Kumpulan Soal Matematika Maknyos

  1. Sebuah jam membutuhkan waktu 3 detik untuk berdering 3 kali pada pukul 3. Berapa waktu yang dibutuhkan jam yang sama untuk berdering 7 kali pada pukul 7 tepat?

  2. Petani bernama Pak Gagal mempunyai banyak ayam betina. Ia tahu bahwa 20 di antaranya, tinggal dalam tiga kandang ayam, akan menetaskan 30 telur dalam 18 hari. Berapa lama yang diperlukan oleh 30 ayam betina, yang tinggal dalam empat kandang ayam, untuk menetaskan telur dengan jumlah yang sama?

  3. Seorang pria membeli bak mandi baru, untuk mengisi bak mandi nya sampai penuh butuh waktu 4 menit, tapi tanpa sepengetahuannya,ternyata bak mandi itu bocor, dan akan menjadi kosong dalam waktu 6 menit, berapa waktu yang diperlukan agar bak mandi nya tetap penuh ?(jadi waktu si pria ngisi bak mandinya, itu air yang udah masuk di bak mandi juga sambil ikut keluar lagi)

  4. Mister Bean pergi berbelanja di sebuah toko dengan uang sebesar 100.000 rupiah. Ia membeli beberapa makanan kecil seharga 40.000 rupiah, 20% sisanya untuk permen, 1/8 uang awalnya untuk membeli es krim, dan 31/71 sisanya untuk membeli minuman. Berapa uang mister bean yang tersisa?

  5. Sebuah persegi panjang memiliki panjang 2 kali lebarnya. Uniknya adalah jika panjang dijumlah dengan lebar (1/2 keliling), hasilnya sama dengan luas persegi panjang tersebut.

    Pertanyaannya: Jika dibuat empat buah setengah lingkaran di luar masing-masing persegi panjang, berapakah luas total bangun ini? (empat buah setengah lingkaran + persegi panjangnya)

  6. Anda punya 2 jam pasir, jam pasir A habis dalam waktu 7 menit, dan jam pasir B habis dalam 4 menit. Gunakan kedua jam tersebut buat menghitung waktu persis 9 menit. ( ga boleh pake cara ndatarin jam pasir yang 4 menit lho ya)

  7. Patrick baru saja mendapat hadiah berupa puzzle jigsaw yg bertulisan begini di boksnya.

"SPONGEBOB JIGSAW PUZZLE #4"

"1000 PCS, PICTURE SIZE 50 cm x 36.5 cm"

Tentu kita tahu bahwa di dalam puzzle ada potongan jigsaw pinggir (salah satu atau dua tepinya rata) dan potongan jigsaw tengah (tidak ada tepi rata sama sekali).

Pertanyaannya: Ada berapa potongan jigsaw pinggir/bingkai dari puzzle ini?

  1. Ada seorang pembiak kuda. kita sebut aja A dan pemilik kuda kita sebut dia B. Si B dateng ke perternakan A untuk membeli kuda, nah pas mereka ngobrol, si A bertanya kepada si B:

    A: Kalau gak salah situ punya 3 anak kan? gimana kabar mereka?

    B: Yap.baek. tiga2nya sehat sehat.

    A: Mereka umurnya berapa ya? saya lupa…

    B: Kalo umur mereka dikalikan satu sama lain, jadinya 36.

    A: Weks. masih kurang jelas. bisa kasih hint lagi?

    B: Kalo umur mereka dijumlahin, jumlah umur mereka sama kek banyaknya anak kuda umur 3 tahun ke bawah di peternakan ini.

    A: Masih kurang jelas. bisa lebih spesifik lagi?

    B: Anak saya yang termuda suka susu kuda.

    A: Ah… sekarang saya tahu persis umur ketiga anak anda!

    Dari percakapan di atas, berapa masing2 umur ketiga anak B?

  2. Pada tanggal 1 Februari 1984 jatuh pada hari rabu, demikian juga tanggal 29 Februari 1984. Nah, kapankah kalender akan menunjukkan Februari berikutnya dengan situasi yang sama?

    Sertakan alasan yang logis ya… Dilarang nyontek kalender. Jawaban dianggap bener kalo punya alasan logis.

  3. Ada lima bilangan ganjil; yaitu a, b, c, d, dan e.

    Kelima bilangan ini memenuhi syarat:

    1. a < b < c < d < e. kelima-limanya bilangan bulat positif.

    2. kuadrat dari masing-masing bilangan ini, seluruhnya memiliki kesamaan ciri; yaitu kedua bilangan ganjil yang mengapit bilangan kuadrat tersebut adalah bilangan prima.

    3. a, b, c, d, dan e merupakan lima bilangan ganjil terkecil yang memenuhi syarat nomor 2.

    Pertanyaan gw adalah:

    Jumlah kelima bilangan ganjil ini adalah….?

  4. Di kota bebek, ada seorang yang luar biasa kaya bernama om gober. si om ini punya berbagai perusahaan yang bergerak diberbagai bidang. salah satunya adalah Bank Oom.

    bank ini memiliki sistem deposito tak terhingga yang dipatenkan oleh om gober. sistemnya adalah seperti ini: "Bunga yang didapatkan setelah satu tahun adalah setengah dari uang yang didepositkan. lalu bunga di tahun-tahun berikutnya adalah setengah dari bunga di tahun sebelumnya"

    seorang pemuda bernama donald, bermaksud menggunakan jasa deposito tersebut. dia menyetorkan 4.004.000.000 rupiah pada bank tersebut, dan menuntukan batas waktunya yaitu 4004 tahun.

    setelah 4004 tahun, ternyata dunia kota bebek blom kiamat. dan bank oom masih berjaya dan beroperasi. Lalu, karena sudah jatuh tempo, salah seorang keturunan om donal mengambil uang yang di depositkan tersebut.

    Pertanyaannya: Berapa total uang yang diambil oleh keturunan donal setelah 4004 tahun?

  5. Ada sebuah bilangan 5 digit yang memiliki ciri2 berikut:

    Jika kita menaruh angka 1 di depannya maka akan menghasilkan sebuah bilangan yang 3 kali lebih kecil daripada jika kita menaruh angka 1 di belakangnya.

    Pertanyaan: bilangan apakah itu??

  6. Ada seorang pemain forum berinisial P..

    1. Di forum yang P mainkan, diperbolehkan memberi 10 GRP (Good Reputation Point) setiap 24 jam..

    2. Setiap 27 jam, P mendapatkan 9 GRP dari pemain2 lainnya.. dan untuk setiap GRP yang diterima P, P akan memberikan GRP ke pemain yang memberikan GRP kepada P..

    3. Saat ini, P sedang memiliki hutang GRP yg ingin dia kembalikan sebesar 56 GRP..

    4. Kemudian, P mengikuti sebuah kuis dan ia harus membuat sebuah soal, lalu memberikan 5 GRP ke 5 orang pemain forum yang berhasil menjawab pertanyaan P.. (dimisalkan P belum pernah memiliki hutang kepada 5 pemain yang berhasil menjawab pertanyaan dari P)

    Soal:

    Jika setiap 24 jam P pasti menggunakan seluruh jatah GRP nya.. paling sedikitnya, berapa hari yang dibutuhkan P untuk melunaskan hutang GRP nya?? (jawabnya dalam hari, bukan jam.. jadi kalo jawabannya 1 hari 2 jam, dibuletin jadi 2 hari aja)

    keterangan:

    Rep Power ga ada hubungannya sama sekali.. setiap GRP diitung 1

  7. 3

    13

    1113

    3113

    132113

    Berapa bilangan 3 baris selanjutnya?

  8. Ada 3 orang saudara kembar, Budi, Bayu, dan.. Bona. Budi, anak yg tertua, tidak pernah berbohong. Anak kedua, Bayu, selalu berbohong, dan anak terakhir, si Bona, kadang2 bohong dan kadang2 tidak.

    Suatu hari, Dono, teman dari ayah mereka, datang bertamu ke rumah. Budi, Bayu, dan Bona duduk berjejer di sofa. Seperti biasa Dono sulit mengenali nama masing2 saudara kembar tersebut.

    Dono bertanya kepada anak yg duduk di sebelah kiri, "Siapa anak yg duduk di tengah?", si anak menjawab, "Itu si Budi". Dono lalu bertanya kepada anak yg di tengah, "Namamu siapa?", si anak menjawab, "Saya Bona". Akhirnya Dono bertanya kepada anak yg di kanan, "Siapa yg duduk di tengah?", si anak menjawab, "Itu si Bayu".

    Dono: ??????????????????

    Pertanyaan: Siapa nama masing2 anak yg sebenarnya??

  9. Seorang kolektor buku yaitu A memiliki koleksi ensiklopedia yang lengkap di raknya. Dia selalu menaruh buku2 ensiklopedianya dalam urutan yang sistematis, yaitu buku jilid 1 selalu paling kiri, kemudian buku jilid 2, dan seterusnya sampai habis. Masing-masing jilid ensiklopedia memiliki cover keras di depan dan di belakangnya, serta isinya 2000 halaman, sudah termasuk daftar isi, inside cover, dll (intinya 1 buku = 1 cover keras di depan, 1000 lembar kertas, dan 1 cover keras di belakang, titik.)

    Suatu ketika si A menutup buku ensiklopedia jilid 5. Saat itulah seekor bookworm masuk ke halaman paling depan dari buku 5 (antara cover dan kertas). Jika dalam sehari seekor bookworm memiliki kemampuan membolongi 1 lembar cover keras atau 10 lembar kertas buku, berapa harikah waktu yang dibutuhkan bookworm itu untuk mencapai halaman terakhir dari buku 6?

  10. Dirjen Pajak didampingi para Direktur DJP menggelar konferensi pers untuk menyampaikan tahapan kinerja Dirjen Pajak pada triwulan pertama tahun 2009, terkait dengan penerimaan pajak. Dikatakan Dirjen, penerimaan pajak pada triwulan I 2009 masih mampu membukukan pertumbuhan walaupun adanya krisis ekonomi dunia. Artinya Wajib Pajak (WP) sudah semakin banyak yang patuh pajak, karena hal ini Dirjen merasa gembira sebab sekitar 80% penerimaan negara bersumber dari pajak. Tumbuh atau tidaknya ekonomi suatu negara tergantung dari tingkat kepatuhan WP dan Petugas Pajaknya.

    Mengacu dari hal tersebut soalnya adalah "Gantilah huruf-huruf dalam penjumlahan d bawah dengan angka 0 sampai 9, berbeda huruf, berbeda pula angkanya, sehingga penjumlahan tersebut menjadi benar.

    WP

    PATUH

    PAJAK +

    TUMBUH

    Artinya : WP + PATUH + PAJAK = TUMBUH

    Clue nya P=WxU ; H= 3U

  11. abcd * 4 = dcba..

