Contoh Soal Intelegensi Umum Untuk Tes Kerja

CONTOH SOAL INTELEGENSI UMUM

Kemampuan Verbal 

  Sinonim/Persamaan Kata

  1. Akurat : saksama

  2. Alternatif : cara lain

  3. Algoritma : prosedur pemecahan

  4. Ambiguitas : makna ganda

  5. Aporisma : maksimal

  6. Bagak : pemberani

  7. Bibliografi : daftar pustaka

  8. Boga : makanan nikmat

  9. Bonafide : dapat dipercaya

  10. Bonanza : sumber kesenangan

  11. Bonus : Hadiah

  12. Bubut : cabut

  13. Bulat : bundar

  14. Canggih : sophisticated

  15. Class : group

  16. Dedikasi : pengabdian

  17. Dehidrasi : kehilangan cairan tubuh

  18. Delik : pelanggaran hukum

  19. Distorsi : penyimpangan

  20. Donasi : Kontribusi

  21. Ekamatra : fisika

  22. Eklips : gerhana

  23. Ekskavasi : penggalian

  24. Eksodus : pengusiran

  25. Elaborasi : penjelasan terperinci

  26. Evokasi : menggugah rasa

  27. Friksi : desakan

  28. Gaji : honor

  29. Galat : Keliru

  30. Gasal : ganjil

  31. Genjah : Cepat berbuah

  32. Hayati : hidup

  33. Hibrida : bibit unggul

  34. Hukuman : denda

  35. Identitas : ciri-ciri

  36. Insinuasi : sindiran

  37. Insomnia : tak bisa tidur

  38. Interpelasi : hak bertanya

  39. Iterasi : perulangan

  40. Izin : biar

  41. Kampiun : Juara

  42. Kleptofobia : takut kecurian

  43. Kolusi : kongkalikong

  44. Kontras : perbedaan nyata

  45. Konvensi : kesepakatan

  46. Koordinator : ketua

  47. Latif : indah

  48. Liga : perserikatan

  49. Mobilitas : gerak

  50. Mukjizat : karamah

  51. Negosiasi : perundingan

  52. Nuansa : perbedaan makna

  53. Otodidak : maju dengan belajar sendiri

  54. Porto : biaya

  55. Promosi : Kenaikan pangkat

  56. Proteksi : perlindungan

  57. Promovendus : calon doktor

  58. Provokasi : pancingan

  59. Rabat : potongan

  60. Registrasi : pendaftaran

  61. Residu : sisa 

  62. Serebrum : otak besar

  63. Sine Qua Non : harus ada

  64. Tangkal : cegah

  65. Tuna Grahita : cacat mental

  66. Virtual : nyata

  67. Zenit : puncak

sebagian sinonim bisa di cek di KBBI,biasanya di arti kata ada clue clue gitu 

ga punya KBBI??? santai aja…ada KBBI ONLINE

Antonim/lawan kata

  1. Abadi >< fana

  2. Absurd >< masuk akal

  3. Amal >< mal

  4. Amatir >< kampiun

  5. Anggara >< jinak

  6. Antipati >< simpati

  7. Apriori >< aposteriori

  8. Asli >< duplikat

  9. Bukit >< lembah

  10. Bulat >< oval

  11. Canggih >< sederhana

  12. Cucu >< kakek

  13. Curang >< sportif

  14. Deduksi >< Induksi

  15. Ekletik >< tidak pilih-pilih

  16. Ekspresi >< impresi

  17. Elastis >< kaku

  18. Fonem >< Morfem

  19. Gegai >< kuat

  20. Ibu >< anak

  21. Kebijakan >< kecerobohan

  22. Khas >< umum

  23. Konkaf/cekung >< konveks/cembung

  24. Konklusif ><proposisi

  25. Legislatif >< Eksekutif

  26. Longgar >< sempit

  27. Makar >< jujur

  28. Mandiri >< bergantung

  29. Monoton >< berubah-ubah

  30. Muskil >< mungkin

  31. Nomadik >< Menetap

  32. Pasti >< spekulasi

  33. Perintis >< pewaris

  34. Pertemuan >< perpisahan

  35. Prominen >< biasa

  36. Rawan >< aman

  37. Sekarang >< esok

  38. Sekuler >< keagamaan

  39. Sporadis >< kerap

  40. Takzim >< acuh

  41. Teks >< konteks

  42. Tetiran >< asli

  43. Tinggi >< rendah

  44. Universal >< parsial

  45. Vokal >< konsonan

antonim juga bisa di cek di  KBBI ONLINE…tinggal liat aja artinya apa..trus cari lawan kata yg cocok 

