Soal Bahasa Indonesia Kelas Xii

Soal Bahasa Indonesia Kelas XII

LATIHAN SOAL

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Program Studi : .IPA/IPS

Jumlah Soal : 50

Bentuk Soal : Pilihan Ganda

Bentuk Penilaian : Tertulis

Cermatilah paragraf berikut untuk menjawab soal 1 dan 2

Pada musim penghujan nyamuk dapat berkembang biak dengan sangat cepat banyak sekali penyakit yang dapat ditularkan oleh hewan kecil yang satu ini. Salah satunya adalah penyakit kaki gajah (filariasis). Penyakit ini disebabkan 0leh cacing filaria (Wuchereria bancrofti). Cacing ini dapat ditularkan melalui berbagai gigitan nyamuk, kecuali nyamuk mansoni. Penyakit ini bersifat menahun (kronis) dan bila tidak mendapat pengobatan dapat menjmbulkan cacat menetap berupa pembengkakan kaki, lengan dan alat kelamin, baik pada pria maupun wanita. Akibatnya penderita penyakit kaki gajah tidak dapat bekerja dengan optimal, bahkan hidupnya harus selalu bergantung pada orang lain.

1. Pertanyaan yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah …

a. Siapakah yang dapat terjangkit filariasis?

b. Apakah pengaruh gigitan nyamuk bagi penderita kaki gajah?

c. Mengapa Indonesia terserang penyakit kaki gajah?

d. Apakah penyebab penyakit kaki gajah ?

e. Bagaimana cara mengatasi wabah penyakit kaki gajah?

2. Istilah yang dicetak tebal pada paragraf tersebut bermakana…

a. Baik

b. Maksimal

c. Terbaik

d. Menguntungkan

e.

Bacalah tajuk rencana berikut!

(1)Kalangan pecinta lingkungan tak henti-hentinya mengkritik proyek reklamasi kawasan Ancol dan Pantai indah kapuk karena merusak ekologi (2) yang tetap harus diingat,reklamasi membuat area disekitar menjadi wilayah langganan banjir.(3) Jangan sampai proyek itu hanya menguntungkan segelintir pejabat dan pengusaha,tetapi merugikan sebagian besar warga Jakart,khususnya yang tinggal di wilayah pesisir.(4) Boleh jadi,pulau hasil reklamasi bakal disulap menjadi sebuah tempat ekslusif bagi kalangan berduit. (5) Kalau itu terjadi, kehidupan warga Jakarta yang cenderung individualis akan semakin kental dan membuat kesenjangan kehidupan antar warga semakin kentara.(6) Kondisi ini bisa memicu pertentangan antarkelas dalam masyarakat yang berujung pada kerusuhan sosial.

3. Kalimat fakta terdapat pada….

a.(1)

b.(2)

c.(3)

d.(4)

e.(5)

Bacalah teks berikut dengan cermat

Betapa kaya ragam busana busana daerah di Indonesia. Hampir semua etnis nusantara memiliki busana adat tersendiri. Bila selama ini kita lebih akrab dengan kebaya sebagai identitas busana tradisional,maka sebelum diklaim sebagai karya bangsa,sudah saatnya kita mengenal ragam busana nusantara yang juga merupakan salah satu ikon busana nasional,yakni baju bodo.Percaya atau tidak,baju bodo yang berasal dari Bugis, Sulawesi Selatan,teryata salah satu busana tertua di dunia.

4.Ide pokok paragraf tersebut adalah…..

a.Ragam busana daerah di Indonesia

b.Busana bodo salah satu busana tertua di dunia

c.Busana nusantara ikon busana nasional

d.Bugis daerah asal baju bodo

e.Mengenal ragam busana nusantaraw

(1)Banjir kiriman di Kabupaten dan Kota Pasuruan pada Rabu (30/1) sore hingga malam mulai menelan korban jiwa. (2) Kepala Bakesbang Linmas Kabupaten Pasuruan, Sunarto, mengungkapkan, pihaknya mulai mendapat laporan tentang warga yang hanyut akibat derasnya banjir. (3) "Kami belum dapat data rinci dan daerahnya," kata dia, Rabu malam. (4) Di luar korban hanyut, dikabarkan juga empat orang tersengat listrik. (5) Namun, menurut Sunarto, pemerintah belum memberi bantuan makanan terhadap korban.

5. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat . . . .

a. (1)

b. (2)

c. (3)

d. (4)

e. (5)

Bacalah paragraf berikut dengan seksama

(1) Sulawesi Selatan merupakan wilayah yang kaya budaya dan etnis. Etnis Bugis,Makasar, Toraja dan Mandar merupakan empat suku mayoritas di wilayah Propinsi Sulawesi selatan. (2) Memiliki keragaman bahasa yang berbeda pada tiap etnis.(3) Kini Mandar secara administratif berada di wilayah propinsi Sulawesi Barat.(4)Keempat etnis itu mempunyai busana pengantin yang nyaris serupa.(5) Masyarakat suku Bugis,Makasar,Torajadan Mandar menyebut busana itu dengan sebutan baju bodo

6.Kalimat yang tidak padu pada paragraf tersebut adalah kalimat nomor…

a.Kalimat no 1

b.Kalimat no 2

c Kalimat no 3

d.Kalimat no 4

e.Kalimat no 5

Gejala flu burung pada dasarnya sama dengan gejala flu yang biasa menyerang manusia. Hanya saja,gejala flu burung cenderung lebih sering dan cepat menjadi parah dibanding flu biasa. Gejala dapat bervariasi, tidak harus semua gejala ada,bisa berbeda dari orang ke orang,tegas dr.Tjandra . Masa inkubasi,antara mulai tertular dan timbulnya gejala penyakit,menurut WHO,adalah sekitar tiga hingga tujuh hari .

