Soal Fisika A Final Petunjuk Umum

PETUNJUK UMUM

  1. Soal Olimpiade Sains bidang Fisika terdiri dari 5 soal uraian.

  2. Untuk setiap soal, tulislah jawaban pada lembar jawaban yang sudah tersedia.

  3. Apabila halaman yang tersedia dirasa kurang, lanjutan jawaban dapat ditulis pada bagian belakang halaman tersebut.

  4. Nilai maksimum setiap nomor adalah 20.

  5. Tidak dibenarkan menggunakan kalkulator atau alat hitung lainnya.

  6. Gunakanlah ballpoint atau pulpen untuk menulis jawaban, tidak diperkenankan menggunakan pensil.

  7. Waktu yang tersedia untuk mengerjakan soal adalah 150 menit

Soal Fisika (A)

Olimpiade Sains Nasional Tingkat SMP 2011

  1. Perhatikanlah gambar berikut. Sebuah balok bermassa m = 600 g yang mula-mula diam di A mendapat gaya konstan F selama 2 detik. Empat detik setelah gaya F ditiadakan balok sampai di B dengan laju 1,2 m/s. Balok bergerak di sepanjang lintasan A-B-C-D-E dan berhenti sesaat di E, yaitu pada saat pegas tertekan maksimum. Di permukaan A-B-C yang kasar, balok mengalami gaya gesek yang besarnya 0,12 N. Panjang lintasan B-C adalah 1,2 m. Permukaan C-D-E adalah permukaan yang licin. Diketahui konstanta pegas k = 720N/m dan percepatan gravitasi adalah 10 m/s2.

  1. Tentukanlah besar gaya F.

  2. Berapa jauhkah pegas tertekan maksimum?

  3. Berapakah energi yang hilang karena gaya gesek?

  1. Sebuah kolam mula-mula (t = 0) berisi penuh suatu cairan. Di dasar kolam terdapat lampu yang menyala. Pada permukaan air tepat di atas lampu tampak daerah terang yang diameternya 2 meter. Dasar kolam itu berlubang kecil, sehingga cairan mengalir keluar dengan laju tetap. Pada t = 20 menit diameter daerah terang di permukaan menjadi 1,6 m dan pada t = 40 menit tinggi permukaan cairan dari dasar kolam 60 cm.

    1. Hitung tinggi permukaan cairan dari dasar kolam pada saat t = 20 menit dan t = 0.

    2. Jika kolam dikosongkan lalu diisi cairan dengan indeks bias = 5/3 sampai penuh, hitung diameter daerah terang pada permukaan cairan tepat di atas lampu. (Petunjuk: Perhatikan gambar segitiga siku-siku di samping ini untuk menentukan nilai sinus suatu sudut.)

  1. Sebuah tabung yang tertutup di salah satu ujungnya mempunyai panjang 1,25 m. Sebuah tali dengan kedua ujung terikat dan tegang bermassa 9,6 gram dan panjang 0,5 m direntangkan dekat dengan ujung terbuka tabung tersebut. Karena gangguan yang diberikan, tali berosilasi dengan moda dasar. Akibat pengaruh resonansi, kolom udara dalam tabung berosilasi pada frekuensi nada dasar tabung. Dengan menggunakan besar kecepatan bunyi di udara 340 m/s, tentukanlah:

  1. frekuensi nada dasar tabung.

  2. laju rambat gelombang pada tali.

  3. tegangan tali.

  1. Perhatikan rangkaian tertutup di samping ini.

  1. Tentukan arus yang mengalir pada rangkaian.

  2. Tentukan beda potensial listrik antara titik A dan titik B ! Titik mana yang potensial listriknya lebih tinggi ?

  1. Sebuah silinder dengan luas penampang lintang 0,01 m2 mempunyai penutup bermassa 0,5 kg yang dapat bergerak bebaas ke atas dan ke bawah. Pada keadaan awal volume dan temperatur di gas dalam silinder berturut-turut adalah liter dan . Tekanan udara luar adalah 1 atm (. Percepatan gravitasi g = 10 m/s2.

a. Berapakah tekanan gas di dalam silinder pada keadaan awal ?

b. Kemudian silinder dipanaskan sampai C sehingga gas memuai dan menyebabkan penutup silinder bergerak ke atas. Seberapa jauhkah tutup silinder bergerak ke atas ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>