Analogi / padanan hubungan kata

  1. adagio : allegro (antonim)

    • Lambat : Cepat

  2. Air : Es (air didinginkan jadi es)

    • Uap : Air (uap didinginkan jadi air)

  3. Air : Haus (kalo haus minum air)

    • Makanan : Lapar

  4. Air : Menguap (air dipanaskan akan menguap)

    • Es : Mencair

  5. Apoteker : Obat (apoteker meracik obat)

    • Koki : Masakan (koki meracik masakan)

  6. Bangsa : Ethnologi (ilmu yang mempelajari bangsa ethnologi)

    • Penyakit : Patologi 

    • Ramalan : astrologi

  7. Belajar : Pandai (belajar agar pandai)

    • Berpikir : arif (berpikir agar arif)

  8. Bunga : Buket (kumpulan bunga yg dirakit jadi satu namanya buket)

    • kertas : buku

  9. Bunga : taman (bunga ada di taman)

    • Dosen : universitas)

  10. Burung : terbang : udara (burung dapat terbang di udara)

    • Ikan : berenang : air

  11. Busur : Garis ( busur bengkok, garis lurus)

    • Busur : Panah

  12. Desibel : suara (satuan suara itu desibel)

    • Volt : Listrik (satuan listrik  itu volt)

  13. Gelombang : Ombak (Gelombang kalo kecil namanya ombak)

    • Gunung :Bukit (gunung kalo kecil namanya bukit)

  14. Gundul : Rambut (Gundul karena tidak punya rambut)

    • Bugil : Pakaian

  15. Janji : Bukti (janji harus disertai bukti)

    • Ucapan : Tindakan (ucapan harus disertai tindakan)

  16. Kaka Tua : Merpati (sama2 burung)

    • Gurame : kakap (sama2 ikan)

  17. Kampung : Sawah (dikampung banyak sawah)

    • kota : gedung (dikota banyak gedung)

  18. Kendaraan : Mobil (mobil adalah salah satu jenis kendaraan)

    • Orang : Pemuda

  19. Koran : Makalah : Buletin (sama2 media cetak)

    • Bus : Kereta Api : Delman

  20. Kosong : Hampa (sinonim)

    • Cair : encer

  21. Kulit : sisi

    • atap : genteng

  22. Laba : Penjualan

    • Keberanian : Kemenangan

  23. Lampu : Gelap (tidak ada lampu maka gelap)

    • makanan : lapar

  24. Macan : Belang (macan memiliki belang)

    • Gajah : Gading

  25. Marah : cemburu (marah karena terlalu cemburu)

    • Tidak toleransi : fanatik

  26. Mata : telinga

    • Lidah : Hidung

  27. Matahari : bumi (matahari dikelilingi bumi)

    • bumi : bulan

  28. Matahari : terang (ada matahari jadi terang)

    • Api : Panas (ada api jadi panas)

  29. Merah : Mawar (merah adalah warna bunga mawar)

    • Putih Melati

  30. Mulut : Monyong ( mulut monyong itu kurang indah)

    • Hidung : pesek

  31. Pedas : cabai (cabai rasanya pedas)

    • Manis : sakarin

  32. Penghormatan : jasa (berjasa akan diberi penghormatan)

    • Insentif : prestasi

  33. Pelukis : gambar (hasil karya pelukis adalah gambar)

    • komponis : lagu

  34. Petunjuk : Afirmasi (diberi petunjuk saja tidak cukup, harus di beri afirmasi)

    • Didenda : ditahan

  35. Pilot : Pesawat

    •  Supir : Mobil

  36. Presiden : negara (presiden memimpin negara)

    • ayah : keluarga

  37. Rumput : Lapangan (rumput ada di lapangan)

    • bintang : langit

  38. Sarung tangan : Petinju (Petinju menggunakan sarung tangan saat bekerja)

    • Mikroskop : Bakteriolog 

  39. Seminar : sarjana 

    • Perpustakaan : Peneliti

  40. Serut : Kayu (serut adalah alat yang digunakan untuk kayu)

    • cangkul : kebun

  41. Siswa : belajar (tugas utama siswa belajar)

    • ilmuwan : meneliti (tugas utama ilmuwan meneliti)

