Soal Latihan Fisika.doc

SOAL LATIHAN

  1. Berikut hasil pengukuran panjang suatu benda mwnggunakan jangka sorong. Berdasarkan gambar didapatkan hasil pengukuran……

  2. Gambar dibawah ini menunjukkan skala dari jangka sorong yang sedang digunakan untuk mengukur tebal logam, Hasil pengukuran tersebut adalah….

  3. Kedudukan jangka sorong ketika digunakan untuk mengukur panjang suatu benda terlihat seperti pada gambar. Berapakan panjang benda tersebu?

  4. Penunjukan skala utama dan nonius jangka sorong yang sedang digunakan untuk mengukur tebal keping logam tampak seperti gambar berikut! Tebal logam hasil pengukuran adalah…..

  5. Diagram berikut menunnjukkan tiga buah gaya yang bekerja pada suatu titik. Resultan ketiga gaya tersebut adalah……

  6. Perhatikan vektor-vektor yang arah dan besarnya tergambar pada gambar berikut ( sin 530 = 0,8) .Resultan ketiga vektor tersebut adalah……

  7. Vektor gaya F1, F2 dan F3 dengan data seperti pada gambar! Besar resultan ketiga gaya tersebut adalah…..

  8. Sebuah kelapa jatuh bebas dari pohonnya yang mempunyai ketinggian 5m. Jika percepatan gravitasi 10 ms-2 , maka percepatan kelapa tepat akan menyentuh tanah adalah….

  9. Sebuah kelapa jatuh dari ketinggian 2m (g=10ms-2). Apabila gesekan dengan udara diabaikan, kecepatan benda saat menyentuh tanah adalah…..

  10. Seorang anak yang berada di lantai dua sebuah gedung setinggi 10m dari tanah menjatuhkan bola ke bawah. Kecepatan bola ketika membentur lantai dasar adalah…..

  11. Tiga roda saling berhubungan seperti gambar. Jari-jari roda : RA=6cm, RB= 30 cm, RC= 18 cm Dan roda C berputar pada 300 rpm. Kecepatan sudur bola B adalah….

  12. Tiga roda A, B, dan C masing-masing 20cm, 8cm dan 4cm, roda B berputar dengan kecepatan sudut 10 rad/s. Maka roda C berputar dengan kecepatan sudut….

  13. Perhatikan gambar berikut! Roda A dan B sama besar dengan jari-jari 20cm. Jari-jari roda C= 2 kali jari-jari roda A. Jika roda B diputar dengan kelajuan sudut 12 rad/sec, maka kecepatan linier roda C adalah….

  14. Roda A,B dan C yang mempunyai jari-jar- RA= 10cm, RB= 5 cm, dan RC= 15cm. Roda B dan C dihubungkan dengan tali. Bila kecepatan sudut roda A adalah 2 rad/s, maka kecepatan sudut roda C adalah….

  15. Dua buah balok A dan B dihubungkan seperti gambar. Benda B turun dengan kecepatan tidak tetap dan permikaan bidang licin .Besar tegangan tali pada sistem adalah….(g = 10 m/s2)

  16. Balok dengan massa m1=8 kg di permukaan licin mendatar dihubungkan dengan balok lain yang memiliki massa m2 = 12 kg oleh kawat ringan yang massanya diabaikan. Jika balok m2 bergerak turun, maka percepatan gerak sistem adalah….. ( g = 10 ms2)

  17. Perhatikan gambar!

Sebuah benda m1 = 1,0 kg terletak pada sebuah meja licin. Benda ini dihubungkan dengan benda lain m2 = 0,1 kg yang bergantung pada ujung meja melalui seutas tali. Besar tegangan pada tali adalah…..

  1. Perhatikan gambar ! Massa benda m1= 4 kg dan m2= 1 kg. Jika papan licin dan m2 turun dengan kecepatan tidak tetap, maka besar tegangan tali ( percepatan gravitasi= 10 m/s2) adalah…..

  2. Perhatikan gambar ! Dua bola dipasang pada ujug-ujung rangka penyambung yang massanya dapat diabaikan. Jika sistem diputar terhadap poros berjarak 1 m dari massa 3 kg, momen inersianya adalah….

  3. Dua buah bola yang dihubungkan kawat yang massanya diabaikan disusun seperti gambar. Besar momen inersianya adalah….

  4. Dua bola A dan B masing-masing bermassa 2 kg dan 3 kg dihubungkan dengan kawat sepanjang 3m. Kawat massanya diabaikan. Momen inersia terhadap sumbu yang berjarak 1m dari bola A adalah….

  5. Tiga gaya bekerja pada batang homogen yang massanya diabaikan. Jika AB = 1m dan BC = 2m, maka momen gaya batang terhadap sumbu rotasi B adalah….