Gejala yang ada berkisar pada demam yang semakin lama semakin tinggi,dapat mencapai 39 derajat Celcius,batuk,sakit tenggorokan,sakit kepala,dan nyeri sendi,tidak mempunyai nafsu makan,sampai infeksi selaput mata. Bila keadaan makin memburuk,dapat terjadi severe respiratori distres,yang ditandai dengan sesak nafas hebat,kadar oksigen darah yang rendah,serta peningkatan kadar karbondioksid,jelas dr.Tjandra kepada penduduk desa.

7.Fakta yang terdapat dalam paragraf tersaji adalah….

a.Gejala Flu burung yang menyerang manusia menurut dr.Tjandra tidak sama

b. Gejala flu burung sama dengan flu biasa

c.Gejala flu burung cepat menjadi parah

d. Dokter Tjandra menjelaskan gejala flu burung kepada penduduk desa

e.masa inkubasi flu burung menurut WHO 3-7 hari

Peningkatan fungsi dan peran olahraga menyebabkan olahraga tidak hanya menjadi kesenangan atau pengisi waktu luang. Olahraga telah menjadi kebutuhan hidup untuk kesegaran jasmani, sehingga dapat meningkat kualitas produktivitas manusia Indonesia yang seperti diamanatkan dalam GBHN.

8.Kesimpulan isi paragraf di atas yang paling tepat adalah …

a.Olahraga harus menjadi kebutuhan hidup

b.Perlunya peningkatan fungsi dan peran olahraga

c.Olahraga jangan hanya dijadikan kesenangan

d.Olahraga harus dapat meningkatkan kesegaran jasmani

e.Olahraga harus meningkatkan kualitas dan produktivitas hidup

1)Virus flu burung dua tahun belakangan ini sudah membuat puluhan korban tewas sia-sia. (2) Bahkan, tercatat Indonesia merupakan salah satu negara dengan korban paling besar di dunia. (3) Usaha pencegahan yang dilakukan pemerintah selama ini terkesan tidak efektif. (4) Buktinya, korban terus saja bertambah. (5) Oleh karena itu, pemerintah harus berusaha meningkatkan pencegahan virus flu burung agar korban tidak terus bertambah.

9.Opini dalam paragraf tersebut adalah kalimat nomor ..

a. 1 dan 3 b. 1 dan 4 c.3 dan 4 d.3 dan 5 e.4 dan 5

Perhatikan tabel kepadatan penduduk di Indonesia berikut!

10.Berdasarkan grafik diatas pengunjung perpustakaan yang paling banyak terjadi pada …

a. Januari dan Juli

b. Juli dan Desember

c. Oktober dan Nopember

d. September dan Desember

e. Juli dan Agustus

11.kesimpulan yang tepat berdasarkan grafik tersebut…

a.pengunjung paling banyak terbanyak dibulan januari

b.Pengunjung perpustakaan yang tertinggi terjadi pada awal tahun ajaran

c. pengunjung perpustaan tiap tahunnya mengalami peningkatan

d.Pengunjung perpustakaan dibulan agustus mengalami peningkatan yang sangat pesat

e. Pengunjung perpustakaan mengalami peningkatan di bulan nopember

Bacalah Hikayat itu dengan cermat

(1)Di bawah pohon itu ada seekor kura-kura.(2) Tiap-tiap ada buah jatuh, diambilnya dan dimakannya.(3) Karena tiap hari demikian,timbullah sangka dalam hatinya, mungkin karena hendak berbuat kebaikan maka kera dengan sengaja menjatuhkan buah itu .(4) Oleh sebab itu,timbullah keinginannya untuk bersahabat dan berseru-serulah ia mengajak kera berkenalan.(5)Demikian lah maka ajakan itu diterima dengan baik oleh kera dan mulai hari itu kedua makhluk itupun bersahabat,berkasih-kasihan. (6)Syahdan kura-kura itu pun lupa akan anak dan istrinya.(7) Kura-kura telah lama tidak pulang sehingga susahlah hati istrinya dan mengadulah ia kepada tetangganya.(8) Kuatir aku katanya, kalau-kalau ada sesuatu marabahaya menimpa suamiku maka tiada akan pulang.(9)Kata orang , suamimu selamat. Jawab tetangganya.(10)Dia tinggal ditepi pantai bersahabat dengan seekor kera.(11)Itulah sebabnya ia lupa padamu.(12) Menurutku kamu tidak dipedulikan lagi.