  42. Suap : Politik (dalam politik dilarang suap)

    • Contok : Ujian

  43. Sungai : Jembatan ( melewati sungai, cari jembatan)

    • Masalah : jalan keluar (melewati masalah, cari jalan keluar)

  44. Susu : Gelas (susu wadahnya gelas)

    • bubur : piring

  45. Tajam Tumpul (antonim)

    • Dekat : Jauh

  46. Tape : ragi

    • antiseptik : iodium

  47. Teluk : Laut

    • Semenanjung : daratan

  48. Tembakau : Rokok : Isap ( tembakau bahan baku rokok, rokok diisap)

    • Gandum : Roti : Makan

  49. Tiang : Kokoh (tiang yang bagus adalah yang kokoh)

    • Atap : terlindung

  50. Tubuh : Pakaian (tubuh dilindungi dg pakaian)

    • Buku : Sampul

  51. Tukang : gergaji : palu (tukang menggunakan gergaji dan palu saat kerja)

    • Montir : obeng : tang

  52. Tuntunan : santunan

    • Permintaan : Pemberian

  53. Uang : Pundi-pundi 

    •  air : tempayan

  54. Ulat : kepompong : kupu2 (siklus hidup kupu2)

    • bayi : kanak2 : remaja

  55. Umum : Lazim (sinonim)

    • Langsing : ramping

Tips dan Trik

  1. Tes Persamaan Kata (Sinonim)

    • jangan pilih kata yang punya bunyi mirip dengan soal…karena sebagian besar itu salah (ga semua ya, sebagian besar,hehe)

    • misal soalnya APORISMA , 

    • pilihan gandanya a. APRIORI    b. Maksimal    c. Bentuk    d. pendekatan    e. PRIMA

    • nah jawaban A dan E ini kan mirip ama soalnya, jadi mending pilih antara C,D dan E 

  1. Tes Lawan Kata (Antonim)

    • amati pilihan jawabannya, cari jawaban yang berlawanan, jawaban sering berada pada salah satu dari dua kata yang berlawanan tersebut

      • Contoh : Khas??? a. khusus   b.wabil khusus   c.inklusif   d.ekslusif   e.umum

    • Untuk kata-kata latin/ilmiah, utamakan memilih jawaban yang mirip dengan soal

      • contoh : 

      • Konkaf??? a.konveks   b.optik  c.lensa   d.cekung   d.konveksi

      • Antipati??? a.melawan   b. setuju   c.lekas mati   d.simpati   e.bertahan hidup

    • hati2…diingat2 bahwa yang kamu kerjain itu, antonim, bukan sinonim…soalnya kebanyakan peserta tergesa2 trus kan pertanyaan sinonim ama antonim deketan, jadi peserta masih mikir ngerjain soal sinonim

  2. Tes Padanan Hubungan Kata (Analogi)

    • temukan kata kunci / hubungan khusus dari kata yang diberikan

    • semakin khusus hubungan maka semakin mudah untuk menemukan hubungan yang paling sesuai

    • kalo udah nemuin hubungan tapi masih bingung, coba buat jadi kalimat

    • hubungan harus punya urutan yang searah, tidak di bolak balik

      • misal : Kaki : Sepatu –> kaki memakai sepatu kalo ada jawaban anting : telinga berarti salah, karena anting tidak memakai telinga…kalo ada jawaban telinga : anting baru betul

