Soal Ujian Mid Semester.doc Progkom, Pemrogrman Komputer, Md

NAMA: VERA RIZCHI CP

NIM: 4211410017

SOAL UJIAN MID SEMESTER :

  1. Buatlah program komputer untuk menghitung lintasan dua dimensi dari bola yang bergerak di udara tanpa pengaruh gaya gesek dengan udara kemudian buatlah program untuk mem-plot y sebagai fungsi x. Bandingkan hasil perhitungan anda dengan hasil eksak. Sebagai contoh, misalnya bola tersebut dilempar dari permukaan tanah dengan sudut dengan kecepatan awal v0=15m/s. Variasikan sudut dan perlihatkan bahwa tinggi maksimum terjadi pada range = max=45. Dapatkan jangkauan maksimum Rmax. Bandingkan hasil numerik dengan hasil analitik yaitu Rmax = vo2/g.

  2. Misalnya bola dilempar dari ketinggian tertentu, misalnya h, dengan sudut di atas horizontal dengan kecepatan awal sama dengan (1). Jika anda mengabaikan gesekan dengan udara, apakah anda berharap bahwa max menjadi lebih besar atau lebih kecil dari 45 o ? hitunglah max untuk h = 2m. Berapa persen perubahan R jika di variasikan 2% dari max.

  3. Sekarang perhitungan efek gesekan dengan udara. Untuk bola dengan massa 7 kg dan tampang lintang 0.001 m2, parameter lainnya =1.2 kg/m3 dan C=0.46. hitunglah sudut optimum untuk h=2m, Vo=30m/s. dengan parameter tersebut bandingkan hasil saudara dengan soal 2. Apakah R lebih atau kurang sensitive terhadap perubahan dari max dibandingkan dengan (2). Tentukan sudut optimum lemparan untuk parameter tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>