Soal Psikotes Pohon 78

DRAW A MAN TEST (DAM)

Tes ini mengharuskan anda untuk menggambar sesorang, untuk kemudian anda deskripsikan usia, jenis kelamin dan aktifitas orangtersebut. Tes ini dipergunakan untuk mengatahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja.

Tipsnya:

a. Gambarlah orang tersebut secara utuh mulai dari ujung kepala sampai ke ujung kaki, termasuk detil muka seperti mata, hidung, mulutdan telinga.

b. Gambarlah orang tersebut dalam keadaan sedang melakukan aktifitas, misalnya pak tani sedang membawa cangkul, eksekutif mudasedang menenteng koper dsb.

dapet bocoran dari kakak yg ikut tes D-IV kmaren :tes D-IV kemaren:1. gambar orang lengkap, lalu tulis usianya, jenis kelamin dan sedang apa (orang tsb).2. gambar pohon, ada syaratnya yang boleh dan tidak boleh. harus pohon dikotil, dan berbuah, tidak boleh perdu. saya gambar pohonrambutan (kebetulan lagi musimnya di sini jadi sering nongkrong di bawah pohonnya, hehehe)3. wartegg test, menggambar gitu. ada 8 kotak dengan sedikit garis, disuruh meneruskan terserah jadi gambar apa. saya dikasih klukerjakan dengan urukan kotak 1-2-3-4-8-7-6-5. terus setiap garis lurus jadikan benda mati, yang lengkung jadikan makhluk hidup. googlingaja lengkapnya.4. tes koran, ngejumlahin angka-angka. intinya konsisten, jangan terlalu ngebut di awal tapi malah kecapekan di pertengahan atau akhir.lebih baik konstan. ini waktunya panjang, 1 jam. lumayan bikin puyeng liat angka-angka.smoga bermanfaat.. :)

Arti Pohon yang Anda Gambar Saat Psikotes

Seringkali kita mengikuti suatu psikotes dalam rangka tes kerja. Pohon apa yang kita gambar, tentu mencerminkan bagaimana kepribadiankita. Berikut ini saya akan mencoba berbagi tentang apa arti pohon yang Anda gambar tersebut.

Analisa ini berdasarkan Peneliti Jonathan Rich, Ph.D

1.Pohon anda terletak di mana pada bidang kertas?

* Di tengahAnda praktis dan rendah hati. Sama seperti anda yang memilih di bagian tengah, anda juga menerapkan pendekatan jalan tengah. Andamenangani masalah-masalah dengan sikap mengharapkan yang terbaik dan membayangkan yang terburuk. Dengan cara ini anda siapdengan apapun yang terjadi.* Di bagian bawahAnda lebih suka melakukan riset terlebih dulu sebelum memutuskan apakah anda merasa yakin atau pesimistik akan sebuah solusi, inidisebabkan bagian bawah dari pertengahan halaman melambangkan pendekatan hidup yang membumi.* Tinggi di atasAnda melihat hikmah dari semua masalah. Semakin tinggi letak pohon anda menunjukkan sikap anda yang semakin tinggi dalammemandang hidup. Kendati pun hal-hal terjadi tidak seperti yang anda inginkan, anda memandangnya sebagai pengalaman pembelajaran.

2. Batang pohon seperti apa yang anda gambar?

* LebarBatang pohon melambangkan kekuatan emosional. Batang lebar berarti anda bisa tetap tenang dan tidak mudah marah. Anda pusatketenangan di tengah badai. Pendirian anda juga kuat.* RampingAnda fleksibel dan terbuka dengan pandangan-pandangan atau pendapat orang lain. Anda juga sensitif dan banyak empati untuk masalahorang lain.* Pohon bercabang di puncakAnda terpecah di antara beberapa pilihan hidup saat ini

3. Berapa tinggi pohon anda?

* Lebih dari setengah tinggi kertasMenggambar pohon lebih tinggi menunjukkan hasrat untuk mencapai prestasi yang tinggi dalam hidup. Anda juga dermawan dalam soaluang. Dan dalam bekerja anda seksama serta men cek ulang untuk memastikan anda bekerja dengan baik.* Tinggi pohon kurang dari setengah tinggi kertasAnda puas dengan hidup ini apa adanya.anda juga hemat dan sangat efisien.