  6. Perhatikan gambar!

Tiga gaya bekerja pada batang homogen tak bermassa yang panjangnya 3m. Momen gaya yang bekerja pada batang terhadap sumbu rotasi A adalah…..

  1. Perhatikan gambar!

Sebuah batang yang diabaikan massanya dipengaruhi tiga buah gaya FA = FC = 10 N, dan FB = 20N. Jika jarak AB = BC = 20 cm, maka besar momen gaya di B adalah……

  1. Tiga gaya bekerja pada batang tak bermassa seperti gambar. Resultan momen gaya yang bekerja pada batang terhadap sumbu O adalah…….

  2. Benda bermassa 4 kg bergerak dengan kecepatan 5m/s. Bila benda melakukan usaha 400 joule untuk mencapai posisi (2) maka besar kecepatan pada posisi (2) adalah….

  3. Sebuah gaya F bekerja pada balok yang berada di bidang datar, sehingga menimbulkan kecepatan awal 30m/s. Massa balok 1/3 kg, dan berhenti setelah menempuh jarak 5m. Besar gaya F yang bekerja pada balok adalah…..

  4. Perhatikan gambar!

Balok meluncur pada lantai dari posisi A dan di posisi B balok berhenti. Besar usaha oleh gaya gesekan lantai pada balok adalah…..

  1. Bola bermassa 2,5 kg dijatuhkan tanpa kecepatan awal dari titik A seperti pada gambar. Besar usaha oleh gaya berat saat bola sampai di titik B adalah..

  2. Manakah dari grafik hubungan antara gaya F dengan pertambahan panjang (X) yang mempunyai nilai konstanta elastisitas terkecil?

  3. Manakah grafik hubungan antara gaya F dengan pertambahan panjang (X) yang mempunyai konstanta elastisitas terbesar?

  4. Grafik yang menunjukkan hubungan antara perubahan beban (F) dengan pertambahan panjang (X), grafik yang menunjukkan nilai konstanta elastisitas terbesar adalah…….

  5. Sebuah benda yang massanya 2 kg jatuh bebas dari posisi A seperti pada gambar. ( g = 10 m/s2 ) Ketika sampai di titik B Besar energi kinetik sama dengab 2 kali energi potensial, maka tinggi titik B dari tanah adalah……

  6. Bola bermassa 200 gram dijatuhkan pada ketinggian 125 cm di atas lantai tanpa kecepatan awal ( g = 10 ms-2). Jika bola memantul kembali dengan kecepatan 1 ms-1, maka besar impuls pada bola adalah…..

  7. Bola bekel bermassa 200 gram dijatuhkan dari ketinggian 80 cm tanpa kecepatan awal. Setelah menumbuk lantai bola bekel memantul kembali dengan kecepatan 1 ms-1 ( g = 10 ms-2) besar impuls pada bola adalah……

  8. Sebuah benda bermassa 1 kg jatuh bebas dari ketinggian 5m. Jika setelah menumbuk lantai benda memantul dengan kecepatan 2 ms-1 ( g = 10 ms-2), maka besarnya impuls pada benda adalah…..

  9. Perhatikan alat-alat berikut!

    1. alat penyemprot nyamuk,

    2. kapal selam,

    3. gaya angkat pesawat terbang,

    4. pompa hidrolik.

Alat yang prinsip kerjanya sesuai dengan prinsip hokum Bernoulli adalah

  1. Perhatikan penyataan tentang hokum- hokum fluida berikut ini!

    1. termometer

    2. tabung venturimeter

    3. barometer

    4. gaya angkat sayap pesawat

Pernyataan diatas yang berkaitan dengan penerapan hukum Bernoulli adalah……

  1. Perhatikan pernyataan berikut!

    1. barometer

    2. tabung venturimeter

    3. gaya angkat pesawat

    4. balon udara

Pernyataan tersebut yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum Bernoulli adalah..

  1. Sebuah tangki yang penuh dengan air, pada dinding bagian bawah tangki bocor hingga air memancar sampai di tanah, ( g = 10 m/s2). Besar kecepatan air yang keluar dari bagian yang bocor adalah….

  2. Sebuah bak mandi diisi air setinggi 1,50 m. Kebocoran bak terjadi di ketinggian 0,25 m dari dasar bak. Kecepatan air yang pertama memancar dari lubang adalah…..( g = 10 ms-2)

  3. Sebuah bak penampungan berisi air dan pada dinding terdapat lubang seperti pada gambar. Kelajuan air keluar dari lubang tersebut adalah

  4. Benda dengan bentuk dan ukurannya seperti pada gambar ( koefisien muai panjang = 0,0000002 C-1) dipanaskan dari suhu 250C hingga suhu 500C. Pertambahan luas benda adalah

  5. Pelat logam berukuran seperti gambar pada suhu 100C. Apabila koefisien muai panjang logam = 1,2 x 10 -5 C-1, maka pertambahan luas pelat logam pada suhu 600 C adalah…..

