah Semester Rrer

SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER

PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN

TAKE HOME EXAM

DOSEN : DINIK FITRI R.P, SE, M.Ak

NAMA: hermawan susanto

KELAS:C/KP/I

NIM: 04.13.3556

Bagian 1 (poin 30): Dari film Devil Wear Prada

  1. Menurut teori Hipocrates, termasuk karakter yang manakah tokoh Miranda?Apa yang mendasari pendapat Anda tersebut?

Jawab: Miranda termasuk karakter yang KOLERIS KUAT, Miranda di kantornya seperti BIG BOSS apa pun yang di perintahkan harus terpenuhi,dia mau yang terbaik untuk pekerjaannya dan harus mendapatkan penghargaan atau yang terbagus dari semuanya,maeskipun begitu tapi kepemimpinannya bagus,tidak berantakan. Dia suka sama asisten yang sependapat dengan dia,dan mampu bekerja sama.

  1. Menurut teori Jung, termasuk karakter yang manakah tokoh Miranda? Apa yang mendasari pendapat Anda tersebut?

Jawab: tokoh elis mempunyai karakter archetype(great mother) karena sosok Miranda bersimbol kekuatan : marinda adalah sosok pemimpin yang mengayomi para pegawainya tapi juga bias menghancurkan

  1. Menurut teori Marston, termasuk karakter yang manakah tokoh Miranda? Apa yang mendasari pendapat Anda tersebut?

Jawab: menurut teori Marston kepribadian Miranda masuk pada tipe DOMINANT, dalam pekerjaannya Miranda sangat teliti apalagi saat memilih asisiten dan Miranda tidak mau di atur orang lain pokoknya dia harus memilih sendiri karena dia menganggap pilihannya yang terbaik contohnya seperti saat dia memilih baju model,Amelia menyarannkan sesuatu padanya tapi Miranda malah memarahinya, di fikiranya Cuma ada lakukan! Wujudkan! Raih kemenangan! Hasil!.

  1. Menurut teori Hipocrates, termasuk karakter yang manakah tokoh Andrea?Apa yang mendasari pendapat Anda tersebut?

Jawab: menurut teori hipocrates tokoh andrea memiliki tipe melankolis sempurna karana dia melakukan semuanya dengan benar meskipun miranda tidak suka dengan gayanya. Dan andrea mudah stress apa lagi saat di suruh Miranda mencari terbitan buku harry potter yang terbaru dia hamper putus asa akan hal itu. Dan juga saat hari ulang tahun kekasihnya malah dia lupa dan terlambat mengucapkannya,akihirnya kekasinya marah dan membuat andrea menjadi stress memikirkan hal itu.

  1. Menurut teori Jung, termasuk karakter yang manakah tokoh Andrea? Apa yang mendasari pendapat Anda tersebut?

Jawab : sosok andrea menurut teori Jung termasuk teori archetype (self) karena di dalam diri andrea ada kecenderungan untuk bertumbuh,kesempurnaan dan kelengkapan

  1. Menurut teori Marston, termasuk karakter yang manakah tokoh Andrea? Apa yang mendasari pendapat Anda tersebut?

Jawab: andrea adalah tipe yang dominan,tipe ini sama seperti Miranda yaitu tipe pekerja keras suka dengan tantangan dan mampu menyelesaikan tugas yang di berikan Miranda.

Bagian 2 (poin 20) : Emotional Intellegent

Menurut Anda, apakah masalah kecerdasan emosi yang dialami Miranda?Apakah yang akan Anda lakukan untuk membantu Miranda, dengan karakternya yang seperti itu?

Jawab:masalah yang di alami Miranda adalah dia terlalu egois, mementingkan diri dendiri dan menganggap dirinya adalah yang paling berharga dan meremehkan orang laen. Mungkin saya akan menekankan kessabaran pada dirinya dan mungkin juga saya akan mengusulkan dia untuk terapi yoga atau apa yang bisa menenangkan dirinya agar tidak mudah tersinggung,dan lebih bisa bersabar lagi.

Bagian 3 (poin 50) : Self Management and Problem Solving

Bacalah ilustrasi berikut ini dengan cermat, kemudian jawablah pertanyaan di bawahnya secara komprehensif berdasarkan teori-teori yang sudah pernah anda pelajari sebelumnya!

Seperti biasanya, pagi-pagi Pak Samir, penanggungjawab keuangan di sebuah kantor, sudah tiba di kantornya. Namun pada pagi ini dia tampak loyo dan lelah karena kemarin malam dia tidak dapat memejamkan kedua kelopak matanya sampai larut malam memikirkan nasib karier kerjanya yang dari awal sampai sekarang tidak mengalami kemajuan sama sekali. Tidak hanya itu, di kantor dia juga mulai tidak disenangi oleh atasannya seperti dulu, walaupun dia sudah merasa bahwa dia sudah berusaha bekerja semaksimal mungkin.

Belum lama sampai di ruangannya, tiba-tiba Pak Ali, teman sekolah dulu, masuk ke ruangannya dan berkata, Pak Samir, saya datang untuk meminta bantuan kepada Anda, tolong beri saya rekomendasi pengambilan dana untuk menyelesaikan proyek-proyek khusus yang sudah saya kerjakan dua bulan.