4. Pohon anda terletak di mana?

* Di tanahAnda mendambakan rasa aman dan stabilitas. Anda menyukai kehidupan keluarga dan lebih suka pekerjaan di mana anda bisa bertahanbertahun-tahun.* Di potAnda sangat sibuk bekerja sepanjang waktu. Anda senang berpergian dan bertualang, serta mengenal orang-orang baru dan tempat-tempatbaru.* Di puncak gunungAnda mendambakan perhatian dan senang menjadi pusat perhatian. Anda adalah entertainer alamiah dan komunikator ulung yangmembuat orang tertarik pada anda.* Melayang di awang-awang (tidak ada dasarnya)Anda impulsif dan spontan. Anda sangat mudah menjadi senang jika sesuatu mengilhami anda.* Di pulauAnda memerlukan banyak waktu untuk menyendiri untuk mengisi ulang energi anda, juga membantu anda untuk menemukan solusi darimasalah anda

5. Apakah pohon anda mempunyai dahan?

* YaAnda adalah orang yang berorientasi pada otak kiri. Dalam survei-survei, dahan-dahan digambar oleh orang yang logis dan analitis. Andajarang kehilangan kesabaran karena anda terlalu sibuk memikirkan solusi rasional untuk semua masalah yang muncul.* TidakJika anda hanya menggambar kerangka dasar pohon, berarti anda dikuasai oleh otak kanan yang intuitif. Anda mengikuti instink-instinkanda dalam segala sesuatu, mulai dari menerima pekerjaan sampai berteman dengan orang baru. Dan biasanya anda benar.

6. Pohon anda condong ke arah mana?

* Ke kiriAnda cenderung memendam apa yang anda pikirkan. Sikap anda konsevatif dan introvert. Anda tidak menyukai guncangan-guncangan .Meskipun anda tidak setuju anda akan menyimpannya untuk diri sendiri.* Ke kananAnda berorientasi pada aksi.anda akan mengatakan apa yang anda pikirkan kendatipun bertentangan dengan pandangan-pandangan oranglain.* LurusAnda berada di tengah antara memendam perasaan-perasaan anda dan mengungkapkannya. Jadi anda cenderung memilih perang dengandiri anda. Anda akan bicara hanya jika masalah itu benar-benar penting untuk anda.

7. Apakah anda menggambar akar?

* YaAkar melambangkan keluarga dan sejarah, berarti masa lalu penting bagi anda. Anda menganggap itulah dasar dari siapa anda saat inidanmembantu anda memahami diri sendiri secara lebih baik anda menyukai tradisi keluarga, resep-resep yang diturunkan dari ibu, jugapusaka/peninggalan dari keluarga anda.* TidakAnda fokus pda masa depan. Anda mandiri dan senang menciptakan tradisi-tradisi baru. Anda belajar lebih banyak tentang diri andadengan merasakan situasi-situasi baru dan bertemu dengan orang-orang baru.

8. Apakah pohon anda lebih didominasi daun (bagian daun lebih dominan) ?

* YaAnda adalah pemikir yang dalam. Studi-studi menunjukkan daun melabangkan pemikiran. Orang-orang yang menggambar daun adalahorang yang selalu memikirkan apa saja. Selain membuat anda suka merenung dan introspeksi, sifat ini juga membuat anda mengambilkeputusan dengan hati-hati. Karena anda cenderung melihat manfaat dari semua masalah.* TidakAnda cenderung memandang dunia ini adalah hitam dan putih. Kurangnya daun berarti anda tidak mudah tergoyahkan dengan banyaknyawarna abu-abu dari suatu masalah. Anda tidak membuang waktu memusingkan solusi dari sebuah masalah. Anda memilih sevuah rencanaaksi dan bergerak ke depan.

9. Apakan anda menggambar yang lain selain pohon?

* Buah / kacang pada pohonYangmembuat anda paling bahagia adalah melihat hasil pekerjaan yang dikerjakan dengan baik.* Rumput di bawahAnda punya rumah dimana para tamu mersa disambut baik dan keluarga anda betah tinggal disana, mebuat anda merasa paling damai.* Ada bunga di bawah pohonAnda paling bahagia jika dikelilingi kebahagiaan (orang-orang disekitar anda bahagia).* Ada burung/hewan/ orang di sekitar pohonAnda cinta pada keluarga dan teman-teman, dan itu adalah kebahagaiaan terbesar anda.* Ada ayunan di pohonAnda paling bahagia jika meluangkan waktu untuk bersenang-senang.

Sekian dan terima kasih

WARTEGG TEST

Tes ini terdiri atas 8 kotak yang berisi bentukan-bentukan tertentu seperti titik, garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, dua garis salingmemotong, dua garis terpisah, tujuh buah titik tersusun melengkung dan garis melengkung. Anda akan diminta menggambar kemudianmenuliskan urutan gambar yang telah anda buat, lalu menuliskan nomor gambar mana paling disukai, tidak disukai, sulit dan mudahmenurut anda. Yang diukur dalam tes ini adalah emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek.

Tipsnya:

a. Urutan menggambar sebaiknya anda buat kombinasi antara sesuai
nomor dan acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Karena apabilaanda menggambar berdasarkan urutan 1,2,3,4,5,6,7,8 anda dipandang HRD sebagai orang yang kaku/konservatif sedangkan apabila andamenggambar secara acak misalnya 5,7,6,8,3,2,4,1 anda akan dipandang HRD sebagai orang yang terlalu kreatif, inovatif dan cenderungsuka akan breaking the low.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>