  6. Sebuah plat logam berbentuk persegi panjang pada suhu 20 0C seperti gambar. Apabila koefisien muai panjang = 2,3 x 10 -5 C-1 dan plat dipanaskan sampai suhu 800C, maka pertambahan luasnya adalah…..

  7. Plat logam dengan ukuran seperti pada gambar memiliki koefisien muai panjang = 25 x 10 -6 C-1. suhu plat mula-mula 300C, kemudian plat dipanaskan sampai mencapai temperatur 800C, maka pertambahan luas yang dialami oleh plat adalah….

  8. Es bermassa M gram bersuhu 00C, dimasukkan ke dalam air bermassa 340 gram suhu 200C yang ditempatkan pada bejana khusus. Anggap bejana tidak menyerap/ melepaskan kalor. Jika Les = 80 kal g-1, C air = 1 kal g-1 C-1, semua es mencair dan kesetimbanagn termal dicapai pada suhu 50C, maka massa es (M) adalah……

  9. Penyataan yang benar mengenai proses gas berdasarkan diagram berikut adalah….

      1. proses dari A ke B adalah proses isobaric

      2. proses dari B ke C adalah isobarik

      3. proses dari B ke C sama dengan nol

      4. usaha pada proses B ke C sama dengan nol

      5. kalor keluar sistem pada proses B ke C

  10. Pada termodinamika, gas ideal mengalami proses isokhorik, jika……

      1. perubahan keadaan gas dengan suhunya selalu tetap

      2. perubahan keadaan gas dengan volumenya selalu tetap

      3. tekanan dan volume gas tidak mengalami perubahan

      4. perubahan keadaan gas yang suhunya selalu berubah

      5. volume gas dan suhu selalu mengalami perubahan

  11. Suatu sistem gas ideal mengalami proses seperti pada gambar berikut. Pada proses AB yang terjadi adalah

      1. tekanan gas selalu tetap dan volume berubah

      2. volume gas selalu tetap dan tekanan berubah

      3. suhu gas tetap dan tekanan tetap

      4. suhu dan tekanan berubah

      5. tekanan dan volume gas berubah

  12. Sejumlah gas ideal mengalami proses adiabatic, maka selama proses berlangsung berlaku bahwa.

      1. kecepatan molekul gas bertambah

      2. tekanan gas konstan

      3. energi dalamnya nol

      4. tidak ada kalor masuk atau keluar sistem

      5. sistem tidak menerima kalor

  13. Sebuah mesin Carnot menyerap kalor 9000 joule dan melakukan usaha 2700 joule. Efisiensi dari mesin ini adalah.

  14. Sebuah mesin Carnot menyerap kalor 7000 J dan melakukan usaha 1.750 J setiap siklus , dan mesin ini bekerja pada reservoir tinggi dan reservoir rendah. Efisiensi dari mesin adalah

  15. Suatu mesin Carnot bekerja diantara suhu 300 K dan 800 K dan menyerap kalor 1600 J. usaha yang dilakukan mesin adalah..

  16. Dua titk A dan B terdapat pada tali yang digetarkan secara terus menerus sebanyak 300 getaran setiap menitnya, seperti gambar berikut. Cepat rambat gelombang tersebut adalah……

  17. Pada gelombang air laut terdapat dua buah gabus yang terpisah satu dengan yang lainnya sep[erti pada gambar. Keduanya turun naik dengan frekuensi 2 Hz. Cepat rambat gelombang tersebut adalah..

  18. Dua balok akyu A dan B terapung di atas permukaan air laut yang bergelombang seperti pada gambar. Jika balok A naik turun sebanyak 3 kali selama 2 menit, maka besar cepat rambat gelombang tersebut adalah….

  19. Pada gelombang air laut terdapat dua buah gabus seperti tampak pada gambar. Keduanya turun naik dengan periode 0,5 s. Cepat rambat gelombang tersebut adalah…..