12.Isi hikayat tersebut adalah…

a.Perselisihan antara kera dan istrinya

b. Pertentangan pendapat antara kera dan kura-kura

c. Persahabatan antara kera dan kura-kura

d.Hasutan seseorang kepada istri kura-kura

e. Perbuatan kera yang melupakan anak istrinya

13.Penggunaan bahasa yang menunjukan karakteristik karya Sastra Melayu Klasik terdapat pada kalimat..

a. 1,2,3,4,5,6

b. 2,3,4,5,6,7

c. 3,4,5,6.7,8

d. 4,5,6,7,8,9

e. 1,2,9,10,11,13

Bacalah kutipan teks berikut dengan saksama!

.Pagi harinya, dalam keadaan sangat kelelahan, saya perintahkan dua orang satpam yang baru bergilir, ke pemakaman untuk menengok kuburan ayah. Beberapa saat kemudian satpam itu menelepon bahwa kuburan ayah telah kosong. Ini berarti jenazah ayah telah kabur lagi. Saya belum mau membangunkan ibu dan adik-adik karena pasti masih kelelahan dan dalam ketegangan. Lalu saya lari ke seorang Kiai yang menjadi penasihat keluarga kami.

"Bumi menolak jenazah ayah Nakmas," kata Kiai itu penuh keyakinan. "Kenapa tanah menolak ayah yang telah jadi mayat, Kiai?"tanya saya. "Karena ayah Nakmas tidak bersahabat dengan tanah," jawab Kiai. "Tidak bersahabat bagaimana, Kiai?"

"Ayah Nakmas memusuhi tanah." "Memusuhi tanah, Kiai?" "Ayah Nakmas menjadikan tanah sebagai barang dagangan sambil menyengsarakan warga miskin yang sudah puluhan tahun tinggal di situ." "Ayah saya membeli tanah itu, Kiai."

"Ayah Nakmas tidak membeli semua tanah yang dibebaskan, tapi menyengsarakan tanah."

"Menyengsarakan?"

"Ayah Nakmas tidak memindahkan kuburan di tanah yang sudah dibebaskan itu.

Tidak peduli terhadap mesjid, sumur, maupun pohon, yang ikut menopang kehidupan di situ,

langsung dirobohkan begitu saja."

14.Nilai yang tergambar pada kutipan di atas adalah . . . .

a. Nilai moral dan nilai agama

b. Nilai agama dan budaya

c. Nilai agama dan pendidikan

d. Nilai sosial dan pendidikan

e. Nilai moral dan pendidikan

f.

Prabawati beberapa hari tinggal bersedih karena kepergian suaminya untuk mencari nafkah. Tetapi, sahabat-sahabatnya membujuknya dengan menyuruhnya mencari seorang kekasih. Prabawati menetapkan untuk mencoba berbuat demikian lalu berhiaslah ia. Burung bayan betina mencoba mencegah perbuatan itu dengan memperlihatkan betapa salahnya kelakuan demikian dan dengan menempelkannya. Tetapi, hasilnya ia hampir dipatahkan lehernya oleh Prabawati. Untunglah ia dapat lari menghindarkannya.

15.Pesan moral yang tersirat dari penggalan cerita di atas adalah….

a.Sayangilah binatang piaraan Anda.

b.Jangan turuti bujukan menyesatkan.

c.Jangan menyakiti pihak yang mau memperingatkan kesalahan kita.

d.Jadilah seorang suami yang mau bekerja keras.

e.Bersabarlah dengan siapapu

Bacalah kutipan novel berikut!

Ibu Sati senantiasa membersihkan diri.Setiap kotoran yang menempel di rumah ditepisnya jauh-jauh. Ia manjakan indra-indranya dengan aroma wangi lilin temaram,sunyi alam. Panas tubuhnya senantiasa ia inginkan seperti hujan yang membasuh wajah bumi. Dan semua itu dilakukannya dengan penuh bakti. Layaknya sebuah panggilan,bukan beban. Pertanyaanku terjawab.Ia tidak mungkin bosan.

Supernova Petir

16.Sudut pandang yang digunakan dalam penggalan novel tersebut adalah….

a. Orang pertama pelaku sampingan

b. Orang pertama dan ketiga

c. Orang ketiga pelaku utama

d. Orang pertama pelaku utama

e. Orang ketiga serbatahu

(1) Bapak bangkit berdiri. (2) Disepaknya batu asahan hitam yang ada di ujung kakinya. (3) Batu menggelosor, berhenti lima langkah di depan bapak setelah menabrak akar pohon mangga yang mencuat dari dalam tanah. (4) Bapak melangkah garang. (5) Matanya tajam menatap sekeliling halaman. (6) Sinar matahari pagi yang hangat seakan berubah redup, tak sanggup menandingi sorot mata bapak yang memendam amarah.

Dendam Bapa, cerpen: Bagus S. Pramudya

17.Watak Bapak yang emosional dibuktikan pada kalimat nomor .

a. 1,2,3 b. 2,3,4, c.3,4,5 d.4,5,6 e. 5,6,2

Bacalah dengan seksama!

Selamat pagi Singapura! teriakku sambil merentangkan kedua lengan dan menjulurkan kepala ke luar jendela. Fiuh, segar juga udara pagi ini. Kucoba menjulurkan kepala lebih ke luar, tetapi seram. Ini tingkat dua belas, kalau terjatuh aku mungkin sudah jadi bubur.

