Jaringan Parenkim dan Jaringan Epidermis – Bank Soal

Jaringan parenkim terletak di antara jaringan yang lainnya. Jaringan ini merupakan jaringan terbesar yang terdapat pada tumbuhan karena terdapat pada berbagai organ pada tumbuhan. Jadi jaringan ini disebut (11. ………………….).
Sifat-sifat jaringan parenkim Antara lain sel berukuran besar, letak sel renggang sehingga terdapat rongga intraseluler, dan sebagai tempat menyimpan makanan.
Contoh parenkim penghasil makanan adalah parenkim daun yang memiliki kloroplas dan dapat melakukan fotosintesis. Parenkim batang dan akar berfungsi untuk (12. Menyimpan ………..…………. sebagai ………………………..), misalnya pada ubi jalar (Ipomoea batatas).

Jaringan Epidermis
Jaringan epidermis adalah jaringan yang paling luar dan disusun oleh sel-sel hidup dengan dinding sel yang tipis dan terletak menutupi organ tumbuhan. Jaringan ini menempati di seluruh permukaan tubuh tumbuhan dan tersusun dari selapis sel yang tersusun rapat, dan biasanya tidak mengandung klorofil, kecuali pada sel penutup pada stomata (mulut daun).
Ciri-ciri jaringan epidermis :
1. Selnya berbentuk balok, tipis, rapat, serta tidak memiliki ruang antar sel.
2. Fungsinya sebagai pelindung dilapisi kutikula (lapisan lilin).
3. Sebagian epidermis ada yang bermodifikasi menjadi sisik/ bulu.
4. Biasanya tidak mempunyai klorofil.
Modifikasi Jaringan Epidermis :
–    Jaringan epidermis yang terletak pada akar yaitu di dekat ujung akar bisa mengalami modifikasi menjadi (13. ……………………….).
–    Sedang jaringan yang ada pada batang atau cabang bisa mengalami modifikasi menjadi (14. ………………..) (celah pada batang yang dipergunakan untuk pertukaran gas).
–    Pada daun mengalami modifikasi menjadi trikoma dan stomata. (15. ………………….) (mulut daun) yang berfungsi untuk pertukaran gas antara jaringan dengan tumbuhan. Sedangkan (16. ……………………) merupakan lapisan yang berfungsi mengurangi penguapan
(pada daun) dan penyerapan air dan garam mineral (pada akar).

Jaringan Penguat
Tumbuhan bisa berdiri tegak karena adanya jaringan penguat. Selain itu, jaringan penguat berfungsi menyokong bagian-bagian tumbuhan, misalnya daun dan batang. Jaringan penguat dibedakan menjadi jaringan :

Comments

comments

Incoming search terms:

  • pertanyaan tentang epidermis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>