    Tentukanlah bilangan abcd itu!

    a, b, c, dan d bilangan bulat dari 0 – 9 ya dan tidak ada yang sama…

  12. Ada 4 orang anak, sebut namanya A, B, C, dan D. Temukan informasi dari keempat anak dengan bantuan sebagai berikut:

    Kategori:

    Bulan Kelahiran: April – Februari – Januari – Maret

    Hewan Kesukaan: Gajah – Kucing – Kuda – Kupu-kupu

    Hewan Peliharaan: Anjing – Burung – Ikan – Kucing

    Jenis Kelamin: Cewe – Cowo

    Nama Belakang: Bonos – Boo – Calazers – Shera

    Negara Asal: Amerika Serikat – Argentina – Inggris – Perancis

    Olahraga Kesukaan: Basket – Rugby – Sepak bola – Tenis

    Bantuan:

    1. Nama Terakhir D tidak memiliki huruf "Z"

    2. Bahasa nasional negara asal D bukan Bahasa Inggris

    3. A tidak suka sepak bola maupun rugby

    4. A tidak lahir di Eropa

    5. Hewan kesukaan B lebih besar dari D

    6. Nama terakhir B terdiri dari 5 huruf

    7. D lahir dua bulan setelah B

    8. Hewan peliharaan D tidak menggonggong

    9. Olahraga kesukaan kedua cowo bukan sepak bola

    10. C tidak berasal dari area di sebelah utara ekuator

    11. Hewan kesukaan C lebih kecil dari D

    12. Nama terakhir A tidak diakhiri dengan huruf "S"

    13. Hewan peliharaan B tidak bisa terbang

    14. B lahir setelah A, tapi sebelum C

    15. Olahraga favorit D pernah rugby, pernah juga basket, tp sekarang ia telah berubah pikiran

    16. Nama terakhir A bukan yang jumlah huruf nya paling sedikit

    17. Hewan peliharaan A bisa terbang

    18. B tidak berasal dari Amerika

    19. Hewan kesukaan A lebih kecil dari D

    20. C lahir sebelum D

    21. Hewan kesukaan C lebih besar dari A

    22. Hewan peliharaan C memiliki bulu, demikian pula dengan D

    23. Yang memiliki nama belakang berawalan huruf "B" adalah cowo, selain itu cewe

    Ket: selain kategori jenis kelamin, pilihan yang lainnya tidak boleh ada yg kembar

    Ket2: Jebakan ada beberapa, tp masih bisa dicerna logika kok

  13. Sebuah bola memiliki jari-jari yang sama panjang dengan diagonal ruang sebuah kubus.

    Pertanyaannya: Sebutkan berapa rasio volume bola itu terhadap volume kubus itu.

  14. Permutasi adalah penyusunan kembali suatu kumpulan objek dalam urutan yang berbeda dari urutan yang semula. Sebagai contoh, daebc adalah salah satu kemungkinan permutasi dari huruf a,b,c,d, dan e.

    Kalo misal semua permutasi diurutin sesuai abjad, itu disebut juga permutasi dengan urutan leksikografik. jadi kalo a,b,dan c di permutasiin kemungkinannya:

    abc, acb, bac, bca, cab, cba.

    Nah, pertanyaannya adalah, urutan ke satu juta untuk permutasi dengan urutan lexikografik, sepuluh huruf pertama dari alphabet, (a,b,c,d,e,f,g,h,i,dan j), adalah?

  15. Queens Problem with First Order Logic (FOL) Programming

    Dalam sbuah papan catur standar yg brukuran 8×8, trdapat dua buah ratu yaitu Q1 dan Q2, kedua ratu ini tidak boleh saling serang, kondisi yg mnyatakan bahwa kedua ratu akan saling serang adalah :

    1. jika kedua ratu berada pada baris yg sama

    2. jika kedua ratu berada pada kolom yg sama

    3. jika kedua ratu berada pada diagonal yg sama

    Kita ingin merepresentasikan problem ini dgn FOL language, Pertama, u/ merepresentasikan fakta bahwa ratu Qn ada pd baris ke-B dan kolom ke-K, kita mnggunakan predikat :

    pos(Qn,B,K)

    jd Q1 di gambar memiliki fakta pos(Q1,3,2) dan Q2 pny fakta pos(Q2,6,5) (baris & kolom dihitung mulai dr sudut kiri atas)

    Pertanyaan saya :

    Representasikan fakta Q1 dan Q2 akan saling serang jika berada pada diagonal yg sama dgn menggunakan FOL language!

    ini bukan ngasih contoh nya ya.. tapi dicari pola umumnya

    contoh Representasi fakta Q1 dan Q2 akan saling serang jika berada pada baris yg sama dgn menggunakan FOL language :

    attack1(Q1,Q2) <-> pos(Q1,B,K1) ^ pos(Q2,B,K2)

    dibaca :

    "attack1(Q1,Q2)" >> Q1 dan Q2 akan saling serang

    "<->" >> jika dan hanya jika

    "pos(Q1,B,K1)" >> Q1 ada pada posisi baris ke-B, kolom ke-K1

    "^" >> dan

    "pos(Q2,B,K2)" >> Q2 ada pada posisi baris ke-B, kolom ke-K2

  16. Panjul menyobek sebuah buku setebal 100 halaman sehingga jumlah dari nomer halamannya menjadi 4949. Berapa lembar dari buku itu yang disobek oleh Panjul?

Beberapa penjelasan

1. diasumsikan kalo cover buku itu halaman pertama

2. Halaman bukunya urut dari 1 sampe 100, jadi halaman pertama itu cover, belakangnya cover itu halaman kedua, trus di kertas selanjutnya (lembar selanjutnya) baru halaman 3…

3. nyobeknya satu lembar penuh! ga ada nyobek sebagian doank gitu….intinya, nyobeknya selayaknya orang normal nyobek satu lembar penuh!

4. yang ditanyakan itu berapa lembar yang disobek, bukan halaman berapa yang disobek

5. jika bro/sis mikir Panjul mungkin aja nyobek 2 lembar tapi mungkin juga nyobek 3lembar, tulis aja Panjul mungkin nyobek 2 atau 3 lembar

6. argumennya asal masuk akal, bisa dianggap bener….

Penjelasan dari beberapa penjelasan

1. ini buku kayak buku yang biasa ada di gramedia…hohoho…jadi kiri ada nomer halamnnya, kanan ada nomer halamannya

  1. Pembuktian 1 + 1 = 1

    1. Misalkan x = 1

    2. Maka x^2 = 1 (dibaca x pangkat 2)

    3. Jadi x^2 = x

    4. Kemudian ruas kiri dan kanan saya kurang 1 -> x^2 – 1 = x – 1

    5. Dengan rumus selisih kuadrat maka ruas kiri bisa difaktorkan jadi -> (x + 1)(x – 1) = x – 1

    6. Menurut sifat persamaan, apabila ada faktor yang sama kedua ruas, maka faktor tersebut bisa dicoret menjadi -> (x + 1) = 1

    7. Kembalikan nilai x = 1 -> 1 + 1 = 1

    Pembuktian di atas memang ada yang salah/tidak valid, pertanyaannya pernyataan nomer berapa yang salah/tidak valid? Serta berikan penjelasannya…

  2. Ada dua buah boks dan sebuah kantong-keren .

    Kantong-keren saat ini masih gak ada isinya. sedangkan di dalam salah satu boks penuh dengan koin 100 perak dan di boks satunya lagi penuh dengan 500 perak.

    Gw ambil satu koin secara random dari salah satu boks, lalu gw masukin koin tersebut ke kantong-keren . habis itu, gw ambil lagi koin dari salah satu boks secara random, dan gw masukin ke kantong keren lagi. Nah, sekarang, gw ambil koin dari kotak 500 perak, dan gw masukin ke kantong-keren .erus, gw ambil satu koin secara random dari kantong-keren .

    pas gw liat ternyata koin 500 perak!!!

    Wew, kalo gitu, kemungkinan koin yang masih di kantong-keren adalah 2 koin 500 adalah berapa?

  3. Diketahui ada 2 bilangan bulat positif p dan q.

    p+11q habis dibagi 13, sedangkan p+13q habis dibagi 11.

    Carilah nilai minimal p+q!

  4. Budi ingin sekali mengganti ubin dilantai kamarnya yang berukuran 10×10 satuan luas. Nah masalahnya, saat dia membeli ubin baru ternyata bentuk ubin yang tersedia seperti gambar di bawah :

(setiap persegi berukuran 1×1 satuan luas)

pertanyaan nya : apakah lantai kamar budi dapat tertutup semua oleh ubin seperti gambar diatas ??

  1. Ada sebuah bilangan, sebut aja N….

    N terdiri dari 50 digit…

    Digit pertama sampe ke-25 itu 1, digit ke 26 itu a, digit ke-27 sampe ke-50 adalah 1 lagi…

    Buat yang ga ngerti, N = 1111111111111111111111111a111111111111111111111111

    Jika N habis dibagi 13, berapakah nilai dari a?

  2. entah udah pada tau apa blom, tapi di dunia ini ada suatu game menarik bernama tower of hanoi atau bahasa indonesianya menara hanoi

    inti dari rulenya:

  • Memindahkan semua disk dari satu tower ke tower lain.

  • Pokoknya yang disknya lebih gede, gak boleh ditaro diatas yang lebih kecil.

  • Setiap kali mindahin disk, diitung telah melakukan satu langkah.

bagi yang gak gaul dan baru pertama kali denger, coba kunjungi:

kalo mo ngetes, coba cek:

mari kita masuk ke inti soal.

Anggaplah ada 12 disk yang bakal kita pake. nah, kalo misalnya awalnya semua disk ada di tower A. (kita namakan ketiga towernya: A,B,C). dan saya mau memindahkan semua disk dari tower A ke tower B. Apabila saya memindahkan dengan cara metodis sehingga hasil akhir jumlah langkah yang terpakai adalah jumlah langkah minimal yang mungkin;

Setelah langkah ke 4004, ada berapa piring pada masing-masing tower A, Tower B, dan Tower C?

  1. Panjul pergi ke pasar.

    Sebelum pergi ke pasar, dia ngeliat jam tangannya (jam tangan analog)

    Setelah beli berbagai macam barang, dia pulang ke rumahnya dan ngecek jam tangannya lagi…

    Ternyata, jarum jam dan jarum menitnya bertukar tempat!

    Diketahui Panjul pergi antara jam 4 dan jam 5 serta pulang antara jam 5 dan jam 6…

    Jam (dan menit) berapa Panjul berangkat ke pasar? Jelasin cara nemuin jawabannya…

  2. Jika misalkan kamu diberi oleh seseorang 80 koin dan diantaranya ada 1 koin yang palsu dan pasti memiliki berat yang berbeda, jika hanya menggunakan timbangan biasa berapa paling sedikit kamu harus menimbang??