Ah, sebenarnya pagi itu sama seperti pagi kemarin. Kemarinnya lagi, dan kemarin dulu. Pagi ini nenek di gedung seberang kembali tertawa lebar memamerkan gigi ompongnya. Ternyata setiap hari jadwal menengok jendela nenek itu sama denganku.

(Novel Jendela-jendela, Fira Basuki)

18.Pendeskripsian watak tokoh aku yang digunakan pengarang dalam penggalan novel tersebut diketahui melalui ….

a. Uraian langsung dari tokoh

b. Dialog antar tokoh

c. Pikiran tokoh

d. Lingkungan tokoh

e. Tanggapan tokoh lain

Teks berikut untuk soal 19,20,dan 21

."Walaupun dengan sedih hati, tetapi terpaksa hamba akan membawa tuan ke dalam penjara, atas kemauan Datuk Maringgih." "Dan hamba terpaksa pula menyita rumah dan sekalian harta tuan hamba," kata pegawai yang lain.

Ayahku tiada dapat menyahut apa-apa lain daripada, "Lakukan kewajiban tuan-tuan!"

Tatkala kulihat ayah akan dibawa ke dalam penjara, sebagai seorang penjahat yang bersalah besar, gelaplah mataku dan hilanglah pikiranku dan dengan tiada kuketahui, keluarlah aku, lalu berteriak," Jangan dipenjarakan ayahku! Biarlah aku jadi istri Datuk Maringgih!" Mendengar perkataanku, tersenyumlah Datuk Maringgih dengan senyum, yang pada penglihatanku, sebagai senyum seekor harimau yang hendak menerkam mangsanya, dan terbanglah sukacitanya dan berahi serta hawa nafsu hewan kepada matanya, sehingga terpaksa aku menutup mataku. Ayahku tiada berkata apa-apa melainkan datang memeluk aku, sambil bertanya, "Benarkah katamu itu?" Seperti suatu perkakas mengangguklah aku, karena mengeluarkan perkataan tak dapat lagi.

Siti Nurbaya, Marah RusliN

19.Konflik pada diri aku dalam kutipan tersebut adalah …

A. Mata si aku menjadi gelap dan pikirannya hilang.

b. Ketidaksanggupan si aku melihat nasib ayahnya.

C. Si aku menyimpan rasa dendam yang sangat besar.

D. Si aku menahan rasa sedih yang sangat dalam.

E. Ketidaksanggupan si aku mengeluarkan kata-kataSoal

20.Penyebab konflik pada diri si aku adalah …

A. Si aku dipaksa kawin oleh ayahnya dengan Datuk Maringgih sebagai pelunas hutangnya.

B. Si aku dipaksa menutup matanya oleh Datuk Maringgih sewaktu Datuk Maringgih memandang si aku.

C. Rumah si aku disita seraca kasar dan dipaksa untuk pembayar utangnya kepada Datuk Maringgih.

d. Ayah si aku akan dibawa ke penjara oleh Datuk Maringgih sebagai seorang penjahat yang bersalah besar.

E. Si aku kasihan melihat ayahnya tidak dapat berkata-kata sewaktu dibentak dan ditanya oleh Datuk Maringgih.

21.Peristiwa akibat konflik pada diri si aku adalah …

a. Si aku berteriak mengatakan bahwa dia bersedia menjadi istri Datuk Maringgih.

B. Datuk maringgih memenjarakan ayah si aku karena tidak mau menjerahkan anaknya.

C. Si ayah menyerahkan si aku kepada Datuk Maringgih dan menyuruh memperistrinya

D. Ayah aku tidak berkata apa-apa melainkan datang memeluk si aku, sambil bertanya.

E. Si aku mempertahankan rumahnya dan menolak dikawinkan dengan Datuk Maringgih

Puisi berikut untu soal 22 dan 23

Pada langkah pertama keduanya sama baja

pada langkah ketiga rubuhlah Atmo Karpo

panas luka-luka, terbuka daging kelopak-kelopak

angsoka.

Malam bagai kedok hutan bopeng oleh luka

pesta bulan, sorak-sorai, anggur darah.

Joko Pandan menegak, menjilat darah di pedang

ia telah membunuh bapanya.

Balada terbunuhnya Antmokarpo, W.S. Rend

22.Kata baja yang tercetak tebal dalam kutipan puisi tersebut melambangkan ….

A. kesaktian seseorang

B. keberanian seseorang

c. kekuatan seseorang

D. kesadiasan seseorang

E. ketegaran seseorang

23.Isi puisi tersebut mengungkapkan ….

A. Kesaktian seseorang pada saat terjadinya pertempuran hebat di sebuah desa pada suatu malam.

b. Pertempuran sengit yang terjadi antara anak dan ayah dan berakhir dengan kemenangan di pihak si anak

C. Ketidakberdayaan seseorang melawan sebuah kejahatan yang meresahkan masyarakat di sebuah desa

D. Kekuatan, kesadisan, dan kebrutalan seseorang tanpa belas kasihan sedikit pun terhadap rakyat kecil

E. Penindasan yang tidak ada henti-hentinya oleh penjahat dan meresahkan keamanan masyarakat`

Karangan Bunga

Tiga anak kecil

Dalam langkah malu-malu

Datang ke Salemba

Sore itu

Ini dari kami bertiga

Pita hitam dalam karangan bunga

Sebab kami ikut berduka

Bagi kakak Ayang ditebak mati siang tadi.