Kemampuan Numerik

Tes Pola Bilangan

  1. 9-5-1-2-10-6-2-3-11-7-

    • 3

    • 3? dapet darimana? loncat 4 4, 

    • jadi 9,10,11 trus 5,6,7 trus 1,2,3

  2. 13-14-13-14-11-12-11-12-15-16-15-16-13-…-…-…

    • 14-13-14

    • dapet darimana? polanya bagi jadi 4 4

    • 13 14 13 14   – 11 12 11 12   – 15 16 15 16  -13 … … …

    • nah ketauan kan angka kedua itu ditambahin satu dari angka pertama

    • kalo angka ke 3 dan 4 copyan dari angka ke 1 dan 2

  3. 11-19-10-20-9-21-8-…-…

    • 22-7

    • dapet darimana? loncat 2 2

    • 11,10,9,8,7 dan 19,20,21,22

  4. 5-6-7-8-10-11-14-…-…

    • polanya loncat 2 2

    • 5,7,10,14,…  ditambah 2, tambah 3, tambah 4,tambah 5 dst

    • 6,8,11,… sama kayak diatas

    • jawabannya 15-19

  5. …-2-5-6-7-10-9-14

    • polanya loncat 2 2

    • …,5,7,9 dan 2,6,10,14

    • deret pertama selalu ditambah 2, deret ke dua selalu ditambah dengan 4

    • jawabannya 3

  6. 42 13 19 49 19 19 56 25 19 … …

    • polanya loncat 3 3 nih

    • 42 49 56 …     selalu ditambah dengan 7

    • 13 19 25 …     selalu ditambah dengan 6

    • 19 19 19         tidak berubah

    • jawabannya 63, 31

  7. 12 9 9 8 6 7 … …

    • loncat 2 2…ada dua pola

    • 12,9,6,… selalu dikurangi 3

    • 9,8,7,… selalu dikurangi 1

    • jawabannya 3,6

  1. G H I M N J K L M N … …

    • hehe saya susah kalo ngeliat huruf…jadi saya pindah dulu dari huruf ke angka

    • 7 8 9 13 14 10 11 12 13 14 … …

    • udah keliatan kan polanya?

