Contoh Soal Fisika Farmasi

Contoh Soal

  1. Apakah fungsi listrik – magnet dalam aplikasi Farmasi apabila dilihat fungsi resistivitas, konduktivitas dan medan magnet.

  2. Salah satu warna cahaya spektrum matahari adalah warna merah yang memiliki frekuensi 5,25 x 1014 Hz. Berapakah panjang gelombang cahaya merah ?

  3. Jelaskan alat optik yang digunakan dalam Farmasi serta fungsi apakah yang bekerja pada perlatan tersebut.

  4. Bagaiman pengaruh tubuh manusia jika terkena paparan medan elektromagnet dalam intensitas yang tinggi

  5. Pulsa gelombang radar dipantulkan oleh sebuah benda dan diterima kembali setelah 6 x 10-5 s sejak gelombnag itu dipancarkan. Berapa jauhkah jarak benda dengan radar ?

  6. Logam X berpijar sehingga ruang di sekitarnya menjadi terang. Berapakah besar frekuensinya jika panjang gelombang cahaya yang berpijar itu 300 nm ?

  7. Cahaya hijau mempunyai panjang gelombang 5000 A berapakah frekuensinya ?

  8. Seorang mengamati sebuah sumber gelombang elektromagnet yang mempunyai daya keluaran 250 W dari jarak 1,8 m. Berapakah besarnya radiasi medan listrik dan medan magnetik rms yang diterima pengamat ? dan apakah efeknya bagi masyarakat

  9. Setiap sekon di matahari terjadi perubahan 4 x 109kg materi menjadi energi radiasi. Jika laju cahaya dalam vakum adalah 3 x 108 m/s. Berapakah daya yang dipancarkan ?

  10. Sebuah mikroskop dengan fokus lensa obyektif dan okuler masing masing 8 mm dan 25 mm, bayangan nyata yang dibentuk oleh lensa obyektif berada pada jarak 16 cm dari lensa obyektif.jika pengamatan dilakukan dengan berakomodasi maksimum oleh seorang yang bermata normal tentukanlah perbesaranya. Dan jika pengamat ingin mengamati tanpa berakomodasi maka apakah yang arus dilakukan.

  11. Pulsa gelombang radar dipantulkan oleh sebuah benda dan diterima kembali setelah 6 x 10-5 s sejak gelombnag itu dipancarkan. Berapa jauhkah jarak benda dengan radar ?

  12. Seorang pelaut mengukur kedalaman laut dari atas kapalnya dengan gelombang EM, ternyata gelombang itu dapat kembali setelah 5 msekon. Berapakah kedalaman laut tersebut ?

  13. Logam X berpijar sehingga ruang di sekitarnya menjadi terang. Berapakah besar frekuensinya jika panjang gelombang cahaya yang berpijar itu 300 nm ?

  14. Cahaya hijau mempunyai panjang gelombang 5000 A berapakah frekuensinya ?

  15. Sebuah kapal terbang yang berada 10 km dari sebuah pemancar radio menerima sinyal dengan kekuatan 10 mW/m2. Hitunglah berapa kuat medan listrik dan medan magnet rata rata yang diterima oleh pesawat !

  16. Seorang mengamati sebuah sumber gelombang elektromagnet yang mempunyai daya keluaran 250 W dari jarak 1,8 m. Berapakah besarnya radiasi medan listrik dan medan magnetik rms yang diterima pengamat ? dan apakah efeknya bagi masyarakat

  17. Sebuah pesawat penumpang menerima sinyal tanda bahaya dari suatu bandara ketika pesawat itu tepat melintas bandara. Seorang oerator di bandara menerima sinyal pantuan dari pesawat setelah 0,00025 s sejak ia mengirimkan sinyal. Berpakah ketinggian pesawat itu ?

  18. Sebuah osilator listrik dapat membangkitkan gelombang elektromagnetik dengan rapat energi 10-9N/m2. Berapakah kuat medan listrik pada osilator tersebut ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>