Soal Ujian Database Data Universitas Syiah Kuala


universitas syiah kuala

Basis Data (INF-106)

Ujian Akhir Semester

Irvanizam Zamanhuri, M.Sc

Dalila Husna Yunardi, M.Sc

3-9 Juni 2014


Mahasiswa dimohon untuk membaca instruksi sebelum membaca soal ujian. Ujian akhir ini adalah ujian praktek. Bacalah instruksi beserta soal ujian secara teliti. Jika anda memiliki pertanyaan, dimohon agar mengemail dalilayunardi@gmail.com

Instruksi.

Sebelum Ujian Praktek/Oral

  1. Terlampir dengan instruksi ini adalah soal ujian akhir untuk mata kuliah Basis Data. Setiap mahasiswa akan diberikan waktu selama satu minggu untuk menganalisis kriteria-kriteria yang diperlukan untuk membangun sebuah database di dalam MySQL phpMyAdmin.

  2. Waktu yang diberikan untuk anda untuk mendesain database, mengisi data, mengaplikasikan kunci utama dan kunci asing akan dimulai dari tanggal 3 Juni 2014 s/d tanggal 9 Juni 2014. Ujian akan dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2014. Tempat dan waktu ujian akan ditentukan segera.

  3. Anda diharapkan untuk mendesain setiap database anda sendiri dan menggambar satu ER Diagram untuk setiap kasus. ER Diagram tersebut mohon dipindai apabila anda menggambar menggunakan kertas dan pensil atau disimpan dalam bentuk file pdf atau jpeg, jika anda menggambar diagram tersebut menggunakan software-software yang tersedia secara gratis di internet.

  4. Anda diharapkan untuk membangun satu database untuk setiap kasus. Setiap database harus memiliki kunci utama dan kunci asing yang sudah aktif. Setiap database juga harus diisi dengan data yang sudah diberikan dalam bentuk spreadsheet di website:

    Hari Ujian Praktek/Oral

    Di hari ujian, anda diharapkan untuk:

    1. Melakukan sedikit presentasi dengan menunjukkan ER diagram anda, dan menjelaskan sedikit proses analisis yang sudah anda lakukan untuk setiap database.

    2. Menunjukkan data yang sudah anda masukkan ke dalam database yang sudah anda bangun.

    3. Menunjukkan kemampuan untuk memanipulasi data yang ada di dalam database anda menggunakan queri seperti yang sudah dipelajari di ruang kuliah.

    4. Siap untuk ditanya satu per satu, setiap analisis yang dilakukan akan berbeda dengan database lainnya.

    5. Apabila analisis dan struktur database anda sama dengan mahasiswa lain di kelas anda, maka kami (dosen) tidak akan menerima database anda.

    6. Jangan lupa untuk menandatangani DPNA.

    Soal Ujian Basis Data

    Kasus 1

    Risa memiliki koleksi DVD film yang sangat banyak. Teman-teman Risa suka meminjam DVD-DVD Risa dan ia ingin mencari satu cara untuk melacak DVD-DVD miliknya. Risa menyimpan daftar teman-temannya, yang diidentifikasi secara unik dengan TID (ID Teman) dan daftar DVD yang ia miliki, yang diidentifikasi secara unik dengan DVDID (ID DVD). Untuk setiap teman, Risa menyimpan nama, alamat, email dan nomor telpon agar Risa menelpon temannya untuk mengembalikan DVD miliknya segera. Risa juga menyimpan judul DVD dan nama pemeran yang memainkan film tersebut. Setiap kali ada teman Risa yang ingin meminjam DVD, Risa akan mencatat nama, judul film, tanggal peminjaman dan tanggal pengembalian yang sudah disepakati oleh pihak yang meminjam dan Risa. Risa ingin menganalisa keseringan teman-temannya meminjam DVD darinya setiap bulan.

    Rancang ER Diagram untuk kasus di atas dan sebutkan asumsi-asumsi yang telah diterapkan ketika merancang ER Diagram tersebut. Kemudian terapkan ER Diagram itu dalam bentuk database di dalam phpMyAdmin, isi contoh data dan tarik data dari database (menggunakan query SQL) yang sudah disiapkan dengan kriteria-kriteria berikut:

    1. Tampilkan data DVD dan nama peminjam untuk bulan Januari

    2. Tampilkan nama-nama peminjam yang sering meminjam DVD dari Risa

    3. Tampilkan tanggal peminjaman terakhir untuk DVD dengan judul Die Another Day

    PERHATIAN: Anda diharapkan untuk menjelaskan asumsi-asumsi yang sudah anda terapkan dalam mendesain database anda. Data yang akan diberikan adalah raw data atau data mentah. Anda yang dibebaskan untuk memutuskan, teman mana yang akan meminjam DVD yang mana.

    Kasus 2

    Perpustakaan Unsyiah ingin memperbarui sistem database yang sudah ada. Perpustakaan unsyiah ingin membuat satu database baru yang akan merekam berbagai macam data. Data-data yang akan direkam untuk database baru perpustakaan Unsyiah adalah:

    • Judul buku, nomor ISBN dan nomor katalog untuk buku tersebut

    • Mahasiswa yang akan meminjam buku tersebut, setiap mahasiswa akan diidentifikasi dengan nomor induk mahasiswa masing-masing. Untuk mahasiswa di luar Unsyiah dan untuk peminjam umum akan diidentifikasi dengan nomor peminjam.