24.Amanat puisi tersebut …..

a.Perjuangan sekelompok anak kecil yang turut berduka

b. Segeralah ke Salemba untuk menuntut keadilan

c. Berjuanglah untuk mempertahankan golongan tertentu

d. Hendaklah kita menghargai pengorbanan yang mambela kebanaran.

e. Segala perjuangan bila tidak dilandasi dengan keimanan akan terkalahkan.

Habis kikis

Segala cintaku hilang terbang

Pulang kembali aku pada-mu

Seperti dahulu

Kaulah kemerlap

Pelita jendela di malam gelap

Melambai pulang perlahan

Sabar setia selalu

25.Tema puisi di atas adalah…..

a. Kecintaan

b. Kepasrahan

c. Kesetiaan

d. Kemanusiaan

e. Ketuhanan

26.Perhatikan gurindam tersebut

Hati itu kerajaan di dalam tubuh

Jikalau zalim segala anggotapun rubuh

Isi gurindam di atas adalah…

a.Baik buruknya hati menentukan baik buruknya perbuatan

b. Baik buruknya perbuatan menentukan baik buruknya hati

cKezaliman adalah pangkal segala kejahatan

d. Hati yang kotor menyebabkan rubuhnya anggota tubuh

e. Kezaliman adalah segala bentuk kejahatan

Seorang siswa berjalan keluar kelas dengan langkah gontai .Wajahnya terlihat lusuh setelah bergulat dengan pelajaran sejak pagi. Rambutnya…….dan ….Tas hitam dipunggungnya seperti bahan yang memberatkannya. Suara riuh teman-temanya tidak dihiraukan

27.Frase adjektifa yang tepat untuk melengkapi paragraf deskripsi tersebut adalah…….

a. terlihat rapih,menarik hati

b. terlihat lusuh sangat kusut

c. agak panjang , tidak rapi

d. Hitam legam,disisir rapi

e. Acak-acakan,tidak enak

Setiap atlit profesional, pada saat bertanding pasti

menggunakan metoda bermain secara konsekwen,berbeda dengan amateran

28.Perbaikan kata bercetak miring dalam kalimat tersebut

yang tepat adalah….

a. atlet, propesional, methoda, konsekwen, amatiran

b. atlet, profesional, motode, konsekuen, amatiran.

c. atlet, profesionil, methode, konsekuen, amatiran.

d. atili, profesi, mothodic, konsekwen, amatir.

e. atlit, professional, metodologi, konsekwen, amatir

PU : Anak yang baik selalu patuh kepada orang

PK : Rudi adalah anak yang baik.

K : Rudi patuh kepada orang tua.

29.Entimen dari silogisme tersebut adalah…..

a. Rudi anak yang baik karena baik karena patuh kepada orang tua.

b. Rudi patuh kepada orang tua karena Rudi adalah anak yang baik.

c. Rudi anak yang patuh pada orang tua serta anak yang baik.

d. Anak yang baik adalah Rudi karena ia patuh kepada orang tua.

e. Anak yang baik dan patuh kepada orang tua adalah Rudi.

Tubuh manusia dapat diibaratkan seperti lingkungan atau bumi. Kondisi lingkungan kita di masa yang akan datang tentunya bergantung pada perilaku kita terhadap lingkungan itu. Bila kita terus mencemari bumi dengan limbah beracun, tentu kita akan mewariskan bumi yang gersang dan berbau.

30.Simpulan yang tepat untuk melengkapi paragraph analogi tersebut adalah……

a. Demikian juga dengan tubuh kita, bila gaya hidup yang tidak benar, suatu saat tubuh kita akan rusak, seperti bumi yang tercemar.

b. Maka antisipasilah tubuh kita dengan makanan yang dibutuhkan tubuh seperti yang dibutuhkan bumi.

c. Tentu akan mengalami sesuatu yang sangat busuk dan berbau sebab tubuh kita tidak bias menolerasinya

d. Tubuh kita akan menjadi renta,rapuh seperti pohonpohon yang kekurangan air di musim kering

e. Perkebunan dan petumbuhan lingkungan mampu mengantisipasi permasalahan tersebut. Oleh karena itu, ubahlah gaya hidup

Pantai Baron dan Pantai Parangtritis di Yogyakarta merupakan obyek wisata yang indah.Demikian pula Pantai Carita di Jawa Barat. Di Bali keindahan Sanur dan Kuta bahkan menjadi obyek wisata impian para turis.

31.Kesimpulan generalisasi yang tepat untukmelengkapi paragraf di atas adalah…..

a.Indonesia memang meniliki banyak wisata pantai

b.Pantai selalu dijadikan obyek wisata bagi para turis

c.Pantai Indonesia,khususnya di Bali,adalah obyek wisata impian

d.Kebanyakan obyek wisata di Indonesia berupa pantai

e.Pantai-pantai di Indonesia merupakan obyek wisata yang indah

kita tidak…..beratnya sanksi bagi pelanggar….lalu lintas karena hal itu…..bukan merupakan sumber masalah.

