Soal Fisika Sebuah Partikel Bergerak Dengan Persamaan

  1. Sebuah partikel bergerak dengan persamaan kecepatan v = ( 4 + 2t)i + 3t j. Tentukan percepatan rata-rata pada saat t = 1 sekon dan t = 2 sekon

  1. Sebuah partikel bermuatan listrik mula-mula bergerak lurus dengan kecepatan 400 m/s. Karena pengaruh gaya listrik, partikel mengalami percepatan yang dinyatakan dengan persamaan a=(4 8t) m/s2, t adalah waktu lamanya gaya listrik bekerja. Kecepatan partikel setelah gaya bekerja selama 2 sekon adalah….

  1. Sebuah benda bergerak lurus dengan persamaan kecepatan :

Jika posisi benda mula-mula di pusat koordinat, maka perpindahan benda selama 2 sekon adalah…

  1. Persamaan posisi sudut suatu benda yang bergerak melingkar dinyatakan sebagai berikut:

    Tentukan percepatan sudut pada saat 4 sekon.m/s2

  1. Sebuah piringan hitam berputar dengan kecepatan sudut = ( 5t – 2t)i + 6tj. Tentukan besar percepatan sudut jika t = 3 sekon.

  1. Sebuah peluru ditembakkan dengan kecepatan 80 m/s. jika sudut elevasinya 60 dan percepatan gravitasi 10 m/s. maka peluru mencapai titik tertinggi setelah

  1. Sebuah benda ditembakkan vertical keatas dengan kecepatan awal 40 m/s. Bila g = 10 m/s maka tinggi maksimum yang dicapai bola adalah

  1. Seorang gadis sedang bermain bola. Bola itu dilempar keatas dari lantai dengan kecepatan 6 m/s dengan sudut lemparan 45 terhadap horizontal. Jika percepatan gravitasi 10 m/s, maka jarak terjauh yang dicapai oleh bola adalah .

  1. Sebuah peluru meriam keluar dari larasnya dengan kelajuan 120 m/s. pada sudut berapakah meriam itu harus diarahkan agar peluru mencapai tanah pada jarak terjauh 360 m?

  1. Koefisien gesekan antara dua benda bergantung pada.

  1. Sebuah balok bermassa 2 kg terletak pada bidang datar licin ditarik dengan gaya dan seperti pada gambar dibawah ini :

Besar dan arah percepatan yang bekerja pada benda adalah

  1. Benda yang massanya 2 kg berada pada bidang miring licin = 30. Jika g = 10 m/s. berapakah percepatan benda tersebut ..

  1. Balok A bermassa 2 kg. Balok B bermassa 1 kg. Balok

B mula-mula diam dan kemudian bergerak kebawah hingga

Menyentuh lantai setelah selang waktu

Jika k = 0,2 dan g = 10 m/s dan s = 100 m

  1. Berapa besar gaya gravitasi antara seorang siswa bermassa 20 kg dengan seorang siswi bermassa 15 kg yang berjarak 4 meter ? konstanta gravitasi umum = 6,67 x 10-11 N m2 / kg2

  1. Dua bintang yang masing-masing massanya 16M dan 25M terpisah sejauh a. Jika sebuah planet berada diantara kedua bintang tersebut dan planet tidak mengalami gaya gravitasi maka letak planet tersebut adalah

  1. Bila perbandingan jari-jari sebuah planet () dan jari-jari bumi () = 4 : 2 sedangkan massa planet dan massa bumi berbanding 20 : 2 maka orang yang beratnya di bumi 200 N, di planet menjadi ..

  1. Dua planet P dan Q mengorbit matahari. Perbandingan antara jarak P dan Q ke matahari 1 : 4. Apabila periode planet Q mengelilingi matahari adalah 704 hari, maka periode planet P adalah

  1. Sobat punya sebuah kawat dengan luas penampang 4 cm2, kemudian diregangkan oleh gaya sebesar 16 N sehingga bertambah panjang sebesar 6 cm. Bila panjang kawat mula-mula adalah 3m, berpakah modulus elastisitas dari kawat tersebut?

  1. Sebuah kawat luas penampangnya 8 mmdan panjangnya 20 m. Kawat diregangkan dengan gaya 96 N. Jika modulus young tembaga 24 1010 N/m2. Berapa pertambahan panjang kawat?

  1. Seseorang dengan massa 50 kg bergantung pada pegas sehingga pegas bertambah panjang 20 cm. Jika g = 10 m/s2 , Tentukan tetapan pegas!

  1. Grafik di bawah menunjukkan hubungan antara gaya (F) dengan pertambahan panjang () suatu batang.

Jika panjang mula-mula suatu batang 4 m, maka panjang batang jika ditarik gaya 600 N adalah

  1. Tiga pegas dengan tetapan k1 = 30 N/m, k2 = 20 N/m dan k3 = 100 N/m. Tetapan pegas dari susunan pegas di bawah adalah … .