    • jadi jawabannya 13 14 yang berarti huruf M N

  2. A B C C D E F F F G H I I I … …

    • bingung?hehehe.coba kita warnain

    • A B C C D E F F F G H I I I

    • urutan selanjutnya berarti I J K L L L L L

  3. A B D B B D C B D D B D … …

    • dicoba dulu..baru liat jawabannya 

    • B D B B D C B D D B D … …

    • urutan selanjutnya berarti E B D F B D

  4.  … … C F E D G H I L K J M N O

    • coba kita warnanin

    • … … C F E D G H I L K J M N O

    • yang merah urutannya normal, yang item dibalik, jadi jawabannya A B

  5. 81 64 72 56 … … 54 40 45 32 36

    • loncat 2 2

    • 81,72,…,54,45,36  selalu dikurangi 9

    • 64,56,…,40,32 selalu dikurangi 8

    • jadi jawabannya 63 48

  6. 1 3 7 15 … …

    • perhatikan…

    • 1 + 2 = 3

    • 3 + 4 = 7

    • 7 + 8 = 15

    • 15+16=31

    • 31+32=63

  7. 9 9 9 6 9 3 … …

    • loncat 2 2

    • 9,9,9,… selalu 9

    • 9,6,3,…. selalu dikurangi 3

    • jawabannya 9 0

  8. 12 13 … … 22 27

    • lihat ada 5 kali operasi dari angka pertama hingga menghasilkan angka terakhir

    • operasi pertama ditambah 1

    • operasi ke lima ditambah 5

    • berarti  13+2=15, 15+3=18, 18+4=22

  9. 2 10 4 8 … … 8 4

    • loncat 2 2

    • 2,4,…,8 selalu ditambah 2

    • 10,8,…,4 selalu dikurangi 2

    • jadi jawabannya 6 6

  10. … 34 35 39 40 44 45

    • loncat 2 2

    • …,35,40,45 selalu ditambah 5

    • 34,39,44 selalu ditambah 5

    • jadi jawabannya 30

  11. 11 4 22 9 … 14 44 19 55

    • loncat 2 2

    • 11,22,…,44,55 selalu ditambah 11

    • 4,9,14,19 selalu ditambah 5

    • jadi jawabannya 33

  12. 5 8 16 … … 41 82 85

    • loncat 2 2

    • 5,16,…,82 selalu dikali 2 kemudian ditambah 6

    • 8,…,41,85 selalu dikali 2 ditambah 3

    • jadi jawabannya 19,38

  13. 2 3 6 7 14 15 … …

    • loncat 2 2

    • 2,6,14,… selalu ditambah bilangan genap setelah angka tersebut

    • 3,7,15,…selalu dikali 2 kemudian ditambah 1

    • jadi jawabannya 30,31

  14. 92 88 84 80 76 … …

    • selalu dikurangi 4 

    • jawaban : 72,68

  15. 3 7 16 35 74 … …

    • dikali 2 ditambah 1, dikali 2 ditambah 2, dikali 2 ditambah 3 dst

    • jawaban : 153, 312

  16. 2 3 5 7 … …

    • hayoo??bingung ya??ini bilangan prima 

    • jawaban : 11,13

  1. 4 7 4 7 10 7 10 … …

    • loncat 2 2

    • 4 4 10 10 … 

    • 7 7 7 …

    • jawaban : 7 16

  2. 1 2 4 5 25 26 … …

    • polanya : tambahkan 1, tulis angkanya,kuadratkan untuk angka selanjutnya

    • jawaban : 676,677

  3. 1 2 6 24 120 …

    • polanya : kalikan 1, kalikan 2, kalikan 3 dst

    • jawaban : 720

  4. 1 2 4 8 16 … …

    • polanya kalikan dengan 2

    • jawaban : 32, 64

  5. 12 13 15 18 … …

    • pola : tambahkan 1, tambahkan 2, tambahkan 3, dst

    • jawaban 22, 27

  6. 2 10 4 8 6 6 … …

    • loncat 2 2

    • 2,4,6,…

    • 10,8,6,…

    • jawaban 8,4

  7. 81 64 72 56 63 48 54 40 45 … …

    • loncat 2 2

    • 81,72,63,54,45,…

    • 64,56,48,40,…

    • jawaban : 32,36  

  8. 4 4 8 4 16 4 … …

    • loncat 2 2

    • 4 8 16 …

    • 4 4 4 …

    • jawaban : 32,4

  9. 18 10 20 12 24 16 … …

    • loncat 2 2

    • 18 20 24 …

    • 10 12 16 …

    • jawaban 32 24

  1. 0 – 1/2 – 4 1/2 – 1 1/2 – 9 – 2 1/2 … …

    • loncat 2 2

    • 13 1/2 – 3 1/2

Tes Hitungan Biasa (Aritmatika)

  1. 1 + 2 + 3 + 4 + 5 + ………. +29 =

    • bisa di kerjain pake 2 cara

    • kelompokkan 

      • (1+29)+(2+28)+…(14+16)+15=30*14+15=435

    • rumus

      • penjumlahan bilangan asli   –> N x (N+1)

      • (29/2)*(29+1)=435

  2. 1 + 2 + 3 + 4 + 5 + ………. + 9 =

    • nah pake itungan biasa aja lebih simpel

      • 1 + 4 + 9 + 16 + 25 +36 + 49 +64+ 81 = 

      • (1+49)+(4+36)+(9+81)+(16+64)+25 = 285

  3. Jika a=5 dan b=2, maka nilai dari a3  3a2b + 3ab2  b3 =

    • nah…berdasarkan rumus yg ada di tips n trik.. itu sama aja kayak (a-b)3 

    • jadi jawabannya (5-2)3 =27

  4. (882 + 115) =

    • 997, capek kan itungnya? buletin aja jadi 1000, nah berarti jawabannya yg mendekati 1jt, trus angka terakhirnya 9, kenapa 9? 997, 7 kuadrat kan 49

    • kalo ga yakin, trus pengen jawaban pastinya (anak stis bgt yak -___-) ubah aja jadi 

      • (1000-3)=1jt-6rb+9=994.009

  5. Jika Y% dari 80 adalah 32, maka nilai Y=

    • (Y/100)*80=32

    • Y=40

  1. berapakah nilai dari akar 61

    • hehe..kalo kayak gini cari aja yg mendekati…bilangan kuadrat yg mendekati adalah 64, yaitu 8 kuadrat, berarti 8 kurang dikit, cari aja di pilihan gandanya 

  2. Jika x + y = 100 dan x/y=1/4, maka nilai x y =

    • x/y=1/4  –> y=4x

    • x+y=100  –> x+4x=100 –> x = 20 , y = 80

    • x-y=-60

  3. 12 adalah 150% dari ??

    • bikin aja (150/100)* x =12

    • x= 8

  4. berapakah 6/7 dari 87,5 % ?

    • 6/7  *  7/8  =6/8=0,75

  5. 15 adalah 37,5% dari ?

    • 3/8  * x=15

    • x=40

  6. 3 itu berapa persennya 20? 