  20. Pernyataan dibawah ini yang merupakan manfaat sinsr X adalah untuk…..

      1. fotosintesis pada tumbuhan

      2. foto rontgen jaringan tubuh

      3. mengobati penyakit menular

      4. menghitung luas hutan dengan buatan foto

      5. remote kontrol televisi

  21. Manfaat gelombang inframerah antara lain sebagai

      1. detektor kebocoran pipa gas

      2. remote control televisi

      3. pemotong logam

      4. komunikasi audio

      5. sterilisasi makanan

  22. Manfaat sinar infra merah adalah untuk..

      1. menganalisa struktur logam

      2. melihat orga tubuh bagian dalam

      3. melihat tulang / rangka manusia

      4. memotret permukaan bumi

      5. membunuh sel kanker

  23. Gelombang mikro dimanfaatkan untuh..

      1. pemetaan sumber alam

      2. alat kemunikasi radar

      3. mendiagnosa penyakit

      4. menganalisa struktur logam

      5. foto jaringa dalam tubuh manusia

  24. Sebuah sumber bunyi bergerak mendekati seorang pengamat dengan kecepatan 20m/s. jika cepat rambat bunyi di udara sebesar 340m/s dan pengamat bergerak menjauhi sumber bunyi dengan kecepatan 10 m/s mendengar bunyi berfrekuensi 660 Hz. Maka frekuensi sumber bunyi tersebut adalah..

  25. Anton mengemidi mobil pada kelajuan 36 km/ jam dikagetkan oleh sebuah klakson bis yang akan menyelipnya dengan kelajuan 72 km/jam. Jika frekuensi klakson yang didengar anton 620 Hz, frekuensi klakson bis sebenarnya adalah. ( cepat rambat bunyi di udara 320 m/s).

  26. Sebuah mobil ambulans bergerak degan kecepatan 0,2 V di depan mobil sedan yang bergerak searah dengan kecepatan 0,2 V. Mobil ambulans membunyikan sirena dengan frekuensi 1000 Hz. Jika kecepatan gelombang bunyi di udara =V, maka frekuensi yang didengar pengemudi mobil sedan adalah

  27. Pada jarak 2 m dari sumber bunyi terdengar bunyi berintensitas 10-6 watt.m-2. perbandingan taraf intensitas bunyi pada jarak 2 m dan 200 m adalah…..

  28. Sebuah sumber bunyi memancarkan gelombang secara homogen ke medium sekelilingnya. Titik A yang berjarak 10 m dari sumber diukur intensitasnya 10-8 Wm-2. perbandingan taraf intensitas bunyi di titik A dengan Titik B yang berjarak 100 m dari sumber adalah….( Io = 10-12 Wm-2)

  29. Intensitas bunyi yang berjarak r1 dan r2 terhadap sumber bunyi seperti pada gambar, jika Io = 10-12 Wm-2, maka perbandingan taraf intensitas pada titik yang berjarak r1 dan r2 adalah…..

  30. Dua buah muatan P dan Q yang segaris terpisah sejauh 20 cm (k = 9×109 N.m2C-2 dan 1 = 10 -6). Besar kuat medan dititik R yang berjarak 5 cm dari muatan Qp adalah…..

  31. Lima buah kapasitor identik dirangkai seperti gambar. Jika C = 4 F dan V = 3 volt, maka energi listrik yang tersimpan pada gabungan kapasitor adalah….(1 F = 10-6F).

  32. Tabel berikut menampilkan data transformator :

Nilai X dan Y pada tabel di atas berturut-turut adalah…..

  1. Tabel berikut menampilkan data beberapa besaran pada sebuah transformator.

Berdasarkan tabel nilai P dan Q berturut turut adalah….

  1. Di bawah ini adalah table hasil pengukuran tegangan dan arus dari kumparan transformator ideal. Berdasarkan data tabel di atas, nilai x dan y berturut-turut adalah…..

  2. Salah satu kelemahan model atom Rutherfort adalah…..

      1. atom mempunyai inti yang bermuatan listrik positif

      2. di luar inti atom ada elektron-elektron

      3. jumlah muatan inti dan elektron sama banyak

      4. elektron bergerak mengitari inti atom

      5. elektron akan jatuh ke inti karena kehilangan energi

  3. Kelemahan teori atom Rutherfort adalah.

      1. elektron tidak mengelilingi inti, tetapi bergerak acak

      2. atom merupakan bola pejal bermuatan positif

      3. elektron tidak dapat berpindah lintasan, tetapi tetap di satu orbit

      4. elektron mengelilingi inti akan memancarkan gelombang elektromagnetik

      5. atom tidak memiliki spektrum

  4. Perhatikan penyataan berikut:

    1. panjang gelombang bertambah besar

    2. momentum foton berkurang

    3. energi foton meningkat

pernyataan yang benar berkaitan dengan efek Compton adalah.

  1. Perhatikan pernyataan beriku:

    1. panjang gelombang

    2. energi

    3. frekuensi

Besaran foton yang mengalami perubahan setelah tumbukan dengan electron pada efek Compton adalah.

Perhatikan reaksi fusi berikut!

1H1 + 1H1 1 d2 + e + E

Diketahui : massa

  1. Radiasi dari radio isotop Co-60 dimanfaatkan untuk..

      1. penghancuran batu ginjal

      2. detector asap

      3. menentukan unsure fosil

      4. terapi pada kelenjar gondok

      5. membunuh sel kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>