    (NB: timbangan adalah neraca, tanpa ada indikator berat nya, buat yang gak tau apa itu neraca ya mirip lambang zodiak libra lah)

  3. Di SDnya, Panjul dan kawan2 lagi baris…

    Mereka berbaris dalam 10 baris dan masing2 baris terdiri dari 20 anak…

    Masing2 dari 20 kolom itu, dipilih 1 anak yang terpendek…

Dari 20 anak ini, dipilih 1 anak yang tertinggi, kita sebut A…

EDIT:SELANJUTNYA 20 ANAK INI DIKEMBALIIN KE BARISAN MEREKA LAGI

Kemudian, masing2 dari 10 baris, dipilih 1 anak tertinggi…

Dari 10 anak ini, dipilih 1 anak yang terpendek, kita sebut B…

Pertanyaannya, siapa yang lebih tinggi, A atau B? jelaskan cara nemuin jawabannya

1. Asumsiin A dan B adalah orang yang berbeda sekaligus tingginya berbeda

2. Penjelasan adalah yang terpenting di soal ini, kalo penjelasannya salah, gw anggap salah

3. Tentu aja ada beberapa yang tingginya sama tapi ga semua orang tingginya sama…

4. Asumsiin di setiap baris dan di setiap kolom ada murid yang terpendek dan tertinggi…

  1. Ada dua utas tali. Masing2 akan habis terbakar dalam waktu satu jam.

    Kedua tali itu bener-bener berbeda satu sama lain, Panjang dan diameternya berbeda. Diameternya pun ga persis sama untuk tiap tali.

    Jadi bisa aja di bagian tertentu agak besar, di bagian lainnya lebih kecil.

    Artinya, ketika sebuah tali terbakar 1/4nya belum tentu waktunya 1/4 jam.

    Pertanyaannya : Gimana cara mengukur waktu 45 menit dengan membakar tali tersebut?

  2. Ada barisan kayak gini

    2,5,28,…

    rumus umumnya, suku ke n = n^n + 1

    Pertanyaannya, carilah bilangan prima terbesar yang lebih kecil dari 10^19 tapi ada di barisan ini…

  3. Karena Lelouch bisa menebak warna topi yang dia pakai (quiz sebelumnya), si dosen memberi quiz yang "sedikit lebih susah".

    Ada 5 susunan huruf:

RLH

NCU

CLA

ICU

PLN

Lelouch, Raito dan Shinichi, masing2 diberikan salah satu dari huruf yang ada (bukan susunan huruf) pada susunan tsb, sehingga masing2 hanya tau 1 huruf yang mereka punya dan ga tau huruf teman2nya. Tentunya mereka juga tau kelima susunan huruf di atas.

Dari masing2 huruf yang mereka punya, dapat dibentuk sebuah susunan huruf seperti salah satu dari 5 susunan huruf di atas.

Ketika masing2 ditanya dosennya, "kamu tau susunan huruf tsb..?"

Lelouch menjawab "ya", Raito menjawab "ya", dan Shinichi juga menjawab "ya".

<Q> Tentukan susunan hurufnya..? dan beri argumen/penjelasannya..?

  1. Kejadian di tahun 2009.

    Seseorang yang tersesat di suatu pulau antah berantah yang beriklim empat musim, tengah kebingungan. Ia telah mengetahui dalam waktu singkat bahwa ia sedang berada di pulau dengan dua suku yang saling bermusuhan dan sering berkata bohong. Masalah utama adalah si penjelajah ingin mencari tahu saat ini jatuh pada tanggal berapa.

    Ada sejumlah fakta tentang pulau ini yang telah ia kumpulkan dalam 6 jam pertama ia berada di sana.

    1. Di pulau ada 2 suku. A dan B. Suku A berkata bohong pada hari Senin, Rabu, dan Jumat. Sedangkan suku B berkata bohong pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.

    2. Penjelajah menemukan tiga lembar kertas koran bekas. Masing-masing bertanggal 15 September, 18 November, dan 13 November.

    3. Sebagian besar pohon yang ada di pulau saat ini berdaun merah dan kuning. Angin bertiup kencang.

    4. Penjelajah baru saja menanyai seorang warga suku A. Dia berkata, "Tiga hari yang lalu saya tidak berkata bohong. Hari ini juga."

    5. Dan juga seorang warga suku B. Dia berkata, "Kembalilah besok. Saya akan mengatakan kebenaran kepadamu."

    6. Penjelajah bertanya lagi kepada satu orang yang tidak ia ketahui warga suku A atau suku B. Orang itu berkata, "Tidak masalah ini hari apa. Yang pasti di musim ini, setelah hari ini hanya tersisa 2 tanggal lagi yang jatuh pada hari yang sama."

    7. Penjelajah melihat baru ada satu rumah yang mempersiapkan pohon Natal.

    Question:

    Jatuh pada hari dan tanggal berapakah kejadian ini di tahun 2009?

  2. Ada tiga buah kontainer

    Satu kontainer berisi koin 500 dengan tahun pembuatan 1990

    Satu kontainer lagi tahun pembuatan 2003

    Sisanya campuran

    Setiap kontainer memiliki label sesuai dengan isinya

    "1990" berarti kontainer yang isinya koin taun 1990 semuanya, "2003" sama, sama label "campuran".

    Tapi sayangnya labelnya salah, gimana caranya bisa nentuin tiap label kontainer hanya dengan satu kali penarikan

    Untuk lebih jelas

    Labelnya salah itu maksudnya labelnya gak sesuai sama kontainernya,dan harus dibenerin

    Satu kali penarikan itu cm ngambil satu koin dari satu kontainer untuk nentuin label yang bener

    Tiap koin udh dinamain sesuai dengan tahun pembuatannya ya

  3. Ada 1000 monyet dan 1000 lampu. tiap lampu dinomorin 1-1000, dan di tiap lampu ada saklarnya, nah tiap kali sebuah saklar dipencet, maka lampu yang saklarnya dipencet, beserta kelipatannya semuanya berubah (edited) (misalkan pencet saklar di lampu nomor 1, maka lampu nomor 1,2,3,4 dst menyala)

    DEFAULTNYA(awalnya sebelum ada yang mencet) LAMPU MATI

    Terus mulai deh, monyet pertama mencet lampu pertama, kedua mencet lampu ke 2, dst

    nah, saat monyet ke 1000 memencet saklar ke 1000 berapa jumlah lampu yang menyala? (sebutin dan kasi alasan yang mendukung)

  4. Pada suatu hari kamu bertemu dangen 3 orang. yang pertama adalah orang serba tahu yang luar biasa jujur. yang kedua adalah orang serba tahu yang pasti selalu berbohong. yang ketiga adalah orang yang gak tau apa2.

    Kalau misalnya kamu diberikan kesempatan untuk memberi 3 pertanyaan ya dan tidak ke siapa aja dari 3 orang tersebut, 3 pertanyaan apa yang bisa ditanyakan agar kamu bisa membedakan siapa adalah siapa?

  5. Seorang raja ingin memberi hadiah pada seorang mentrinya yang ber prestasi.

    Tapi karena rajanya iseng dia tidak memberi hadiahnya begitu aja.

    Sang raja memberikan 7 buah gelang emas yang saling berkaitan (seperti rantai), dan raja akan memberikan satu buah setiap harinya kepada sang mentri.

    TETAPI, alat untuk memutuskan gelang itu hanya bisa digunakan sekali saja untuk mematahkan satu gelang, dan raja tidak mau tahu, pokoknya setiap pagi dia melihat kotak hartanya, gelang itu jumlahnya harus berkurang satu dari kemarinnya.

    Sekarang bantulah sang mentri menemukan cara agar bisa mendapatkan cara agar gelang2 itu berkurang satu setiap harinya selama seminggu (7hari) karena apabila jumlah gelangnya tidak berkurang satu per hari (tidak boleh sama dengan kemarin ataupun berkurang lebih dari satu dari kemarin apalagi nambah) hadiah akan ditarik kembali oleh raja

  6. Ada 9 bilangan bulat positif yang berbeda a,b,c,d,e,f,g,h,n yang memenuhi n=ab+cd=ef+gh

    Carilah nilai minimal dari n.

  7. Ada 6 buah bilangan, sebut saja J, K, L, M, N, dan O. Dimana bilangan J, L dan N

    adalah bilangan bulat positif dan bilangan K, M dan O adalah bilangan bulat negatif. Nah, Tentukan nilai dr J, K, L, M, N dan O, yg memenuhi syarat:

    1. J + L + N = (-1)(K + M + O)

    2. J + K – L = (-1)(-M + N – O)

    3. keenam bilangan tersebut tidak boleh sama

    4. J (-1)K L (-1)M N (-1)O

    5. 0< J, L, dan N <8 dan -8< K, M, dan O <0

  8. Ada sebuah persegi besar…

    Kita bisa "membelah" persegi itu biar jadi beberapa persegi kecil2 di dalamnya…

    bingung?

    l__l__l

    l__l__l

    l__l__l

    Gambar di atas itu contoh sketsa satu persegi besar di"belah" jadi 4 persegi kecil dan ga ada bangun lain di dalam persegi itu…

    EDIT: gambar sukses…credit to dby

    Jadi, "pembelahan" itu berarti kalian membuat beberapa persegi yang lebih kecil dari sebuah persegi besar di dalam persegi besar, dan ga ada bangun selain persegi kecil berada di dalam persegi besar…

    Pertanyaannya, mungkinkah kamu membelah sebuah persegi besar menjadi 2010 persegi kecil? jelaskan jawabanmu!

  9. Ada sebuah Lampu dalam sebuah ruangan tertutup dengan satu pintu tertutup.

    Lampu didalam ruangan tersebut dapat dijangkau manusia.

    Kamu ada di luar ruangan tersebut dan tidak bisa melihat kedalam ruangan.

    Didepan kamu ada 3 buah saklar yang semuanya berada dalam posisi OFF.

    Hanya 1 saklar yang benar untuk menyalakan Lampu didalam ruangan.

    Pertanyaan:

    Hanya dengan sekali masuk kedalam ruangan, Bagaimana cara kamu tahu saklar yang benar?

    (Contoh : Gw tekan saklar pertama, lalu masuk kedalam ruangan)

  10. Buktikan bahwa panjang AB=BC pada Segitiga siku-siku !! (Buktikan dengan contoh ilustrasi anda!)

  11. Suatu hari Panjul berulang tahun dan mengadakan pesta ulang tahun dirumahnya. Ia mengundang semua teman – temannya untuk datang ke pestanya itu. Dari banyak teman yang hadir dalam pesta ulang tahunnya itu, hadir pula Anton, Bocil, Cipluk, Dinda, dan Eli.

    Pesta pun berlangsung, kue ulang tahun ditiup, lagu dinyayikan. Panjul sangat senang, teman – temannya banyak memberikan hadiah. Setelah acara tiup lilin selesai, para udangan pesta dipersilahkan untuk makan dan minum sajian yang telah disediakan. Sembari makan dan minum, kelima teman Panjul tersebut menemukan bahwa mereka semua lahir pada tanggal yang sama.

    Walaupun begitu hanya beberapa yang tahu tahun kelahiran temannya yang lain. Saat mereka sedang berbicara satu sama lain, Panjul pun mendengarkan pembicaraan mereka..