    • (3/20)* 100% =15%

  7. p = 2, dan q =3 , lalu r + 2pq+q, berapa pqr ?

    • rp+q) =25      , 

    • pqr=2*3*25=150

  8. 4,036 : 0,04 = 100,9

  9. Jika x=1/16 dan y=16%, maka …

    •  x<y

    • 1/16 = 0,0625   , 16%=0,16

  10.  (1/4) : (3/5) adalah …

    •  5 : 12

  11.  Jika a = 2  dan   b = -2 ,Xa-b) dan yb-a), maka …

    •  x =y

  12.  Jika x rupiah dibagi merata kepaa n orang. Setiap orang akan memperoleh bagian Rp.60.000,-. Jika seorang lain bergabung pada kelompok diatas dan jika x rupiah dibagi merata, setiap orang sekarang memperoleh Rp.50.000,-. Berapa rupiah kah x ?

    •  300.000

    • x/n=60000   ,  x/(n+1) = 50000

    • n=5, x=300000

  13.  Seorang pekerja dibayar Rp.800,- perjam. Dia bekerja dari pukul 8:00 sampai pukul 16:00. Dia akan dibayar tambahan 50% per jam untuk selewatnya pukul 16:00. Jika dia memperoleh bayaran Rp.8.000,- pada hari itu, pukul berapa dia pulang?

    •  pukul 8:00 sampai pukul 16:00 –> 8 jam –> 8*800=6.400

    • gaji yang didapat abis lembur 8000-6400=1600

    • gaji lembur perjam 800+(800*50%)=1200

    • waktu lembur = 1600/1200 = 1,333 jam = 1 jam 20 menit

    • jam pulang = 16.00 + 1 jam 20 menit= 17.20 

Tips dan Trik

  1. Tes Pola Bilangan /deret hitung (series)

    • pola bilangan dapat berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pengakaran, pengkuadratan atau gabungan dari operasi2 tersebut

    • pola bilangan dapat ditebak jika telah ada minimal dua pola sebelum/ sesudahnya

    • langkah awal mencari pola adalah dengan memperhatikan perubahan dari suatu bilangan ke bilangan yg lain, kemudian tentukan apakah aturan operasi tersebut berlaku untuk seluruh deret / tidak

    • perbanyak latihan, makin bnyak latihan,makin mahir dan cepet anda ngerjainnya 

  2. Tes Hitungan Biasa (Aritmatika)

    • hafalkan rumus diatas, biasanya sering keluar,kalo tidak hafal, sering2lah latihan…insyaAllah akan terbiasa dan hafal sendiri. ingat..ga ada yg instan!

Kemampuan berpikir logis dan analitis

Tes Penarikan Kesimpulan (Silogisme)

  1. Susilo paling pandai, Edy kalah pandai dibanding Leonardo,Leonardo sama pandainya dengan Viki. Viki lebih pandai dari Natsir. 

    • Jika digambar, kurang lebih sbb:

    • nah setelah itu tinggal cari jawaban yang sesuai dengan gambar 

  2. Semua karyawan harus hadir dalam rapat rutin.Sementara office boy adalah karyawan

    • kalo digambar jadi begini

    • nah jadi tidak semua OB itu karyawan, ada pula yg bukan karyawan

    • jadi tidak semua OB ikut rapat rutin, tinggal cocokin deh ama jawaban 

  3. Ketika ayah dan ibu Hermawan menikah, masing-masing telah memiliki seorang anak. Hermawan lahir persis setahun setelah perkawinan tersebut,dan memiliki 4 saudara. 

    • jadi kesimpulan yang bisa ditarik adalah, 

      • hermawan punya 2 kakak tiri dan 2 adik kandung. 