32.Kata yang tepat untuk melengakapi kalimat rumpang

tersebut adalah…….

a. dipersoalkan, pengaturan, pembenarannya.

b. mempersoalkan, pengaturan, kebenarannya.

c. memepersoali, peraturan, dibenarkannya.

d. dipersoalkan, peraturan, sebenar-benarnya.

e. mempersoalkan, peraturan, sebenarnya.

Gempa bumi membuat warga sangat menderita. Mereka terpaksa harus tinggal di tenda-tenda……rumah mereka hancur. Tidak sedikit dari mereka yang kehilangan harta,kendaraan,……sanak saudara.Penderitaan itu…..fisik….psikis.

33.Kata penghubung yan tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada paragraf tersebut adalah…..

a. sebab,dan,bukan hanya-melainkan juga

b. sebab,dan,tidak hanya-tetapi juga

c. karena,bahkan,tidak hanya-tetapi juga

d. karena,dan,bukan hanya-tetapi juga

e. oleh karena,bahkan,tidak hanya-tetapi juga

34.Penulisan judul karya tulis yan tepat adalah……

a. Udara Bersih Dan Sehat Dambaan Masyarakat di Indonesia.

b. Udara bersih dan sehat dambaan masyarakat di Indonesia.

c. Udara Bersih dan Sehat Dambaan Masyarakat di Indonesia

d. Udara Bersih Dan Sehat Dambaan Masyarakat Di Indonesia.

e. Udara bersih dan Sehat Dambaan Masyarakat di Indonesia.

35.

Zahara : (dengan wajah memerah) Reza apa maksudmu dengan semua ini?Kau mempermalukan Uni dihadapan Bapak! Aku ngga mau Kau memfitnah Uni seperti ini ! Kurang apa aku? Sebagai kakak ipar aku sudah banyak berkorban untukmu untuk keluarga

Reza : Ga! Aku cuma mengatakan bahwa Uni tidak mau menolong adik kandung Uni sendiri

Zahara : Siapa bilang! Kurang apalagi sih pertolongan yang sudah aku berikan ? Mulai dari kamu mengawini adikku sampai sekarang kamu selalu merongrongku.Puluhan juta bahkan mungkin ratusan juta uangku sudah habis untuk menolong menopang biaya keluargamu! Kamu benar-benar suami yang tidak bertanggung jawab terhadap keluarga! Kurang ajar ! tidak tahu berterima kasih ! Apalagi balas budi!

Reza : Itukan sudah menjadi kewajiban seorang kakak kepada adiknya.

Zahara:…………..

36.Peribahasa yang tepat untuk melengkapi dialog yang rumpang pada teks drama tersebut adalah…..

a. Bagai kerakap tumbuh di batu

b. Air susu dibalas dengan air tuba

c. Seperti kacang lupa kulit

d. Seperti menolong anjing terjepit

e. Seperti anjing dengan kucing

Orang itu memang plin-plan dan memiliki pendirian tidak tetap, dia bagaikan air di atas daun talas.

Peribahasa yang mempunyai makna sama dengan

37.peribahasa di atas adalah …

a. Ke mana angin bertiup ke situ condongnya.

b. Ada udang di balik batu

c. Bagai kernau dicocok hidung.

d. Air susu dibalas air tuba

e. Bagai api dalam sekam

38: Pada umumnya masyarakat desa hidup dari pertanian. Pada masyarakat yang demikian luas tanah sangat mempengaruhi kemakmuran mereka. Ketika penduduk desa belum begitu banyak dan luas, daerah untuk pertanian masih cukup untuk menghidupi mereka, tidak ada persoalan. Sekarang penduduk desa tumbuh terus,sedangkan luas tanah tidak bertambah,sehingga tanah yang digarap pun semakin sempit…..

Kalimat yang berupa akibat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah……..

a.Perekonomian masyarakat menurun drastis

b. Masyarakat harus mau menerima kenyataan

c. Pemerintah desa harus berusaha menciptakan lapangan kerja yang baru

d. Timbullah kekurangan penghasilan karena sedikitnya lahan garapan

e. Masyarakat terpaksa harus mencari pekerjaan lain.

