Soal Fisika Teknik Soal-soal :

Soal-soal :

  1. Jika sistem dalam keadaan seimbang, tentukan besar tegangan masing-masing tali untuk benda yang digantung bermassa 10 kg.

  1. Sebuah balok bermassa 2 kg mulai bergerak naik dengan kecepatan 12 m/dt pada suatu bidang yang mempunyai sudut kemiringan 30o. Jika koefisien gesekan antara balok dengan bidang miring adalah 0,1, tentukan jarak tempuh balok tersebut sampai berhenti.

  1. Sebuah balok yang bermassa m1 = 30 slug terletak diatas bidang miring licin yang sudut miringnya 30 . Balok ini dihubungkan oleh seutas tali melalui katrol tanpa gesekan dengan balok kedua yang bergantung dan bermassa 2 slug. Tentukan tegangan tali dan percepatan sisten tersebut.

  1. Suatu kotak kayu 4 kg diletakkan diam diatas bidang horizontal . Kotak tersebut kemudian bergerak setelah dikenai gaya horizontal sebesar F = 4t2 + 60t + 10 ( mks ). Bila koefisien gesekan kinetik antar benda dan bidang 0,25 , hitunglah kecepatan dan jarak yang telah ditempuh pada saat t = 2 detik.

  1. Sebuah balok bermassa 0,5 kg bergerak dengan kecepatan awal 10 m/dt pada suatu permukaan es yang mempunyai koefisien gesekan kinetik k . Ternyata balok tersebut berhenti setelah menempuh jarak 20 m. Tentukan :

  1. Besar gaya gesek antara benda dan permukaan es.

  2. Hitung koefisien gesek kinetik tersebut

6.

Benda A , B dan C mempunyai massa 10 kg , 15 kg , dan 20 kg. Suatu gaya F = 50 N dikerjakan pada benda C. Jika lantai licin sempurna, tentukan Percepatan sistem dan tegangan tali masing-masing benda.

7. Sebuah mobil mempunyai massa 1500 kg dan berkecepatan awal 60 km/jam Apabila pada mobil tersebut dikenakan gaya F yang menimbulkan perlambatan secara tetap dan mobil berhenti setelah 1,2 menit. Tentukan besar gaya yang dikenakan pada mobil.

8.

9.

10.

12. Sebuah palu bermassa 2 kg dan berkecepatan 20 m/dt menghantam sebuah paku, sehingga paku ini masuk sedalam 5 cm dalam kayu. Hitung besar gaya tahan yang disebabkan kayu ini.

13. Sebuah kotak dengan massa 10 kg berada dalam keadaan diam di A. Karena pengaruh gaya tetap f = 75 N, kotak tadi bergerak dari A ke C. Jarak AB = 250 m dan kasar dengan koef. Gesek kinetik 0,25, sedangkan BC licin. Hitung jarak yang ditempuh kotak selama 12 detik pertama.

  1. Dua benda masing-masing 15 kg dan 10 kg dihubungkan oleh tali melalui sebuah katrok tanpa gesekan, mula-mula kedua benda dalam keadaan diam dan sama tinggi. Setelah bergerak selama 8 detik tali putus, berapa lama benda yang 10 kg akan melalui posisi awalnya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>