Contoh Soal Mid Semester Semesterjelaskan Singkat, Bagaimana

CONTOH SOAL mid semester

Jelaskan singkat, bagaimana pendapat sdr:

1.Setiap tenaga kesehatan yang bekerja di RS harus bekerja sesuai dengan standar profesi, standar pelayanan RS, standar prosedur operasional yang berlaku, etika profesi, menghormati hak pasien dan mengutamakan keselamatan pasien. Bagaimana sanksinya masing-masing jika tenaga kesehatan melanggar ?

2.Mengapa RS tidak dapat dituntut dalam melaksanakan tugas dalam rangka menyelematkan nyawa manusia ? (pasal 45 ayat 2 UU 44/2009)

3.Mengapa RS bertanggung jawab secara hukum terhadap semua kerugian yang ditimbulkan atas kelalaian yang dilakukan oleh tenaga kesehatan di RS ? (pasal 46 UU RS)

4.Mengapa banyak RS yang diselenggarakan Yayasan berpindah menjadi dikelola Perseroan Terbatas ?

adi Gagu Karena Dugaan Malpraktik, Siti Ngadu ke LBH Jakarta 

Ari Saputra detikNews

Jakarta – Suara Siti Chomsatun tiba-tiba hilang. Ia terdengar gagu dengan suara sayup-sayup terdengar. Saat melapor ke LBH Jakarta, perempuan 55 tahun itu meminta rumah sakit yang menangani tenggorokannya bertanggung jawab.

"Awalnya saya operasi gondok. Kemudian sesak nafas. Dibuat lubang di tenggorokan (karena hidung tidak bisa). Setelahnya, saya tidak bisa bicara," kata Siti dengan suara yang kurang jelas saat mengadu di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Jl Diponegoro 74, Jakarta Pusat, Minggu (8/8/2010).

Menurut pengacara korban, Tommy Tobing, kejadian itu bermula Februari lalu. Saat itu, korban mendatangi sebuah rumah sakit di Kramat, Jakarta Pusat, dengan keluhan sesak nafas pasca operasi gondok. Di rumah sakit itu, ia ditangani dokter berinisial T. "Tanpa memberitahukan penyakit pasien (sesak nafas) si dokter langsung merujuk ke RSCM," ucap Tomy.

Lantaran tidak diberitahu penyakitnya, korban enggan ke RSCM. Siti Chomsatun memilih untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis THT yang pernah merawatnya di rumah sakit tersebut, dokter R. "Tetapi tidak bisa menemui. Alasannya sudah pulang. Besoknya, minta

bertemu tetapi tetap saja tidak bisa," imbuh pengacara publik ini.

Pun demikian, baik korban maupun pengacara belum berencana membawa rumah sakit itu ke meja hijau. Korban akan mengajukan kasus itu ke Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDI) untuk meminta pertanggungjawaban terlebih dahulu.

Soal 2

Baca baik-baik kasus di atas

Permasalahan apa saja yang menimbulkan konflik dokter-pasien pada kasus tersebut ?

Apa peran MKDKI pada kasus ini ?

Peraturan perundang-undangan apa saja yang dilanggar pada kasus ini ?

Bagaimana mencegah kasus serupa terulang lagi ?oal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>