39 Judul KaryaTulis : Pelestarian Budaya Keraton Surakarta

Latar belakang : Budaya keraton mulai terancam disebabkan oleh masuknya budaya lain yang berkembang dengan cepat

Kalimat efektif untuk perbaikan kalimat latar belakang tersebut adalah….

a. Budaya keratan baru terancam disebabkan masuknya budaya lain

b. Budaya keraton mulai terancam disebabkan berkembangnya budaya lain

c. Budaya keraton mulai terancam disebabkan budaya lain berkembang dengan cepat

d. Budaya keraton terancam budaya lain yang masuk dan berkembang secara cepat

e. Budaya keraton terancam masuknya budaya lain berkembang cepat

40 Judul Karya Tulis : Bahasa Remaja dalam Majalah Remaja

Latar belakang yang sesuai dengan judul karya tulis tersebut adalah…..

a. Para penerbit majalah remaja menggunakan tata bahasa yang tidak baku untuk menarik perhatian dan minat para remaja dalam membaca

b. Bahasa Indonesia yang digunakan remaja di Indonesia cenderung memilih ragam santai, begitu pula dalam majalah remaja saat ini

c. Karya tulis ini akan menguraikan masalah tata bahasa remaja dalam majalah remaja yang cenderung menggunakan tata bahasa nonbaku

d. Para remaja menggunakan tata bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk menambah perbendaharaan kata melalu bacaan remaja

e. Tata bahasa baku sebenarnya cukup penting dan tepat untuk mendidik para remaja agar bertutur dengan sopan

41 Perlakuan tidak manusiawi kepada PRT( Pembantu Rumah Tangga), juga dalam bentuk penganiayaan,penyiksaan,perkosaan,bahkan sampai pada pembunuhan, Munculnya perilaku menyimpang terhadap PRT disebabkan oleh berbagai faktor misalnya: keruwetan keluarga, emosional,gangguan jiwa,dan sebagainya. Penganiayaan terhadap PRT merupakan salah satu bentuk kekerasan dalam keluarga.

Perbaikan kata kias yang bercetak tebal pada paragraf tersebut adalah….

a. sesuka hati,kebiasaan seseorang

b. semauanya,kejadian yang luar biasa

c. tindak semena-mena,tingkah laku yang tidak baik

d. berperikemanusiaan,kelainan seseorang

e. menurut seleranya, sifat jahat dan congkak

.Cermati Iklan berikut

LOWONGAN KERJA

Perusahaan yang bergerak di sektor logging di Kalteng memerlukan tenaga kerja,sebagai berikut.

1.Pengawas mekanik alat berat

Syarat-syarat

Mempunyai pengalaman kerja mnimal 5 tahun

Lamaran ditujukan ke

Gedung Batang Garing Kav.303A

Jl. D.I. Panjaitan No. 1

Palangka Raya

Kalimantan Tengah

42.Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan tersebut adalah …

a. Berdasarkan Iklan Lowongan pekerjaan di harian Kaltim Post, 26 Juli 2010,maka bermaksud melamar pekerjaan pada Bapak.

b.Sehubungan dengan iklan lowongan pekerjaan di harian Kaltim Post, 26 Juli 2010,saya mengajukan lamaran mohon diterima

c. Sehubungan dengan iklan Bapak di harian Kaltim Post, 26 Juli 2010, mohon saya diterima sebagai karyawan

d. Berdasarkan iklan di harian Kaltim post, 26 Juli 2010, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai mekanik alat berat di perusahaan Bapak.

e.Saya melamar pekerjaan sebagai mekanik alat berat seperti yang tercantum dalam iklan Kaltim Post, 26 Juli 2010. Harap diterima di perusahaan bapak

Cermati kutipan surat lamaran kerja berikut

Dengan hormat,

Setelah saya membaca iklan di harian Lombok Post tanggal 10 Juni 2010 tentang lowongan kerja di PT Widya Bhakti dengan ini saya

43.Penulisan jati diri yang tepat untuk melengkapi surat lamaran tersebut adalah…

a. nama : Mira Maria

alamat : Jalan Saturnus 8 Mataram

tempat,tanggal lahir : 5 8 1980

pendidikan : S-1

b. nama : Mira Maria

tempat/tanggal lahir : Sumbawa, 05-08-1980

alamat : JL. Saturnus NO. 8 Mataram

pendidikdn : S-1

c. Nama : Mira Maria

Alamat : Jln. Saturnus 8 Mataram.

Tempat,tanggal lahir : 5 8 1980

Pendidikan : S-1

d. nama : Mira Maria

tempat,tanggal lahir : Sumbawa, 5 Agustus 1980

pendidikan : S-1

alamat : Jalan Saturnus 8, Mataram

e. Nama : Mira Maria

Tempat, tanggal lahir : Sumbawa, 5 Agustus 1980

Alamat : Jalan Saturnus 8, Mataram

Pendidikan : S-1

Saya berharap dapat diterima di perusahaan Bapak.Atas perhatian dan budi baik Bapak, saya menghaturkan banyak terima kasih

44.Perbaikan kalimat yang bercetak miring adalah…..

a. Atas perhatian Bapak,saya mengucapkan terima kasih

b. Atas budi baik bapak,saya sampaikan ucapan terima kasih

c. Atas diterimanya saya bekerja di perusahaan Bapak,saya ucapkan terima kasih

d. Demikian surat lamaran saya,dan untuk itu saya menyampaikan terima kasih

e. Dengan diterimanya saya bekerja,saya mengucapkan banyak terima kasih

1. 45. : Cermati kutipan penutup surat berikut !

Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih.

Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat penutup surat tersebut adalah .

a. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih banyak.

b. Atas perhatian, saya tak lupa mengucapkan terima kasih.

c. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.

d. Atas perhatian Bapak, saya haturkan terima kasih.

e. Atas perhatian, diucapkan terima kasih kepada Bapak.