Dinda berkata pada Bocil : "Gw tuh lebih tua 9 Tahun dari Eli "

Eli berkata pada Bocil : "Gw 7 tahun lebih tua dari Anton"

Anton berkata pada Bocil : "Wah, Umur lo kan pas 170% dari umur gw"

Bocil berkata pada Cipluk : "Hmm..si Eli tuh lebih muda dari lo"

Cipluk berkata pada Dinda : "Eh selisih umur kita 6 tahun lho"

Cipluk berkata pada Anton : "Umur gw tuh 10 tahun lebih tua dari lo"

Cipluk berkata pada Anton : "Si Bocil tu lebih muda dari Dinda"

Bocil berkata pada Cipluk : "Hmm..selisih umur lo sama Dinda sama seperti selisih umur Dinda dan Eli"

Mendengar percakapan mereka, otak Panjul pun berputar dan menemukan kejanggalan..

Karena Panjul kenal baik teman – temannya, ia hapal persis kapan mereka lahir. Ia pun menemukan bahwa, saat temannya itu berbicara dengan temannya yang lebih muda, mereka berkata Bohong, sedangkan sebaliknya saat berbicara dengan yang lebih tua mereka selalu berkata Jujur.

Sekarang Panjul bertanya, berapakah umur masing – masing kelima temannya itu?

  1. Panjul baru dapat gosip hangat dari desa tetangga. Ini yang gw sebut rantai gosip pertama. Ia membisikkan gosip ini ke satu orang. Dengan demikian, dari proses 1 kali bergosip, sudah ada 2 orang yang tahu tentang gosip ini, yakni Panjul dan seorang temannya. Kemudian dalam waktu 5 menit, terjadilah rantai gosip kedua. Si Panjul menceritakan gosip ini ke 1 orang temannya yang lain. Dan si temannya yang tadi diberi gosip sama Panjul juga cerita ke teman yang berbeda. Dengan demikian, dari 2 kali membisikkan gosip (yang pertama tadi dihitung), sudah ada 4 orang yang tahu tentang gosip ini. Begitu seterusnya, jadilah hari itu hari penyebaran gosip.

    Yang gw tanyakan:

    1. Berapa rantai gosip dan berapa bisikan gosip yang dibutuhkan agar minimal ada 1000 orang di desa itu yang tahu tentang gosip tersebut?

    2. Dalam berapa menit setidaknya 2010 orang di desa itu akan tahu tentang gosip tersebut, terhitung sejak Panjul mulai bercerita kepada temannya yang pertama?

    3. Anggap saja gosip itu bisa menyebar ke jumlah orang yang tak terhingga. Berapa orang yang seharusnya sudah tahu tentang gosip ini dalam waktu 2 jam (baca: 120 menit)?

  2. Didefinisikan bilangan Panjul MK2 sebagai sebuah bilangan yang memenuhi syarat "jika digit2 bilangan Panjul MK2 dikuadratin kemudian dijumlah, serta proses ini dilakukan secara rekursif sampe tak terhingga, akan mencapai deret angka 1 (thanks to puzzloholic yang mengingatkan)"

    Sementara bilangan Panjul MK2 (prima!) adalah bilangan Panjul MK2 yang juga prima.

    ada berapa banyaknya bilangan Panjul MK2 (prima!) yang lebih kecil dari 100???

  3. di suatu sungai di suatu tempat di planet bumi. ada sebuah rakit yang dipersiapkan untuk menyebrangi sungai tersebut.

    nah, kebetulan sekali ada beberapa orang yang ingin menyeberangi sungai tersebut.

    seorang paman dan dua orang keponakan cowoknya, seorang ibu dengan dua anak kembarnya, dan seorang remaja dengan peliharaan anjingnya.

    berhubung mendayung rakit itu pekerjaan yang sulit, hanya si paman, sang ibu, dan si remaja yang tahu gimana cara ngedayungnya (gak mungkin kan anjing bisa ngedayung) selain itu, rakit tersebut hanya mampu di muat 2 orang. maksimalnya. dan minimalnya satu orang kalo mo nyeberangin sungai dengan selamat (ya iya lah. kalo 0 sapa yang dayung?)

    nah, mereka ingin menyeberang tapi ada beberapa kendala.

    si paman gak bisa dibiarin di satu tempat bersama salah satu atau kedua dari anak cewek tanpa sepengawasan ibunya. berhubung dulu anak-anak ceweknya pernah diculik. terus, si ibu-ibu juga gak bisa dibiarin tinggal dengan salah satu atau kedua dari keponakan cowok tanpa ditemani oleh sang paman. soalnya mereka berdua jahil banget sama ibu-ibu. dan anjing peliharaan remaja itu ternyata anjing yang luar biasa galak. kalo dibiarin dengan orang lain tanpa sepengawasan si remaja yang empunya anjing, tuh anjing bisa gigit siapapun yang bersama dia. gimana sequence(urutan) mereka menyeberangi sungai?

  4. Paman mendapatkan hadiah sekantung kacang yang di dalamnya berisi 1000 kacang. Kemudian paman mengambil 230 kacang dari kantung tersebut, dan sisanya diberikan kepada 3 keponakannya yang bernama Tri, Roni dan Jeki. Paman mengatakan kepada 3 keponakan tersebut untuk membagikan kacang tersebut secara merata sesuai perbandingan umur mereka.

    Berdasarkan perbandingan umur mereka tersebut, ketika Tri mendapatkan empat buah kacang Roni hanya mendapatkan tiga buah kacang. Dan, ketika Tri mendapatkan enam buah kacang Jeki mendapatkan tujuh buah kacang.

    Berapakah :

    1. Jumlah kacang yang diperoleh Tri, Roni dan Jeki

    2. Berapakah umur mereka masing-masing jika jumlah umur mereka 17 tahun

  5. Misalkan n = 1234567891011121314…9899100

    Kamu diijinkan untuk menghapus 100 digit dari n, dan sebut aja n yang 100 digitnya dihapus adalah m…

    Carilah nilai maksimum dari m.

  6. Ada sebuah lahan kosong sebesar 46meter x 84 meter…

    daripada kosong, pemerintah kota berencana untuk menanami lahan tersebut dengan pohon..

    Setiap pohon harus berjarak minimal 10 meter dari pohon lainnya…

Pertanyaannya : Berapa jumlah maksimal pohon yang bisa ditanam di lahan tersebut ???

  1. Andi, Dika dan Hawkmoon pada suatu hari terjebak di dalam suatu loteng ketika sedang bermain. Pintu loteng tertutup dan tidak mungkin dibuka. Pada loteng tersebut terdapat sebuah jendela, tetapi karena loteng terletak pada lantai 4 maka tidak mungkin Andi, Dika dan Hawkmoon keluar begitu saja dari jendela tersebut.

    Satu2nya jalan keluar dari loteng adalah melalui 2 buah keranjang yang tergantung pada kerekan yang berada didekat jendela. Kerekan ini mempunyai sifat sebagai berikut:

Kerekan menggunakan prinsip keseimbangan, yang berarti ketika salah satu keranjang berada dibawah, keranjang lainnya berada di atas (disamping jendela). Jika perbedaan berat keranjang lebih dari 20 kg, maka keranjang akan turun dengan kecepatan yang terlalu tinggi sehingga bisa menyebabkan Andi, Dika ataupun Hawkmoon mengalami cedera yang cukup parah.

Jika Andi memiliki berat 110 kg, Dika memiliki berat 65 kg dan Hawkmoon memiliki berat 45 kg, dan di dalam loteng terdapat bola pemberat berukuran 25 kg, jelaskan cara yang dapat digunakan oleh Andi, Dika dan Hawkmoon dapat turun dari loteng dengan selamat dengan menggunakan kerekan tersebut.

  1. Hawkmoon mempunyai kumpulan angka2 seperti yg ditunjukkan pada gambar berikut:

    Apabila salah satu angka pada gambar tersebut dihilangkan (misalnya ditutupi pake koin), maka hawkmoon pasti tau angka yg ditutupi tersebut..

    Nah, pertanyaannya bagaimana caranya hawkmoon mengetahui angka yg ditutupi tersebut? Oya, hawkmoon tidak memiliki kekuatan sihir ataupun kemampuan otak yg sangat hebat untuk menghapal semua angka tersebut

  2. ada 2 ekor kutu, si maho & si HG

    mereka balap lari untuk menentukan siapa yang lebih jantan

    pemenangnya adalah yang mencapai finish terlebih dulu

    start__________________________________________________ ____finish

    ………………………………………….. ……..64m

    jarak yang ditempuh (x) adalah 64 meter

    si maho merayap dengan jarak 3x/8 meter tiap detiknya

    sementara si HG merayap dengan jarak 5x/8 meter tiap detiknya

    karena si HG sadar akan kelebihannya, ia memberi si maho kesempatan start 3 detik lebih awal

    3x/8 tiap detik -> menempuh 3/8 dari jarak yang tersisa

    penjelasan:

    A menempuh x/2 tiap detik dengan jarak 8 meter berarti pada detik 1 ia menempuh 8m/2 = 4m

    pada detik 2 ia menempuh (8-4)m/2 = 2 m

    detik 3 (4-2)m/2 = 1m

    pertanyaan: siapa yang akan menjadi pemenang? beri alasan

  3. Si Samsul dan Si Arifin baru saja mendapatkan hadiah karena berhasil menjadi pemenang Quiz Matematika di stasiun TV IDWS.

    Mereka akan menggunakan uang hadiah tersebut tuk rekreasi keluar negeri, namun mereka menolak tuk rekreasi bersama.

    Oleh IDWS, mereka berangkat pada hari yang sama, jam yang sama dan dari bandara yang sama.

    Si Samsul naik pesawat dengan rute ke arah Barat, sedangkan si Arifin naik pesawat dengan rute ke arah Timur.

    Selama perjalanan, si Samsul tidur pulas, dan baru bangun menjelang tiba. Setibanya di bandara tujuan si Samsul melihat jam tangannya dan berkata "Baru jam 6 sore, pemandangan sunset di atas pesawat sungguh indah". Karena penasaran si Samsul bertanya kepada pilot berapa kecepatan pesawat yang dia naiki.

    Sedangkan si Arifin, berkata "Sudah jam 6 sore, melihat 2x sunset dan 1x sunrise adalah pengalaman yang sungguh menakjubkan".

    Ketika berjumpa dengan pilot, si Arifin bertanya kepada pilot berapa kecepatan pesawat yang dia naiki.

    Pertanyaan:

    1. Apakah bandara yang dituju oleh si Samsul dan si Arifin sama ato beda? Argumennya?

    2. Jika mereka berangkat jam 6 pagi, pada hari Rabu, tanggal 7 April 2010. Hari apa dan tanggal mereka si Samsul dan si Arifin tiba di bandara tujuan? Argumennya?

    Petunjuk tambahan.

    1. Kedua Pilot berkata "kecepatan pesawat 15 derajat/2 jam".

    2. Gunakan asumsi bahwa setiap 15 derajat bujur di bumi hanya ada satu bandara saja.

    3. Diasumsikan mereka berangkat dari Indonesia, koz IDWS kan kebanggan orang Indonesia.

    4. Argumen jawaban pertama dan kedua bisa sama bisa berbeda, jika berbeda harus saling berkaitan dan saling mendukung jawaban keduanya.

