Contoh Soal TPA SBMPTN dan Pembahasannya tahun 2014

Informasi SNMPTN dan SBMPTN kini memberikan sedikit soal untuk persiapan menghadapi sbmptn tahun ini dan tips mengerjakannya serta skor penilaian sbmptn. Dari kebanyakan soal tes potensi akademik sbmptn sama dengan tahun-tahun sebelumnya, cuma di bedakan nomor urut dan no soalnya saja, untuk cara sama saja.

Untuk penilaiannya Skor tes potensi akademik/TPA masing-masing penyelenggara mempunyai kriteria sendiri, namun TPA/TKU yang telah umum dipergunakan dan diakui secara internasional yaitu yang diselenggarakan oleh OTO Bappenas yang bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi ternama di dalam negeri. Skor tersebut antara 200 s/d 800 dimana yang paling rendah adalah 200 dan paling tertinggi (apabila jawaban benar semua) adalah 800. Seseorang dinilai mempunyai kemampuan rata-rata bila mampu mencapai skor 500 (mean).

tes potensi akademik

Di bawah ini adalah contoh soal TPA untuk sbmptn, semoga bisa membantu belajar anda untuk menghadapi SBMPTN. Selamat mencoba…penuh ketelitian.

1. Arogan sinonimnya
sombong
angkuh
congkak
takabur

2. PINTU : ENGSEL = TULANG : …..
A. Belulang
B. Simpai
C. Sendi
D. Otot
E. Kerangka

3. MESIN : PELUMAS = PENCERNAAN : …..
A. Enzim
B. Hormon
C. Ludah
D. Glukosa
E. Sukrosa

4. Pilihlah alternatif jawaban yang bermakna sama atau paling mendekati
## HOMOGEN
A. Udara
B. Harmonis
C. Sepadan
D. Sejenis

5. TIMPANG
A. Kesal
B. Ganjil
C. Aneh
D. Tak Seimbang

Pembahasan Soal TPA SBMPTN di atas:

1. Hati2, yang diminta dalam soal adalah Antonim
jadi jawabanya santun
Kunci C

2. Jika ingin membuat pintu harus menggunakan engsel untuk menyambungkan dengan kayu pintu. Begitu juga dengan tulang, semua tulang didalam tubuh manusia dihungkan dengan sendi agar tulang dapat digerakan. So jawabanya “C”

3. Jika dilihat dari soal, mesin dihubungkan dengan pelumas karena mesin membutuhkan pelumas untuk bekerja. Sehingga pencernaan membutuhkan enzim untuk proses mencerna. So, jawabnya “A”

4. Homogen yang artinya terdiri atas jenis, macam, sifat, watak, dsb yg sama dan disni disuruh jawaban yang bermakna sama maka jawaban yang paling mendekati dari pada jawaban diatas
D. Sejenis

5. Mencari jawaban yang bermakna sama atau paling mendekati. TIMPANG : Tak Seimbang Kunci ; D
Sedikit tips mengerjakannya

Tips Mengerjakan Soal SBMPTN

Dalam tes potensi akademik/TPA, tes angka yang diberikan umumnya adalah angka-angka yang bisa dikerjakan tanpa harus menggunakan rumus-rumus matematika tertentu yang rumit. Oleh sebab itu, tidak perlu anda menghafal berbagai macam rumus-rumus matematika yang rumit untuk menghadapi tes TPA, karena akan membebani anda saja, yang diperlukan adalah logika berpikir terstruktur serta kecepatan dan ketepatan saat menjawab soal.
Saat anda mengerjakan soal-soal TPA, kondisikan diri anda dalam keadaan yang konsentrasi tapi rileks, dan tidak tegang.
Sebelum mulai mengerjakan, lihatlah jumlah soal dan jumlah waktu yang diberikan. Lalu hitunglah berapa alokasi waktu persoal. Misalkan persoal, anda punya waktu 30 detik, maka kerjakanlah masing-masing soal maksimal dalam waktu 25 detik saja. Sisa 5 detik ini penting untuk mengerjakan soal-soal yang terlewati atau masih ragu-ragu dalam jawaban. Jika dalam waktu 25 detik, anda tidak mampu menemukan jawabannya, lewati saja dan beralih pada soal berikutnya. Ingat, dengarkanlah seluruh instruksi yang disampaikan oleh panitia penyelenggara dengan seksama. Sehingga Anda dapat paham terhadap mengerjakan soal tes.
Tips lulus tes potensi akademik diatas bukanlah penjamin seratus persen atas kelulusan Anda, karena yang menentukan kelulusan itu adalah Anda sendiri yang disetujui oleh Tuhan atas besarnya persiapan yang Anda lakukan. Saya hanya membantu Anda, berdasarkan pengalaman yang telah saya lewati sebelumnya. Ingat, “Persiapan adalah Kunci dari Segala Keberhasilan”. Contoh soal SBMPTN lainnya

Incoming search terms:

  • kumpulan soal tpa sbmptn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>