Contoh Soal Fungsi

 

 

 

 

 

 

Pada mata pelajaran matematika, kita sering mendengar istilah “fungsi”. Sebenarnya, apa yang dimaksud “fungsi” dalam matematika? Fungsi merupakan pemetaan himpunan A ke himpunan B dimana fungsi merupakan relasi khusus yang memasangkan (memetakan) setiap anggota himpunan A dengan tepat (hanya dengan satu) anggota B. Fungsi (pemetaan) dapat dinyatakan dalam bentuk: diagram panah, himpunan pasangan berurutan, diagram kartesius, notasi fungsi, dan rumus fungsi. Beberapa contoh soal fungsi dibawah ini bisa membantu kita mempalajari lebih jauh tentang fungsi itu sendiri.

 

 

CONTOH SOAL FUNGSI

 

1. Jika f(x)=x+1, maka f(2x) adalah:

 

A. 2f(x)

B. 2f(x)-1

C. 2-f(x)

D. f(x)+2

E. 1-2 f(x)

 

 

2. Jika untuk segitiga ABC diketahui cos A cos B = sin A dan sin A cos B = cos A sin B, maka segitiga ABC adalah segitiga:

 

A. siku – siku dan samakaki

B. tumpul

C. samakaki tak siku-siku

D. samasisi

E. siku-siku tak sama kaki

 

 

3. Jika nilai minimum f(x) = 4 cos x + p sin x + 8 adalah 2, maka nilai maksimum fungsi tersebut adalah:

 

A. 18

B. 14

C. 17

D. 15

E. 16

 

 

4. Turunan pertama dari Y = 1/4 sin 4x adalah:

 

A. Y’ = cos 4x

B. Y’ = 1/4 cos 4x

C. Y’ = cos x

D. Y’ = cos 4x

E. Y’ = 1/4 cos x

 

 

5. Volume sebuah kotak yang alasnya bujur sangkar adalah 2 liter. Biaya pembuatan per satuan luas bidang alas dan atas kotak adalah dua kali biaya pembuatan per satuan luas bidang sisinya. Biaya pembuatan yang minimum tercapai bila luas permukaan kotak adalah:

 

A. 12 dm2

B. 4 dm2

C. 10 dm2

D. 6 dm2

E. 8 dm2

 

 

6. Di dalam suatu kerucut lingkaran tegak dengan tinggi t dan jari – jari alas r dibuat tabung lingkaran tegak dengan alas dan sumbu berimpit dengan alas dan sumbu kerucut. Jika V1 menyatakan volume kerucut dan V2 adalah maksimum volume tabung yang dapat dibuat, maka V1 : V2 adalah:

 

A. 27:8

B. 3:1

C. 9:8

D. 3:2

E. 9:4

 

 

7.  

 

 

 

8.

 

 

 

9.

 

 

 

10.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>