    5. Jawaban harus benar dua2nya, salah satu jawaban maka dianggap salah semua (gagal).

    6. Argumen salah, maka jawaban dianggap salah.

  4. Ada 5 Orang pelaut yang terdampar pada sebuah pulau. Hanya Buah kelapa yang mereka temukan di pulau tersebut. Lalu mereka mengumpulakn semua buah kelapa yang ada dipulau tersebut.

    Menjelang malam, terkumpulah tumpukan buah kelapa. Mereka masing – masing makan 1 buah kelapa.

    Malam pun tiba dan mereka semua pergi tidur. Jam 1 malam, Pelaut pertama bangun dan pergi ke tumpukan buah kelapa tadi.

    Karena ia tidak percaya dengan pelaut lainnya maka ia membagi tumpukan kelapa tersebut menjadi 5 bagian. Setelah dibagi 5 sama rata ia menemukan 1 buah kelapa lebih. Agar pembagiannya pas, ia buang 1 buah tersebut kelaut.

    Lalu ia pergi menyembunyikan 1 bagian untuk dirinya sendiri dan menumpuk kembali 4 bagian lainnya.

    ia pun lalu pergi tidur kembali.

    1 jam setelahnya,

    Pelaut kedua bangun, karena yakin bahwa ada yg curang ia pun juga pergi ke tumpukan buah kelapa. Ia lalu membagi tumpukan tersebut juga 5 bagian. Setelah dibagi 5 sama rata, ia pun menemukan 1 buah kelapa lebih. Agar pas dibagi 5 ia pun juga membuang 1 buah tersebut kelaut.

    Ia lalu menyimpan 1 bagian untuk dirinya sendiri, dan menumpuk kembali 4 bagian lainnya.

    Ia kembali tidur.

    Jam 3, Jam 4 dan Jam 5

    3 Pelaut lainnya juga melakukan hal yang sama. Dan juga sama2 mendapatkan dan membuang 1 buah kelapa lebih dari hasil pembagian.

    Pagi pun datang,..kkkkuukuruyuuukkk

Mereka berlima pun bangun dan sama – sama pasang muka ga bersalah akan berkurangnya tumpukan kelapa.

Agar adil, mereka kembali bagi tumpukan tersebut menjadi 5 bagian. Namun setelah dibagi 5, terdapat kelebihan 1 buah kelapa lagi. Agar pembagiannya rata, 1 buah tersebut mereka berikan pada monyet yang kebetulan ada disitu.

:hosh:

Pertanyaannya :

Berapakah jumlah awal terkecil buah kelapa?

Semoga tidak terlalu susah,

Hint :

1. Semua ada di soal

2. Tentu saja dapat diselesaikan secara matematis

  1. Di negeri lalala~, tinggalah 2 orang bersaudara bernama Panjul dan meganyo

    Suatu hari, Panjul dan meganyo mau menjual koin emas peninggalan kakek moyang mereka di sebuah toko emas

    Setelah tawar menawar, pembelinya berkata "baik lah, semua koinmu gw beli. setiap koin emasmu gw kasih harga sama dengan jumlah dari koin emas yang kamu jual ke gw"

    Transaksi sukses dan mereka berdua pulang dengan riang gembiraKetika sampai di rumah, mereka membagi uang hasil penjualan mereka

    (Sebagai info, mata uang yang berlaku di negeri lalala~ adalah L)

    semua uang ditaruh di meja, meganyo mengambil 10 L, kemudian Panjul mengambil 10 L, meganyo ambil 10 L, Panjul ambil 10 L lagi, begitu terus sampe akhirnya meganyo ambil 10 L dan Panjul melihat kalo uang yang ada di meja itu kurang dari 10 L

    Panjul menangis tersedu2 karena meganyo curang dan mengangggap pembagian uangnya ga adil

Sebagai kakak yang baik, meganyo menyuruh Panjul mengambil semua uang yang tersisa di meja sekaligus memberi x L kepada Panjul sehingga pembagian uangnya adil

Panjul gak nangis lagi, dan mereka berdua hidup bahagia selama2nya

Pertanyaannya: berapakah nilai x? beri penjelasan juga!

bantuan

1. buat yang ga ngerti maksudnya si pembeli itu apa, misalnya panjul dan meganyo punya 3 koin, harga dari masing2 koin adalah 3 L

2. adil maksudnya uang hasil penjualan dibagi 2 sama rata

3. soal ini gak banyak hitungan, konsep dasarnya cuma mau menunjukan anomali dari bilangan kuadrat

4. perhatiin jalan ceritanya, jangan asal nebak…

5. asumsiin ada 0,50 L

6. nilai x cuma ada 1

  1. Zaman dahulu kala ada suatu kerajaan bernama kerajaan IDWS, pemimpin kerajaan tersebut bernama Upin. Upin memiliki seorang adik bernama Ipin yang juga menjadi raja di negara seberang, negara yang dipimpin oleh Raja Upin dan Ipin dipisahkan oleh sebuah gurun pasir yang sangat luas dan belum pernah disebangi.

    Pada suatu ketika pasukan dari troy menyerang kerajaan IDWS dengan jumlah pasukan yang sangat besar, sehingga mau tidak mau Upin harus mengirimkan seorang messenger bernama JunPyo untuk meminta bantuan dari Ipin, akan tetapi karena jalur laut sudah dikuasai oleh pasukan troy maka JunPyo harus melewati gurun pasir untuk sampai ke negara yang dipimpin Ipin.

    Untuk melewati gurun tersebut hanya dapat menggunakan alat transportasi unta, apabila satu unta hanya bisa membawa beban 8 liter air dan seekor unta menghabiskan 1 liter air untuk setiap 10 km perjalanan sedangkan JunPyo menghabiskan 1 liter air untuk setiap 20 km perjalanan, berapa ekor unta (jumlah minimal) yang harus dibawa JunPyo untuk bisa menyebrangi gurun pasir jika menurut hasil pengukuran dari satelit (maksa) gurun pasir tersebut memiliki panjang 216 KM.

Hint :

- 1 unta menghabiskan 1 liter air setiap 10 km, sehingga apabila junpyo membawa 10 unta maka unta akan menghabiskan 10 ltr air setiap 10 km.

- Junpyo tidak membawa air sama sekali.

- cukup 1 unta yang sampai ke seberang gurun, unta yang sudah kehabisan air dapat ditinggal di tengah gurun.

- sisa air dari 1 unta dapat dipindahkan ke unta yang lain.

- semakin jauh seekor unta berjalan, semakin banyak juga air yang dihabiskan..

  1. Ada sebuah kerajaan, sebut saja kerajaan huru hara. Kerajaan tersebut berniat membuat sebuah kastil baru. Namun, karena kastil baru membutuhkan bahan yang banyak, kerajaan huru hara tidak bisa membuatnya sendiri, maka ia mengadakan perjanjian dengan kerajaan hiri here. Kerjaan hiri here menyetujui mengadakan perjanjian, tetapi mereka meminta perjanjian tersebut memiliki batas waktu dan mereka mau kerajaan huru hara yang menentukan jangka waktunya. Akhirnya kerajaan huru hara menunjuk matematikawan, yang bernama cortesius untuk menghitung jangka waktu yang dibutuhkan. Syaratnya mudah, kerajaan huru hara bisa memproduksi 100 batu dan 120 H (mata uang yg digunakan untuk semua kerajaan) dalam 1 hari, sedangkan kerajaan hiri here bisa memproduksi 125 batu dan 100 H dalam 1 hari. Batu yang diperlukan untuk membangun kastil tersebut adalah 2000 batu. sekarang, untuk membantu cortesius,

    berapakah jangka waktu minimal untuk perjanjian tersebut? (klo bsa, kasih perhitungannya / alesannya juga)

    titipan dkit(penting tolong di baca, dah ada 1 korban):

    *harga 1 batu = 2 H –> isi perjanjiannya

    *pengiriman batu bebas, hanya sesuai peraturan di bawah

    *pada hari ke 1-4, dan kelipatannya (8-11), batu yg bisa dikirimkan maksimal 50, sedangkan hari ke 5,12,19,… bisa infinite (bsa berapa aja), hari ke 6 & 7, 13 & 14,… libur (khusus kerajaan hiri here, kerajaan huru hara gak ada libur, jd 100 batu masih diproduksi)

    *satuan yang digunakan hari (mis. lama perjanjian 30 hari)

*Tambahan dr pejagalan :

gini deh,

duitnya itu buat ngebayar batu yg dikrim dr kerajaan hiri here,

jd anggapannya, isi perjanjiannya tuh harga 1 batu = 2 H

cuma kerajaan hiri here, gak mau itu berlaku selamanya,

jadi, dia minta bates perjanjiannya

kemudian,

kedua kerajaan itu dah berdiri lama,

jd pasti dah ada stock batu,

cuma kta anggap aja hr pertama itu dah ada batunya, jd bsa langsung krim

  1. Sebuah kontraktor, diminta untuk membuat tangga darurat di belakang sebuah gedung bertingkat.

    Si pemilik gedung lupa tinggi gedung dan gak bisa matematika, dia cuma ngasih info ke kontraktor, gedung saya berlantai 15.

    Atap gedung terdapat helipad ditengah2 atap dan di kelilingi pagar kawat setinggi 2 m.

    Lantai dasar setinggi 5 m, lantai yang lain rata2 3.5 m, tebal lantai 0.5 m, tebal atap 1 m, tinggi helipad 1.5 m

    Tinggi lantai dasar dari jalan raya 1.5 m, jalan di belakang gedung lebih tinggi 0.5 m dari jalan raya.

    Bila setiap anak tangga tingginya 20 cm, berapa jumlah anak tangga dibutuhkan untuk membuat tangga darurat dari atap

    hingga bawah???

  2. Pada suatu hawkmoon dikejar2 oleh seekor anj1ng yg sangat ganas. Singkat cerita akhirnya hawkmoon terkurung dalam sebuah lapangan berbentuk lingkaran dengan jari2 R yg dibatasi oleh sebuah pagar. Anjing tersebut tidak dapat melewati pagar dan masuk ke dalam lingkaran. Untuk menjunjung fair play, posisi hawkmoon pertama kali tepat berada di tengah lapangan dan posisi anj1ng seperti yg ditunjukkan pada gambar berikut:

    Ketika hawkmoon berusaha keluar melalui pagar, maka secara insting anjing tersebut akan mengejar hawkmoon. Pokoknya intinya anj1ngnya akan berusaha mengejar mendekati hawkmoon melalui jarak yg paling dekat, bisa bergerak ke kanan atau ke kiri. Klo diilustrasiin kaya gambar berikut:

    Nah kabar buruknya itu si anj1ng memiliki kecepatan gerak 4 kali lebih cepat dari hawkmoon. Nah tolong donk bro & sis, bantuin cariin strategi biar hawkmoon bisa keluar dari pagar dengan selamat.

  3. Si Paol diminta tuk mengisi air di 2 kolam milik majikannya, dengan kapasitas 216liter dan 864 liter.

    Agar cepat selesai, si Paol menggunakan 6 kran air sekaligus yang ada di rumah majikannya.

    Kolam pertama selesai dalam waktu 6 jam. Kolam kedua, setelah kolam terisi separuh, ternyata 3 kran air mati.