  2. Sebuah benda digetarkan menurut persamaannya y=10 sin 0,1t (semua satuan dalam SI). Maka percepatan benda pada saat t = 5 sekon adalah .

  1. Dua buah pegas dengan kostanta sama besar masing-masing sebesar 200  N/m disusun secara paralel seperti terlihat pada gambar berikut.

Tentukan besar periode susunan tersebut, jika massa beban m adalah 6 kg!

  1. Sebuah benda massa 8 kg ditarik dengan gaya 60 N ( liat gambar ).

Usaha yang dilakukan gaya tersebut untuk memindahkan

benda sejauh 10 m adalah .

  1. Sebuah benda 4 kg bergerak pada permukaan licin dengan kecepatan 4 m/s. dan dikerjakan usaha sebesar 42 joule. Kecepatan akhir benda tersebut adalah ..

  1. Perhatikan grafik gaya (F) terhadap perpindahan (S) berikut ini!

Tentukan besarnya usaha hingga detik ke 12!

  1. Mobil bermassa 2000 kg, berjalan dengan kecepatan 72 km/jam, tiba-tiba direm dengan gaya tetap 4 x 104 N. Jarak yang masih dapat ditempuh mobil, dihitung dari saat pengereman adalah ..

  1. Seorang anak memindahkan sebuah buku yang jatuh dilantai ke atas meja. Massa buku adalah 600 gram dan tinggi meja dari lantai adalah 800 cm. Jika percepatan gavitasi bumi adalah 10 m/s2 tentukan usaha yang diperlukan

  1. Sebuah benda bermassa 16 kg, mula-mula diam kemudian bergerak lurus dengan percepatan 6 m/s. Energi kinetic setelah 4 sekon adalah

  1. Seorang siswa yang beratnya 750 Newton menaiki tangga yang memiliki ketinggian 6 m. Siswa tersebut memerlukan waktu 10 detik untuk sampai ke atas. Tentukan daya yang dikeluarkan siswa untuk kegiatan tersebut

  1. Seorang siswa menerjunkan diri dari papan kolam renang setinggi 16 m dari permukaan air tanpa kecepatan awal. Jika massa siswa 80 kg dan g = 10 m/s2 maka kecepatan siswa tersebut saat membentur permukaan air adalah..

  1. Sebuah bola massa 400 gram dilempar mendatar dengan kecepatan 10 m/s. kemudian bola dipukul searah dengan arah mula-mula. Bila lamanya bola bersentuhan dengan pemukul 2 ms dan kecepatan bola setelah meninggalkan pemukul 30 m/s, besar gaya yang diberikan oleh pemukul adalah ..

  1. Sebuah bola pada permainan softball bermassa 0,45 kg dilempar horizontal ke kanan dengan kelajuan 60 m/s, setelah dipukul bola bergerak ke kiri dengan kelajuan 60 m/s. Impuls yang diberikan oleh kayu pemukul pada bola adalah

  1. Benda A dan B masing-masing massanya 4 kg dan 2 kg. Benda A bergerak ketimur dengan laju 8 m/s menumbuk benda B yang sedang bergerak ke barat dengan laju 6 m/s. jika setelah tumbukan benda B bergerak ke timur 4 m/s, kecepatan bola A setelah tumbukan adalah .

  1. Bola A bergerak lurus berubah beraturan ke kanan dengan kecepatan awal 6 m/s dari percepatan 1 m/s2. Setelah bergerak 8 detik, bola A menumbuk bola B yang diam. Jika tumbukan elastis sempurna dan massa bola sama besarnya, maka besarnya kecepatan bola A dan B setelah tumbukan adalah … .

  1. Bola A dan B bergerak saling mendekati seperti pada gambar berikut ini. Jika keduanya bertumbukan lenting sempurna, maka kecepatan bola A dan B sesaat setelah tumbukan adalah

  1. Perhatikan gambar berikut ini! Kedua mobil setelah bertumbukan bergerak bersama dengan kecepatan 17,5 m/s, maka massa truk ( M) adalah ..

  1. Seorang anak bermassa 50 kg tengah menaiki perahu 400 kg yang bergerak ke kanan dengan kelajuan 15 m/s. Jika anak tiba-tiba melompat ke belakang dengan kelajuan 20 m/s, maka kelajuan perahu setelah peristiwa tersebut sebesar…..

  1. Sebuah benda jatuh bebas dari ketinggian 45 m diatas tanah. Jika tumbukan dengan elastis sebagian (e = 0,4), kecepatan pantul benda setelah tumbukan adalah

Incoming search terms:

  • sebuah peluru meriam yg masanya 60 kg ditembakan dari sebuah laras meriam sehingga mencapai ketinggian 400 m

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>