    • Tanggal peminjaman dan tanggal pengembalian buku

    Perpustakaan Unsyiah juga ingin melihat tanggal terakhir peminjaman untuk setiap buku. Jadi, tanggal peminjaman setiap buku harus direkam. Ketua perpustakaan Unsyiah juga ingin melihat sesering mana seorang mahasiswa meminjam buku, agar mereka bisa memberikan penghargaan kepada mahasiswa tersebut sebagai apresiasi sudah mencari informasi di perpustakaan Unsyiah.

    Anda diharapkan untuk mengidentifikasi entitas-entitas untuk sistem database baru perpustakaan Unsyiah. Rancang satu ER Diagram dan sebutkan asumsi-asumsi yang telah anda gunakan dalam merancang ER Diagram tersebut. Kemudian terapkan apa yang sudah anda rancang untuk membangun sistem database perpustakaan Unsyiah dalam MySQL phpMyAdmin. Masukkan data yang sudah disediakan. Lakukan pencarian data-data di dalam database anda dengan kriteria-kriteria berikut ini:

    1. Tampilkan data frekuensi peminjaman buku

    2. Tampilkan data mahasiswa yang sering meminjam buku

    3. Tampilkan data buku-buku yang dipinjam dari tanggal 1/3/2014 sampai dengan 1/4/2014. Tunjukkan tanggal terakhir buku tersebut dipinjam dan siapa yang terakhir meminjam buku tersebut.

    4. Tampilkan data peminjam dan bedakan data tersebut berdasarkan kategori peminjam, yaitu: mahasiswa Unsyiah, mahasiswa non-Unsyiah dan masyarakat umum.

    5. Tampilkan data mahasiswa Unsyiah yang memiliki kata ari di dalam nama mereka dan buku terakhir yang mereka pinjam.

    PERHATIAN: Anda diharapkan untuk menjelaskan asumsi-asumsi yang sudah anda terapkan dalam mendesain database anda. Data yang akan diberikan adalah raw data atau data mentah. Anda yang dibebaskan untuk memutuskan, mahasiswa mana yang akan meminjam buku apa, status peminjam, jika NIM tidak diberikan, berarti orang tersebut adalah non-mahasiswa atau peminjam umum. Anda dibebaskan untuk memilih untuk menyimpan status peminjam tersebut atau tidak menyimpannya sama sekali. Tanggal peminjaman akan dimulai dari 1/1/2014 s/d 1/7/2014. Anda dibebaskan untuk menentukan tanggal peminjaman, selama tanggal peminjaman tersebut berada di batas tanggal yang sudah diberikan. Anda dibebaskan untuk membuat data peminjaman dan frekuensi peminjaman berdasarkan data awal yang sudah disediakan. Anda diharapkan untuk menjelaskan sedikit tentang langkah-langkah atau keputusan yang sudah anda ambil dalam menyimpan data-data tersebut.

    Kasus 3

    Jurusan Informatika Unsyiah ingin membangun satu database khusus untuk dosen untuk melacak kegiatan dosen di kampus. Setiap dosen akan diidentifikasi dengan nomor induk pegawai. Dosen memiliki dua status, dosen tetap dan dosen kontrak. Setiap dosen akan mengajar beberapa mata kuliah. Minimal 1 dosen akan mengajar satu mata kuliah, tetapi 1 mata kuliah juga bisa diajarkan oleh 2 dosen. Dosen akan diabsen setiap waktu mengajar. Apabila dosen tidak mengajar, maka tidak akan mendapat absen. Kedua data ini harus direkam untuk keperluan merekap jumlah pertemuan yang sudah dilakukan oleh setiap dosen. Tanggal mulai bekerja setiap dosen juga akan direkam. Data dosen meliputi: nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pendidikan s1, s2, s3, nomor telpon yang bisa dihubungi, email dan alamat surat-menyurat. Setiap dosen akan membuat minimal satu proposal. Setiap proposal akan dikembangkan oleh beberapa dosen. Data proposal meliputi: judul proposal, estimasi biaya, sponsor, jumlah dana yang sudah diterima, tanggal masuk proposal dan tanggal proposal diloloskan. Setiap dosen juga akan menghadiri berbagai seminar atau konferensi nasional dan internasional. Ini dinamakan kegiatan ekstra. Apabila ada dosen yang akan menghadiri seminar atau konferensi, database akan menyimpan nama seminar atau konferensi tersebut, tempat diadakannya seminar atau konferensi tersebut, tanggal penyelenggaraan, anggaran atau SPPD, dan tanggal kembali ke jurusan Informatika Unsyiah. Desain satu database yang akan menyimpan data-data dosen Jurusan Informatika Unsyiah.

    1. Tuliskan satu queri yang akan menampilkan nama dosen-dosen yang bekerja di Jurusan Informatika Unsyiah dan tanggal mereka mulai bekerja di Unsyiah. Format tanggal tersebut ke dalam format dd-mm-yyyy, dan namakan kolom tersebut Tanggal mulai bekerja.

    PERHATIAN: Anda diharapkan untuk menjelaskan asumsi-asumsi yang sudah anda terapkan dalam mendesain database anda. Data yang akan diberikan adalah raw data atau data mentah. Anda dibebaskan untuk memutuskan tabel absensi dosen untuk setiap mata kuliah. Untuk tanggal absensi akan diberi limit dari tanggal 01/01/2014 s/d 6/6/2014. Anda dibebaskan untuk memutuskan bagaimana anda akan menyimpan tanggal absensi untuk setiap mata kuliah dan untuk setiap dosen.

    Work hard and good luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>