    Berapa lama lagi waktu yang dibutuhkan paol untuk menunggu hingga kolam kedua terisi penuh hanya dengan 3 kran tersisa.

  4. Diketahui n^2 + n + 2010 adalah bilangan kuadrat sempurna dan n juga bilangan bulat positif

    Berapakah nilai dari n?

  5. Ada seorang suami dan istri yang memiliki 2 orang anak.

    Kita sebut saja mereka "suami", "istri", "anak a" dan "anak b"

    Pada saat ini umur anak a dan umur anak b berbeda 2 tahun, sedangkan suami dan istri berbeda 6 tahun

    15 tahun kemudian anak a umurnya 1/3 dari umur istri, sedangkan umur suami adalah 7/3x lipat umur anak b..

    Jika anak b lebih tua dari anak a dan suami istri itu menikah 5 tahun lalu, berapa umur suami dan istri masing2 saat menikah?!?

  6. Hawkmoon mempunyai 5 buah kartu seperti berikut:

Dengan menggunakan kelima kartu tersebut hawkmoon dapat menebak tanggal ulang tahun seseorang. Caranya dengan menunjukkan kelima kartu tersebut pada seseorang dan kemudian orang tersebut menunjukkan tanggal ulang tahunnya ada di kartu berapa. Jadi misalnya seseorang tersebut mengatakan tanggal ulang tahunnya berada pada kartu nomor 2 dan 5, maka hawkmoon bisa menebak bahwa ulang tahun orang tersebut adalah tanggal 18. Nah pertanyaannya bagaimana caranya hawkmoon menebak tanggal ulang tahun orang tersebut.. Oya klo bisa sekalian dijelasin ya itu angka pada kartu dapetnya darimana.. Misalnya kok angka baris 1 pada kartu 1 angkanya 1, 3, 5, 7 sedangkan pada kartu 2 angkanya 2, 3, 6, 7 dan seterusnya..

  1. Di negeri dulus,semuanya saling berbagi secara adil tanpa paksaan dan memberi,

    Rakyat nya hidup tenang, orang2 besar akan selalu di contoh orang2 kecil

    Dan terdapat 7 guci legenda yang tersegel rapat(ntah dimana keberadaanya) ~

    Sampai akhirnya bilbil(rakyat dulus) tidak sengaja

    Menemukan naskah kuno misteri 7 guci dan guci tersebut

    Yang isi pesannnya adalah,

    Wahai pemuda / pemudi

    Aku lah raja ke 7 negeri ini,

    Dulu negeri ini hampir hancur,

    **********************(tulisannya tidak dapat dibaca)

    **********************(tulisannya tidak dapat dibaca)

    Hancurkan lah guci tsb yang mempunyai

    10325 emas , 2534 perunggu, 150 perak.

    Maka 7 warna di langit akan muncul~

    Ingat jangan sampai salah menghancurkan guci,

    Jika hal ini salah maka 6 setan akan lepas dari guci yang lain

    Dan membawa bencana terhadap 7 langit…~

guci yang manakah yang harus dihancurkan?

hint : perak = 7 perunggu, emas= 1/7 perunggu

  1. Berapakah jumlah maksimal mobil berasal dari Jakarta berdasarkan format plat nomor (B tentunya) yang berlaku hingga saat ini?

Hint:

- gw pake jakarta krn jakarta lbh variasi angkanya

- ingat format plat nomor kendaraan di jakarta, seperti ini "B AAAA HHH"

- A = angka (0-9) H=huruf (A-Z) kecuali H pertama, sesuai pertaruran yg berlaku, hanya bsa diisi oleh huruf U, S, T, B, P

- ingat plat nomor kendaraan mobil di jakarta ada berbagai macam tipe, "B 1234 KH" "B 1 H" "B 2" (tanpa disertai huruf di belakangnya) "B 123 AA" "B 1234 PUJ" dsb, kecuali tidak ada format plat nomor kendaraan "B doank" ato "B A" (B hanya dengan 1 hruf)

- jawaban paling simpel dan lebih akurat, telepon polisi trus tanya, "pak jumlah mobil yang ada di jakarta sekarang brp ya pak? yg on the road"

- pelajaran SMP 3 tepatnya

- jebakannya ada, tp bukan gw yg buat, klo mw marah, marah ke polisi ya, yg buat jebakan dia soalnya

- inget pelajaran mat, di mana 0 = tidak tertulis, jd "B 0" = "B doank" = "B 00" = "B 000" = "B 0000", "B 0 A" = "B A"

- beda dengan kasus "B 10" "B 100" 0nya dianggap

  1. Dari bilangan {2^0, 2^1, 2^2, 2^3, …, 2^2009}, berapa bilangan yang digit pertamanya 4? (hint: 2^2010 itu digit pertamanya 1, dan 2^2010 mempunyai 606 digit)

  2. soal: letakkan "x" sehingga dalam 64 kotak ini ada 8 buah "x" yg tidak saling ‘menabrak’

perkenalkan= x:

x memiliki jalur horizontal-vertikal, dan diagonal

rasanya dalam 1 minggu gambarnya ga bakalan hangus

dikatakan ‘menabrak’, apabila ada x lain yang ada di jalur x tersebut (di warna kuning atau biru)

btw, karna kurasa terlalu gampang, maka kutambahin satu syarat:

mulailah dengan x di titik F5

jawaban bisa lebih dari satu. bisa dicoba pake excel, atau di kertas.

cara menjawab, tinggal kasih koordinat x aja. misalnya

F5, A1, C2, E4, G8, H1, dst…

  1. Di sebuah taman wisata air, dibangun sebuah luncuran air ditengah2 kolam air dengan tinggi 128 meter dari permukaan air. Luncuran air dibuat berputar sebanyak 16 kali putaran dengan diameter 16 meter. Pertanyaannya, Berapa panjang lintasan luncuran air tersebut.

  2. Inti bumi bagian luar merupakan salah satu bagian dalam bumi yang melapisi inti bumi bagian dalam. Inti bumi bagian luar mempunyai tebal 2250 km. Inti bumi bagian luar terdiri atas besi dan nikel cair dengan suhu 3900 C.

    Sedangkan Inti bumi bagian dalam merupakan bagian bumi yang paling dalam atau dapat juga disebut inti bumi. inti bumi mempunyai tebal 1200km dan berdiameter 2600km. Inti bumi terdiri dari besi dan nikel berbentuk padat dengan temperatur dapat mencapai 4800 C

Nah, pertanyaannya, berapa volume lapisan inti bumi bagian luar?

  1. Seorang ahli arkeolog dari Amerika Latin, Prof Aurelia. Aurita, menemukan sebuah batu Yang luar biasa bulat…. kebulatannya nyaris 100%… Saking penasarannya, dia ingin mengukur massa jenis batu itu… Tapi sayangnya, alat nya kurang memadai… Namun dia dan kru nya mempunyai sebuah chip yang mampu mendeteksi perputaran bola, dengan cara menempelkannya ke permukaan bola tersebut —–> cara kerja chip nya adalah setiap bola mengalami rotasi 1 kali, maka chip nya akan mencatat satu kali pergerakan pula….. Dari sinilah, dia menemukan cara untuk mendeteksi massa jenis batu aneh yang setelah ditimbang mempunyai berat skitar 5 Newton dengan cara yang aneh pula…

    Dengan nekad dia buat sebuah bidang miring raksasa yang tinnggi nya (puncak) mencapai 192,5 m dari dasar…. sementara para kru nya meletakkan Batu bulat itu ke atas Puncak bidang miring, Prof. Aurelia. Aurita mengukur juga sudut elevasi dari ujung bidang miring di bawah sampai ke puncak dengan Teodolit (semacam alat pengukur sudut) , dan hasil nya pas 30 derajat…..

    Setelah persiapan matang, Kru nya mulai menggelindingkan batu itu…. Dan Bola menggelinding dengan Lurus, tanpa halangan dan tanpa ada pembelokan, dengan kecepatan tetap, yaitu 35 m/s, dan percepatan = nol…

    Sampai di dasar, profesor menangkap Batu tersebut dengan sebuah bahan empuk hingga selamat dan tidak ada pengikisan 1 mm kubik pun dan mendapatkan chip yang dipasangkannya menunjuk ke angka 125 pas…

    Nah dari sisnilah, Sang Professor menganalisa Massa jenis batu tersebut….Kemudian, batu setelah di ukur massa jenis nya, Professor tersebut ingin membungkus batu tersebut dengan suatu bahan kain yang ukuranya pas dengan Batu Bola itu….Dan saking happy nya, dia namakan Batu tersebut sebagai

    "Tyannium"

    Nah, skarang brapakah Massa jenis batu itu dan brapakah luas kain paling minimal yang diperlukan untuk membungkus Batu Bola itu?

  2. alkisah bil telat datang sewaktu ulangan harian (fiksi )(jam mulai 10.00 tapi bil datang jam 11.11, waktu dikumpulkan jam 11.15),semua teman2nya sudah pada selesai mengerjakan soal , karena waktu tinggal 4 menit lg.. maka bil mengemail teman2 idws nya untuk membantunya…

    salah satu soal yang masuk ke email saya adalah ini

    pesan bill : norma = panjang suatu vektor cmiiw

Code:

cari 2 vektor bernorma 1 yang ortogonal terhadap tiga vektor :

u = (2,1,-4,0),

v = (-1,-1,2,2), dan

w = (3,2,5,4)

cepat tolong bill!

  1. Jika x dan y adalah bilangan bulat bukan nol, tentukan banyaknya solusi dari persamaan (x^2 + y)(x + y^2) = (x+y)^3

  2. Jika f((x-3)/(x+1)) + f((x+3)/(1-x)) = x ; x tidak sama dengan 1 dan -1, tentukan fungsi f(x)

  3. ada 2010 kartu…

    masing2 kartu depannya berwarna hijau, bagian belakangnya berwarna pink…

    untuk mengisi waktu luang, meganyo dan panjul membuat sebuah permainan menggunakan 2010 kartu itu…

    caranya gini, semua kartu dibalik sehingga berwarna pink semua, kemudian dijejerin dalam 1 baris…

    panjul mulai duluan…

    panjul milih satu kartu yang berwarna pink, kemudian kartu yang dipilih itu bersama2 dengan 49 kartu yang ada di kanannya dibalik

    kemudian giliran meganyo, milih 1 kartu berwarna pink, dan ngelakuin sama kayak yang dilakuin panjul…

    gitu terus, giliran, sampe akhirnya ada 1 pemain yang gak bisa memilih kartu pink atau gak bisa membalik 49 kartu di kanannya, dan pemain ini dianggap kalah…

pertanyaan resminya (difficulty: mudah), bisakah Panjul membuat permainan ini draw, alias masing2 dari pemain bisa bermain terus?

pertanyaan gak resminya (difficulty: sangat susah), apakah ada cara biar Panjul bisa selalu menang?