Novel Sang Pemimpi ini adalah sebuah kisah kehidupan yang mempesona dan akan membuat Anda percaya akan tenaga cinta,percaya pada kekuatan mimpi dan pengorbanan,le

Bih dari itu, akan membuat Anda percaya pada Tuhan . Andre Hirata akan membawa Anda berkelana mnerobos sudut-sudut pemikiran di mana Anda akan menemukan pandangan yang berbeda tentang nasib,tantangan intelektual,dan kegembiraan yang meluap-luap,sekaligus kesedihan yang mengharu biru.

Tampak komikal pada awalnya, selayaknya kenakalan remaja biasa,tapi kemudian tanpa anfda sadari,kisah dan karakter-karakter dalam novel ini lambat laun menguasai Anda. Karena potret-potret kecil yang menawan akan menghentakkan Anda pada rasa humor yang halus namun memiliki efek filosofi yang meresonansi. Karena arti perjuangan hidup dalam kemiskinan yang membelt dan cita-cita yang gagah berani dalam kisah dua orang tokoh utama novel ini : Aral dan Ikal akan menuntut Anda dengan semacam keanggunan dan daya tarik agar Anda dapat melihat ke dalam diri sendiri dengan penuh pengharapan.

46.Kalimat resensi yang tepat untuk ilustrasi tersebut adalah…..

a. Novel sang pemimpi adalah sebuah novel yang merefleksikan antara mimpi,kekuatan cinta dan pengorbanan dalam realita kehidupan yang memiliki makna filosofi kehidupan yang diimplementasikan dalam karakter Arai dan Ikal.

b. Novel Sang Pemimpi adalah novel remaja yang memiliki karakter yang kuat

c. Novel Sang pemimpi adalah novel yang berusaha mewujudkan mimpi menjadi kenyataan

d. Novel Sang Pemimpi adalah novel yang berusaha menerobos sudut pemikiran dan intelektual manusia antara mimpi dan kenyataan

e. Novel Sang Pemimpi adalah novel yang berusaha mengaktualisasi mimpi menjadi kenyataan

Survei di Inggris menunjukkan kini orang tidak bisa

tanpa telkon seluler. Apalagi kini, alat komunikasi tersebut tampil dengan tehnologi audio dan vidio yang menawarkan gaya hidup modern.

47.Kata baku untuk kata yang bercetak miring tersebut

adalah…….

a. surve,telepont, teknoloji, vidio, moderen

b. survei,telepon, teknologi, vidio, modern

c. surve, telepon, teknologi, vidio, modern

d. survei, telepon, teknologi, vidio, modern

Survei di Inggris menunjukkan kini orang tidak bisa

tanpa telkon seluler. Apalagi kini, alat komunikasi tersebut tampil dengan tehnologi audio dan vidio yang menawarkan gaya hidup modern.

48.Kata baku untuk kata yang bercetak miring tersebut

adalah…….

a. surve,telepont, teknoloji, vidio, moderen

b. survei,telepon, teknologi, vidio, modern

c. surve, telepon, teknologi, vidio, modern

d. survei, telepon, teknologi, vidio, modern

e. survei, telefon, teknologi, vidio, moderen.

Pak Pikun : (muncul, langsung menuju ke arah Jidul) Ayo! Mana! berikan kembali padaku! Ayo! Mana!

Jidul : (ber-ah-uh, sambil memberikan isyarat yang menyatakan ketidakmengertiannya)

Pak Pikun : Jangan berlagak pilon! Siapa lagi kalau bukan kamu yang mengambilnya? Ayo, Jidul, kamu sembunyikan di mana,

heh?

Jidul : (ber-ah-uh, semakin bingung dan takut)

Pak Pikun : Dasar maling! Belum sampai sebulan di sini kamu sudah kambuh lagi, ya? Dasar nggak tahu diri! Ayo, kembalikan kepadaku! Mana, heh?

49.Masalah yang diungkapkan dalam kutipan tersebut adalah . . .

a. Pak Pikun kehilangan sesuatu

b. Pak Pikun meletakan sesuatu

c. Pak Pikun menuduh seseorang

d. Jidul mencuri sesuat

e. Jidul menyembunyikan sesuatu

Novel karya Armyn Pane dengan tebal 150 halaman ini mengungkapkan sejarah yang menggambarkan kehidupan segelintir manusia di zaman penjajahan. Cerita ini pernah ditolak oleh Balai Pustaka, ramai, dipuji dan dicela, tetapi akhirnya tidak urung menjadi salah satu novel klasik Indonesia yang harus dibaca oleh orang terpelajar Indonesia. Cerita sangat menarik sederhana dan komunikatif untuk ukuran pada zaman itu.

.Kalimat resensi yang menunjukkan keunggulan bahasa sesuai kutipan tersebut adalah .

a. Bahasa Armin Pane dalam novel sederhana dan komunikatif

b. Struktur bahasa dalam cerita sederhana dan agak suliyt dipahami

c. Armin Pane dengan lancer dan menarik hati pembaca

d. Dengan bahasa yang terpelihara pada zaman itu,Armin berkisah

e. Laksana air mengalir,Armin Pane mengungkapkan cerita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>