      • mereka 5 bersaudara

  4. Merpati terbang ke utara, merpati adalah burung

    • kesimpulan yang bisa didapat :

    • sebagian burung adalah merpati, sebagian burung terbang ke utara

  5. Hesty, Belly, Penky, dan Melly adalah mahasiswa satu angkatan dari universitas yang sama. Hesty lulus sebelum Belly tetapi sesudah Penky, dan Melly lulus sebelum Hesty

    •  jadi kalo di gambar kayak gitu

    • kesimpulan yang dapat diambil

    • belly lulus yg paling akhir. yang paling cepet lulusnya ga bisa dicari… antara penky dan melly

  6. Pengurus koperasi seharusnya berjiwa sosial, Sebagian ketua RT pernah menjadi pengurus koperasi.

    • kesimpulan : sebagian ketua RT seharusnya berjiwa sosial

  7. Beberapa dosen bergabung dalam tim Karawitan. Tim Karawitan tidak ada yang menjadi pemain tenis.

    • kesimpulan : beberapa dosen bukan pemain tenis

  8. A dan B berasal dari fakultas yang sama. D dan E juga berasal dari fakultas yang sama. A,B,C,D,E sedang duduk di kursi panjang, namun Mahasiswa yang berasal dari fakultas yang sama tidak boleh duduk berdekatan.

    • cari aja jawaban dimana  A ga sebelah B dan D ga sebelah E 

  9. Semua guide pandai berbahasa asing. Fido bukanlah seorang guide.

    • Biasanya banyak yang terjebak untuk menarik kesimpulan bahwa Fido tidak pandai berbahasa asing. Ini adalah kesimpulan yang tidak benar. Perhatikan kalimatnya: semua guide pandai berbahasa asing. Kalimat tersebut tidak dapat dibalik, artinya yang pandai berbahasa asing bukan hanya guide. Sehingga jika dikatakan Fido bukanlah seorang guide, maka belum tentu ia tidak pandai berbahasa asing!

    • Jadi, tidak ada kesimpulan yang benar

  10. Selama semester ini Budi belum pernah mendapat nilai lebih baik daripada teman-temannya. Heru termasuk diantara separuh siswa yang terpandai di kelas. Agus lebih pandai daripada dari Heru dalam pelajaran Matematika. Hasil ulangan Biologi Agus lebih rendah daripada hasil ulangan Budi.

    • kesimpulan :

      • budi nilainya paling jelek

      • heru pandai

      • agus lebih pandai dari heru di matematika

      • budi lebih pandai dari agus di biologi

  11. 1) Tidak semua sarjana yang pandai lolos ujian CPNS.  2) Semua sarjana yang bodoh tidak lolos ujian CPNS. 3) Tidak semua sarjana yang pandai selalu mempunyai nilai ijazah yang lebih baik daripada yang lebih bodoh. 4) Purdi mempunyai nilai ijazah yang lebih buruk dari pada Alan.

    • kesimpulan :

      • belum tentu purdi lebih bodoh dari alan, ataupun sebaliknya

      • keduanya belum tentu lolos ujian cpns, tapi mungkin saja lolos, karena kita tidak tau purdi dan alan itu pinter apa nggak hehehe

  12. Semua hewan adalah makhluk hidup. Semua makhluk hidup akan mati.

    • kesimpulan: semua hewan akan mati 

  13. semua bayi minum ASI. Sebagian bayi diberi makanan tambahan.

    • kesimpulan: sebagian bayu minum asi dan diberi makanan tambahan

  14. Semua hewan adalah makhluk hidup. Semua makhluk hidup akan mati. Kucing adalah hewan yang mempunyai ekor. Tidak semua hewan berekor dapat memanjat. Jadi …

    • Kucing akan mati

  15. Indah lebih tinggi dari Ade, dan Sulastri lebih pendek dari Indah. Kesimpulan yang dapat diambil dari pernyataan di atas adalah …

    •  Sulastri dan Ade lebih pendek dari Indah

gambar2 :

  1.  

Tips dan Trik

  1.  Tes Penarikan Kesimpulan (Silogisme)

    • untuk soal2 perbandingan yang biasanya punya ciri2 pake kata "LEBIH" atau "DARIPADA", maka solusi termudahnya adalah dengan cara digambar/ditulis

    • Dalam soal-soal SILOGISME sering dijumpai kata-kata sementara atau semua. Jika anda menemui kata: 

      • Sementara/ sebagian/ beberapa/ ada/ mungkin semua, maka artinya adalah TIDAK SEMUANYA atau MINIMAL SATU ANGGOTA. (jika dalam gambar, gunakan 2 tanda panah).

      • Semua/ setiap, artinya adalah SELURUH ANGGOTA TANPA KECUALI. (jika dalam gambar, gunakan 1 panah saja).

      • kalimat yang tidak didahului oleh kata 

      • semua/ beberapa maka maksudnya adalah SEMUA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>