  1. di suatu kerajaan diadakan suatu perlombaan untuk mencari orang yang cerdas lagi bijaksana. berhubung hadiahnya adalah pemenang akan diberikan satu saja keinginannya apapun itu, maka banyak sekali orang yang mendaftarkan diri. namun berhubung setiap tahap dari perlombaan ini sangat sulit, ketika sudah sampai final hanya tersisa satu orang. nama finalis tersebut adalah Noyce.

    dan sesuai dugaan, soal di final ini adalah soal yang paling sulit.

    "Di hadapanmu ada 6 orang wanita yang datang dari satu negara asing" ucap sang raja kepada noyce, "di antara 6 orang ini, 2 orang aku perintahkan untuk selalu berkata jujur dan 4 orang kuperintahkan selalu berkata bohong. kamu boleh memberikan tidak boleh lebih dari 4 pertanyaan, masing2 pertanyaan hanya boleh diberikan kepada salah satu wanita tersebut.

    "pertanyaan pertamamu hanya boleh melibatkan wanita yang ditanyakan itu sendiri, pertanyaan keduamu boleh melibatkan satu orang wanita selain wanita yang kamu tanyakan, pertanyaan ketiga boleh melibatkan dua selain yang ditanyakan, pertanyaan ke 4 boleh melibatkan 3 orang, .

    "Jadi contohnya, pada pertanyaan ke 3 kamu boleh bertanya sekali ke wanita pertama apakah wanita ke 2 dan ke 3 adalah orang jujur?" raja memberikan contoh, "tapi kamu tidak boleh menanyakan ‘apakah wanita ke 2, 3, dan 4 adalah orang jujur?’ sebagai pertanyaan ke 3.

    "nah, silahkan mulai berpikir." ucap sang raja.

    Noyce lalu memejamkan matanya, duduk bersila, lalu memutar telunjuknya di atas kepalanya 2 kali lalu diam. (ada BGM *tuk tuk tuk tuk tuk….* )

    kemudian matanya terbuka dan ia menemukan jawabannya.

    noyce langsung beranjak ke hadapan wanita pertama dan bertanya: "apakah kamu orang jujur?"

    wanita itu membuka mulutnya, lalu menjawab. sayangnya jawabannya dalam bahasa asing yang tidak dimengerti noyce.

    setelah noyce mengatakan kepada raja bahwa dia tidak mengerti bahasa asing, raja menyuruh ke 6 wanita tersebut untuk menjawab pertanyaan pertanyaan berikutnya dengan bahasa indonesia.

    tanpa gentar, noyce beralih ke wanita ke 2 dan bertanya, "apa jawaban yang dikatakan oleh wanita pertama tadi?"

    wanita kedua menjawab, "wanita pertama mengatakan bahwa dia orang jujur"

    lalu noyce beralih ke wanita ke 3, "apakah wanita ke 2 dan pertama orang jujur atau pembohong?"

    wanita ke3 menjawab, "ke dua orang tersebut adalah pembohong."

    sambil tersenyum, setelah 3 pertanyaan, noyce langsung menghadapi raja dan mengutarakan jawabannya. dan ternyata jawabannya benar.

Pertanyaan dari soal ini, (mudah) sebutkan alasan bagaimana noyce bisa memberikan jawaban. dan kasih juga wanita keberapa aja yang pembohong dan yang keberapa aja yang jujur.

  1. Carilah rute untuk kuda agar dia bisa kembali ke kotak asalnya setelah melewati semua kotak lain satu kali! Kotak asal bisa di mana saja.

  2. Dengan menggunakan angka 1, 3, 4, dan 6

    hasilkanlah angka 24

    Setiap angka harus digunakan tepat satu kali

    Setiap operasi +, -, , dan dapat digunakan lebih dr satu kali,atau tidak digunakan

    Boleh menggunakan tanda kurung ()

    Tidak diperbolehkan kombinasi angka

    contoh: 24 = 3 (14 – 6)

    Tidak diperbolehkan faktorial

    contoh: 24 = 6! / 4! – 3! x 1

    Tidak diperbolehkan menggunakan pangkat

    contoh: 24 = 1^3 x 4 x 6

    atau 24 = 6 x (3-1) x akar 4 -> karena akar 4 = 4 ^ 1/2

    Tidak diperbolehkan menggunakan logaritma

    contoh: 24 = 4 x 6 + 3 log 1

    Angka yg dihasilkan tepat 24,tidak ada desimal

  3. ngerti game minesweeper kan??

    kalo ga ngerti bisa dicoba sendiri di kompi yg ber-os Window/Linux (Mac kaga tau karena ga pny) ato liat Dengan menggunakan angka 1, 7, 7, 7 dan 7 hasilkanlah angka 100

    satunya ada 1, tujuhnya ada 4

    Setiap operasi +, -, , dan dapat digunakan lebih dr satu kali,atau tidak digunakan

    Boleh menggunakan tanda kurung ()

    Tidak diperbolehkan kombinasi angka

    contoh: 100=177-77

    Angka yg dihasilkan tepat 100,tidak ada desimal

  4. Cari semua solusi dari 3^x + 4^y = 5^z

    untuk x, y, dan z bilangan bulat..

  5. Belum lama ini Desa Akiyama terserang sebuah wabah akibat kaburny seekor serangga yg ahli dalam membelah diri dari sebuah rombongan sirkus keliling.

    Serangga ini akan membelah diriny menjadi 4 dalam selang waktu 24 jam, tetapi akan mati tepat sesaat setelah membelah diri untuk kedua kalinya dan menyebarkan bau busuk.

    4 hari telah berlalu sejak serangga itu kabur dari rombongan sirkus, dan besok seluruh penduduk desa akan berkumpul untuk membasmi semua serangga2 tersebut dan mengumpulkan bangkai2 serangga yang sudah mati agar baunya tidak menyebar.

    Pertanyaan :

    Berapa jumlah serangga yg hidup dan juga yg mati yg harus dikumpulkan oleh para penduduk Desa Akiyama ?

  6. a,b,c,d,e adalah 5 bilangan bulat positif berbeda. jika

    a+b+c+d=11

    d+b+c+d=12

    e+b+c+d=13

    berapakah nilai maksimum dari b+c+d

  7. The Story

    Onizuka, sang guru gokil sedang membuktikan kepada murid-muridnya yang bandel bahwa jarak adalah hasil kali kecepatan dengan waktu.

    Saking parahnya, Onizuka akhirnya memberi ujian dengan mempraktekkannya di depan murid-muridnya.

    Dia mengambil kendaraannya kemudian melakukan perjalanan dari Tokyo – Osaka. (lebay)

    Setengah jarak pertama perjalanannya, dia mengemudi dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam

    Setengah jarak berikutnya dia mengemudi dengan kecepatan rata-rata 120 km/jam

    Question:

    Berapakah kecepatan rata-rata The Great Driver Onizuka dari awal hingga akhir perjalanan?

  8. Di suatu kota, terdapat sebuah museum yang sedang mengadakan pameran jam antik. Andi pergi ke museum ini.

Setiba di museum, mata Andi tertuju pada 2 jam antik berwarna putih dan hitam.

Andi merasa jam itu unik dan memutuskan untuk tetap memperhatikan jam itu.

1 jam kemudian, jam putih menunjukkan pukul 12.59. Sedangkan jam hitam menunjukkan pukul 1.01. Saat Andi melihat jam itu pertama kali, kedua jam menunjukkan waktu yang sama, yaitu pukul 12.00.

Berdasarkan cerita diatas, jika kecepatan kedua putih dan hitam tetap, berapa lama waktu yang dibutuhkan agar kedua jam itu menunjukkan waktu yang sama?

  1. diberikan sebuah segitiga ABC dengan sudut ABD = 20, sudut DBC = 60, sudut ECB = 50, sudut ECA = 30 (semuanya dalam satuan derajat)

    Pertanyaannya, tentukan besar sudut EDB (tolong kasih cara untuk menemukan jawabannya juga)

  2. Ada 32 orang yang akan mengadakan permainan "Pesan Berantai".

    Dalam permainan ini, satu orang harus memberikan pesan ke seluruh pemain lainnya. Sebelumnya sumber pesan membutuhkan waktu 1 menit untuk membuat pesan. Dibutuhkan satu menit untuk memberikan pesan ke pemain lain, dan dalam memberikan pesan, hanya satu orang yang dapat mendengarkan pesan itu.

    Dengan itu, jika mereka berniat untuk bermain selama satu hari penuh (24 jam), berapa kalikah permainan "Pesan Berantai" akan terjadi?

  3. Diketahui persamaan :

    a + 2b + c – d = 13

    a + b + 2c + 4d = 8

    4a + 3b + 2c = 20

    hitung a + b + c + d!

  4. 17 agustus kemarin, diadakan sebuah lomba benar salah di sebuah kota dengan hadiah sebesar 10 juta Dollar yang di sponsori Yagiri Corp…

    Peraturannya mudah, peserta hanya tinggal memilih benar atau salah dari pertanyaan yang diberikan juri, peserta yang salah menjawab akan tereliminasi

    sementara peserta yang menjawab benar maju ke pertanyaan selanjutnya

    Perlombaan berlangsung ketat, banyak fakta yang menarik selama pertandingan tersebut…

    sayangnya, sang wartawan dengan bodohnya menerbangkan dokumen2 catatan2 pertandingan tersebut

    untung sebagian data berhasil diselamatkan, yaitu :

# 5 orang gagal di pertanyaan ke 5

# lebih dari 100 kontestan turut serta dalam permainan ini

# ada kejadian kejadian dimana jumlah peserta yang gagal sama dengan nomor pertanyaan sebelumnya

# 53 orang tersisa di pertanyaan ke 6

# jumlah orang yang gagal di pertanyaan pertama sama dengan jumlah orang yang tersisa di pertanyaan ke 12

# dari list jumlah peserta gagal ada 4 pertanyaan dimana peserta gagal nya merupakan bilangan prima yang lebih besar dari dua

# ada 2 kejadian dimana peserta gagal lebih dari 15 orang

# 30 orang tersisa di pertanyaan ke 10

# bilangan prima dari jumlah peserta yang gagal di masing2 pertanyaan tidak lebih dari 17

# jumlah orang tersisa di pertanyaan ke delapan di tambah jumlah orang gagal di pertanyaan ke 6 adalah 38 orang

# 16 orang gagal di pertanyaan ke tujuh

# 13 orang gagal di pertanyaan ke empat

# kadang-kadang ada peserta yang mengamuk dan melempar barang2

# tidak ada peserta yang mengundurkan diri di tengah permainan

# 16 orang gagal mengikuti pertanyaan ke 12

# sponsor dari permainan ini hanya menyediakan tiket peserta untuk 200 orang

# sisa orang di pertanyaan ke 11 terdiri n pria dan n wanita

# sebelum pertanyaan ke enam dibacakan, 57 orang tersisa

# total jumlah peserta adalah bilangan bulat

# di pertanyaan ke 12 jumlah orang gagal tidak lebih dari 10 orang

# 8 orang gagal di pertanyaan ke 3

# Juri kaget saat mengetahui bahwa di pertanyaan ke 7, jumlah orang yang gagal 4x dari pertanyaan sebelumnya

# semua bersorak melewati pertanyaan ke 10

# tiket yang disediakan sponsor tidak laku seluruhnya

# sisa orang di pertanyaan pertama di kurangi sisa orang sebelum pertanyaan ke lima sama dengan sisa orang di pertanyaan ke tujuh di kurangi satu

Setelah melewati 13 pertanyaan yang berat dari juri, akhirnya Tanaka Taro berhasil memenangkan perlombaan tersebut dan membawa pulang 10 juta Dollar wow!

