KISI KISI UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMP/MTs – Bank Soal

KISI KISI UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMP/MTs  KOMPETENSI  INDIKATOR Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi bilangan berpangkat atau bentuk akar. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial sederhana. 1. Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, bilangan akar, aritmetika sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret. Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu variabel. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi. Menentukan gradien, persamaan garis, atau grafiknya. 2. Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan linier, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem persamaan linier, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel. Menyelesaikan masalah menggunakan teorema Pythagoras. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua garis: besar sudut (penyiku atau pelurus). Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis- garis istimewa pada segitiga. Memahami konsep kesebangunan, sifat dan unsur bangun datar, serta konsep hubungan antarsudut dan/atau garis, serta  menggunakannya dalam pemecahan masalah.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan dua lingkaran. Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang. 3. Memahami sifat dan unsur bangun ruang, dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas permukaan bangun ruang.
Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 4
NO KOMPETENSI  INDIKATOR Menentukan ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.  4. Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data. 5. Memahami konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.
Kompetensi–Standar

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>