Pak Samir pun menyanggupi permintaan Pak Ali tersebut. Setelah itu, sambil minum kopi, mereka berdua mengobrol tentang nostalgia dahulu ketika masih sama-sama sekolah, cerita tentang lika-liku ketika masih sekolah.

Kemudian Pak Samir mengajak Pak Ali ke ruangan Pak Irfan, penanggungjawab bagian akuntansi. Ketika sampai ke ruangan Pak Irfan, mereka melihat sepertinya Pak Irfan sedang sibuk sekali melayani pelanggannya. Akhirnya Pak Samir mengusulkan untuk kembali lagi ke ruangannya saja sambil menunggu Pak Irfan selesai melayani pelanggannya tersebut.

Ketika Pak Samir berjalan menuju ruangannya, tiba-tiba pegawai wanita penanggungjawab barang-barang masuk di bagian administrasi berkata bahwa Pak Samir harus menandatangani beberapa berkas yang masuk agar dapat diserahkan ke direktur secepat mungkin. Dia mulai menandatangani berkas-berkas tersebut. Namun belum sampai selesai, dia melihat salah satu surat keluhan terhadap kantor tempatnya bekerja. Sepertinya sangat penting.

Semestinya dia menyesaikan dahulu semua berkas tersebut agar segera dapat diambil oleh Pak Izzat, penanggung jawab bagian humas. Namun dia malah meninggalkannya dan lebih memperhatikan masalah yang dikeluhkan tersebut, baru kemudian menemui Pak Izzat. Pak Izzat berjanji kepadanya untuk mempelajari dan meneliti masalah tersebut.

Pak Samir masuk ke ruangannya kembali. Dia merasa bahwa di depannya ada masalah yang sangat penting yang belum dia kerjakan, yaitu membuat rencana kerja hari ini. Lalu dia pun mulai membuat rencana kerja tersebut. Namun, baru saja dia menyelesaikan separuhnya, datanglah Pak Irfan untuk menemui tamu yang tadi mencarinya (Pak Ali). Pak Samir pun pergi menemani Pak Irfan untuk menemui Pak Ali. Setelah itu, Pak Samir kembali ke ruangannya untuk melanjutkan pekerjaannya. Ketika sedang melakukan pekerjaan tersebut, ada telepon dari penanggungjawab proyek yang memberitahukan bahwa waktu pembukaan pameran sudah dekat. Padahal, penanggungjawab bagian proyek belum melakukan apa-apa karena sebelumnya Pak Samir pernah berpesan kepadanya untuk tidak melakukan apa-apa sampai nanti ada musyawarah bersama tentang masalah ini.

Pak Samir berpikir untuk mengirim undangan kepada seluruh klien yang ada untuk hadir pada acara pembukaan pameran yang akan diadakan. Lalu dia mendiktekan isi surat undangan tersebut kepada sekretarisnya. Namun baru saja separuh, Pak Samir tiba-tiba merasa letih dan jenuh padahal waktu sudah menunjukkan pukul tiga siang. Dia pun berniat untuk pulang, namun sekretarisnya mengingatkan lagi bahwa dia belum sempat menyelesaikan berkas-berkas yang harus ditandatangani untuk diperlihatkan kepada direktur utama. Dia minta maaf dan berkata kepada sekretarisnya, Besok pagi-pagi, letakkan semua berkas tersebut di meja kerja saya agar saya bisa langsung menyelesaikannya.

Pertanyaan:

  1. Apakah hari itu adalah hari keberuntungan dan menyenangkan bagi Pak Samir?

  2. Tanda penyakit apa yang dialami oleh Pak Samir?

  3. Bagaimanakah solusi untuk Pak Samir yang Anda tawarkan? Jelaskan selengkapnya!

  4. Coba buatkan agenda kerja untuk beliau agar tugas-tugas yang terbengkalai dapat terselesaikan!

JAWABAN

  1. Tidak,karena pagi hari saja sudah di jalani secara loyo tanpa semangat dan lelah,di tambah lagi banyak tugas yang menantinya. Pasti tidak enak banget rasanya. Mungkin hari itu adalah hari yang melelahkan bagi pak samir

  2. menurut saya penyakit yang di alami adalah penyakit JIWA karena banyak pikiran dan jadwal kacau, sehingga menyebabkan kurang tidur dan mudah letih.

  3. Mungkin solusinya membuat jadwal harian agar tertata semua kegiatan,dan banyak minum suplemen supaya badan tidak mudah lelah dan letih dan sering sering makan buah buahan yang bermanaat bagi tubuh. Dan satu lagi tingkatkan kualitas kerjanya,belajar dari pengalaman dan kesalahan maka dari situ akan membuat perubahan dan kemajuan akan tercipta.

No

Nama kegiatan

1

2

3

4

5

Menemui pak ali

Menyusun rencana kerja

Menandatangani berkas

Mengurus masalah keluhan

Menghadiri acara pembukaan pameran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>