Berapakah jumlah peserta yang turut serta dalam perlombaan tersebut dikali dengan peserta yang gagal di pertanyaan ke 12?

  1. A_B_C_D_E_F_G-H_I -J_K-L_M-N-O-P_Q_R_S

    ________________________________________________

    |o o o o o o o o o o o o o o o o o o o| 1

    |o o o o o o o o o o o o o o o o o o o| 2

    |o o o o o o o o o o o o o o o o o o o| 3

    |o o o o o o o o o o o o o o o o o o o| 4

    |o o o o o o o o o o o o o o o o o o o| 5

    |o o o o o o o o o o o o o o o o o o o| 6

    |o o o o o o o o o o o o o o o o o o o| 7

    |o o o o o o o o o o o o o o o o o o o| 8

    |o o o o o o o o o o o o o o o o o o o| 9

    |o o o o o o o o o o o o o o o o o o o| 10

    |o o o o o o o o o o o o o o o o o o o| 11

    |o o o o o o o o o o o o o o o o o o o| 12

    |o o o o o o o o o o o o o o o o o o o| 13

    |o o o o o o o o o o o o o o o o o o o| 14

    |o o o o o o o o o o o o o o o o o o o| 15

    __________________________________________________

    Aturan Main :

    - Start ( langkah ke-0 ) = o dan Finish ( langkah terakhir ) = o

    - o tidak dapat dilewati, hanya o yg saling berseberangan yg bisa dilewati.

    contoh : dari A1 hanya bisa ke C3, tidak bisa ke C1,ataupun A3

    - Contoh perhitungan langkah : dari A1 – C3 – E5 – G3 = 3 langkah

    - Setiap lingkaran tidak dapat dilewati lebih dari satu kali

    __________________________________________________

Pertanyaan

Ada berapa kombinasi jalur dari Start ke Finish yg tepat berjumlah 11 langkah ?

Segitiga ABC siku-siku di A dan D pertengahan BC. Titik F membagi dua sama panjang sisi AB, sedangkan titik E dan G berturut-turut membagi AF dan FB menjadi dua bagian yang sama panjang. Garis AD memotong garis hubung CE, CF, dan CG berturut-turut di titik P, Q, dan R. Berapa nilai perbandingan PQ : PR?

  1. Sebuah perahu berada 100 km dari pelabuhan. karena menabrak karang, perahu tersebut bocor sehingga air dapat masuk ke dalam perahu sebanyak 4 ton air setiap 4 menit. Karena banyaknya penumpang dalam perahu, maka perahu tersebut akan tenggelam jika perahu kemasukan 100 ton air. Jika perahu tersebut mempunyai sebuah pompa yang dapat mengeluarkan air dengan kapasitas 10 ton per jam, berapa kecepatan minimal perahu tersebut untuk mencapai pelabuhan agar tidak tenggelam?

  2. Seusai latihan di Ruang dan Waktu tak terbatas di tempat Dewa, Bezita, seorang manusia saiya ingin menjajal kecepatan tubuh nya kepada piccolo, seorang namekians. Mereka ingin mengadu kecepatan terbang mereka untuk dapat sampai ke tempat Songoku di Kame House yang berjarak 36000 KM dari tempat dewa tersebut . Namun seperti biasa, Bezita terlalu sombong dan mempersilakan Piccolo untuk terbang terlebih dahulu. Setelah mengatakan pada Bezita bahwa dia akan menyesal karena mempersilahkan nya terbang lebih awal, ia pun terbang tanpa percepatan dengan kecepatan tetap. Setelah menunggu dan pemanasan selama 1440 detik, Bezita pun segera berubah menjadi manusia Super Saiya, dan terbang dengan kecepatan tetap tanpa percepatan sebesar 5 kali lipat dari kecepatan terbang Piccolo. Namun pada akhirnya mereka pun tiba di Kame House dengan waktu yang bersamaan. Songoku pun mennyambut kedatangan tamu nya dengan ceria.

    Berapakah waktu yang akan mereka berdua tempuh dengan kecepatan mereka tersebut agar sampai di tempat Cell’s Arena yang berjarak 100000 KM dari Kame Hause? dan berapa lama Bezita menunggu datang nya Piccolo jika mereka berdua terbang di saat yang bersamaan dari Kame Hause?

  3. LOMBA BALAP

    Pada suatu hari, di sebuah hutan, terdapatlah seekor singa dan seekor cheetah.

    Mereka berdua akan mengadakan balap 200 yard. Pertama mereka harus berlari 100 yard, berbalik, lalu kembali ke titik START sejauh 100 yard, sehingga totalnya menjadi 200 yard.

    Cheetah dapat melompat 3 yard dalam 1 kali loncat, di mana Singa hanya dapat melompat 2 yard dalam sekali loncat. Untuk mengatasi ini, Singa melompat 3 kali untuk setiap 2 kali loncat Cheetah.

    Nah, jika dianggap bahwa balapan selalu berlangsung seperti ini, siapakah yang akan menang? Atau apakah balapan ini berakhir seri? Jelaskan!

  4. Ada sebuah permainan. pertama2 mari gw jelasin ini permainan kek gimana.

    ada sebuah deck kartu biasa yang isinya ada 52 kartu.

    nah,

  • dari deck kartu tersebut saya ambil 2 buah kartu.

  • lalu saya masukkan satu buah kartu joker di antara 2 kartu yang saya ambil

  • saya acak 3 kartu tersebut

  • saya jejerkan terbalik sehingga situ gak tau posisi kartu joker. sementara saya tau pasti masing2 kartu yang tertutup.

situ dipersilahkan menunjuk satu kartu lalu beri saya pertanyaan ya dan tidak.

kalau misal kartu yang situ tunjuk:

  • Kartu biasa maka saya akan berbohong

  • Joker maka saya akan menjawab sesuka hati secara random.

nunjuk dan kasih pertanyaan bisa berkali2.

Situ menang apabila bisa membuka satu kartu yang bukan joker.

Pertanyaannya:

Berapa probabilitas kemenangan setelah 1 kali menunjuk kartu? (artinya: setelah 1 kali nanya pertanyaan ya dan tidak, langsung ngebuka salah satu kartu) dengan alasannya ya :D

  1. ada sebatang pohon ajaib yang setiap tahun ketinggiannya bertambah 1% dari ketinggian pohon tersebut pada tahun sebelumnya.

    pertanyaan: berapa ketinggian pohon ini setelah 100 tahun jika tahun ini ketinggiannya 1 meter?

  2. Kapasitas tangki bahan bakar suatu mobil adalah 80 Liter. setiap menempuh perjalanan sejauh 100Km, mobil tersebut menghabiskan 8 Liter bahan bakar jika jalanan dalam keadaan lancar. Jika dalam keadaan padat, mobil tersebut sedikit boros dan mengkonsumsi 10 Liter untuk setiap 80 Km. Mobil tersebut digunakan untuk menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Tegal sejauh 428 Km. Ketika memulai perjalanan, tangki mobil tersebut penuh bahan bakar. Kecepatan mobil saat lancar adalah 100Km/jam dan saat lambat adalah 20Km/jam Pertanyaannya adalah, cukupkah bahan bakar untuk mobil tersebut, jika mobil terjebak kemacetan selama 3 jam ?

1

11

21

1211

111221

312211

13112221

PERTANYAAN

Tuliskan 2 baris selanjutnya!

  1. SOAL

    Seorang guru Matematika di suatu SMA internasional ( imajinasi terlalu tinggi) menuliskan sebuah soal kepada siswanya dan mengatakan, "Siapa yang berhasil menyelesaikan soal ini akan saya beri hadiah!" Tentu saja semua murid langsung terkejut, dan mereka memutuskan untuk mencoba menjawab soal yg akan diberikan guru itu.

    Kemudian si guru menuliskan sesuatu di papan tulis:

    FIVE PLUS SIX PLUS SEVEN =

    Semua murid terkejut melihat soal itu, karena mereka tak menyangka guru mereka akan memberi soal semudah itu. Sayang anggapan itu langsung berubah ketika sang guru mengatakan, "Tentukan jawabannya dalam huruf, lalu buang 7 huruf dari soal itu dengan syarat huruf-huruf yang tersisa masih memberikan pertanyaan yang benar! Setelah itu, buang 12 huruf lagi agar huruf-huruf yang tersisa MASIH memberikan pernyataan yang benar!"

    Nah, silakan menjawab pertanyaan yg diberikan guru itu.

  2. Tentukan semua solusi bilangan real x untuk persamaan

    x^2 + 1/(x^2) = 2011^2 + 1/2011^2

  3. Emil melakukan 500 kali kalkulasi eh ternyata dia bikin 25 kali eror,tp cm dia yg tau..

    Bosny Ciko dateng,truz ngecek hsl kalkulasi Emil,dia cuma ambil 7 dr hasil kalkulasi..

    Berapa peluang ditemukannya 2 eror oleh Ciko

  4. 2010(x-y) + 2011(y-z) + 2012(z-x)=0

    2010^2(x-y) + 2011^2(y-z) + 2012^2(z-x)=2011

    maka z-y=….

  5. n adalah alalah bilangan bulat positif, tentukan nilai m agar untuk berapapun bilangan bulat positif n akan menghasilnya bilangan kuadrat dari persamaan di bawah ini

    (n-1)(n-4)(n-8)(n+3)-2011+m

  6. Ceritanya si Abdul lagi mencari harta karun yang tersimpan di dalam sebuah gua yang sangat aneh. Yang bikin aneh adalah gua itu terdiri dari banyak persimpangan, dan tiap persimpangan memiliki arah tertentu. Jika satu persimpangan terdapat tanda panah ke kanan, maka persimpangan tersebut HANYA dapat dilalui ke kanan, dan sebaliknya. Jika Abdul ingin ke sebelah bawah tapi tidak ada panah ke bawah di simpangan tersebut, maka Abdul tidak bisa melewatinya. Peta yang Abdul punya adalah seperti di bawah ini.

  7. Tentukan rumus umum ( U(n) ) dari barisan bilangan berikut

    1, 1, 1, 2, 1, 4, 1, 8, 1, 16, 1, 32, ….

    note: satu rumus, bukan yang sepotong-sepotong (piecewise)

  8. Misalkan Anda mempunyai angka 4, ubah angka tersebut menjadi penjumlahan / pengurangan / perkalian / pembagian / pangkat atau apapun yang hanya menggunakan angka 4, sehingga hasilnya angka 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10!

    Contoh = 4 : 4 hasilnya 1

    (4 : 4) + (4 : 4) hasilnya 2

    ….. dst

    Maksimal menggunakan 5 angka 4 dalam sebuah kalimat matematika. Good luck!

    *ini ga terlalu susah kok hehe*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>